Pantai Legian Bali - Sejarah, Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Kawasan Kuta merupakan surga pantai terkenal di Pulau Bali. Selain Pantai Kuta Bali yang terkenal dengan sebutan Sunset Beach itu, ada juga Pantai Legian atau Legian Beach, demikianlah orang bule menyebutnya. Kedua pantai ini berada di Kuta, bertetangga, sama indahnya.

Pantai Legian Bali
credit: Jacques Beaulieu, CC BY-NC 2.0, edited

Hampir dalam semua hal, Legian dan Kuta tidak ada bedanya. Sama-sama memiliki hamparan pasir putih, landai dan memanjang. Karakter ombaknya pun sama, termasuk juga keindahan sunsetnya. Keduanya berada di satu garis yang sama, bersebelahan, Legian di sisi utara.

Apabila pada liburan Bali kali ini, Pantai Kuta masuk dalam daftar kunjungan Anda, cobalah melebar ke Pantai Legian juga. Susurilah pesisir pantai utama Kuta, menuju utara. Pasir pantai di Legian sangat landai, bersih  dan membentang hingga pantai di kawasan Seminyak.

Sekilas Sejarah Desa Adat Legian

Sejauh ini tidak ada bukti otentik perihal sejarah kelahiran Desa Legian di kawasan Kuta. Asal mula nama Legian lebih berkembang secara lisan yang dituturkan turun-temurun oleh para penglingsir (tetua desa). Konon, desa pesisir ini awalnya bernama Karang Kemanisan.

Nama Karang Kemanisan berasal dari ucapan para sadeg putih yang kerauhan pada saat terselenggara upacara di pura dalam emongan Desa Legian. Mereka hampir tidak pernah mengucapkan "Damuh Legian" yang sering mereka sebut adalah "Damuh Karang Kemanisan".

Tidak ada yang tahu pasti kapan istilah Karang Kemanisan berubah menjadi Legian. Meski demikian, istilah Kemanisan dan Legian berasal dari kata dasar yang bermakna sama, yakni manis. Legi adalah istilah bahasa Jawa yang berarti manis. Bali terikat sejarah dengan Jawa.

Dalam hal pariwisata, Legian tidaklah terlepas dari perkembangan Pantai Kuta yang populer di era 70-an. Turis di kawasan Kuta membludak dan melebar hingga ke utara, ke Legian. Kini, pantai di desa ini terkenal sebagai wisata pantai pasir putih favorit kedua di Bali setelah Kuta.

Surfing in Legian Beach
credit: Kevin Poh, CC BY 2.0, edited

Fasilitas dan Akomodasi di Legian

Sama halnya dengan kawasan utama Kuta, perkembangan pariwisata Legian membuat desa ini berubah drastis. Jika dulu merupakan perkampungan nelayan yang sederhana, kini telah tersebar hotel-hotel berbintang di sekitarnya. Banyak juga toko dan art shop di sepanjang jalan.

Ketika merujuk pada Monografi Kelurahan Legian pada tahun 2005, di kawasan wisata Legian terdapat setidaknya 90 hotel, 52 restoran, 5 agen travel, 105 toko dan art shop, serta 2 diskotik. Saat ini semakin lengkap fasilitasnya, termasuk fasilitas penunjang aktivitas di pantainya.

Fasilitas Wisata di Pantai Legian
credit: chrisinno, CC BY 2.0, edited

Aktivitas Wisata di Pantai Legian

Meskipun dalam hal kunjungan tetap tidak seramai Wisata Pantai Kuta, Pantai Legian Bali juga menawarkan beragam aktivitas seru. Khususnya, bagi mereka yang suka berselancar. Dalam hal ini, Legian merupakan destinasi favorit turis mancanegara, terutama wisatawan Australia.

Pasir putihnya terhampar landai, luas dan panjang. Oleh karena itu, setiap wisatawan yang mengunjunginya bisa lebih leluasa melakukan banyak kegiatan. Susur pantai, berjemur, ataupun permainan bola pantai. Berenang atau bermain air juga dilakukan oleh banyak wisatawan.

Apabila Anda ingin belajar surfing, di Legian telah tersedia jasa pelatihan selancar bersama instruktur yang handal. Kalau tidak salah, biayanya sekitar Rp 250.000 untuk satu kali pertemuan. Sementara itu, untuk harga sewa surf board kurang lebih Rp 100.000-150.000 per jam.

Aktivitas wisata di Pantai Legian juga termasuk wisata kuliner dan hiburan malam. Selain itu, Anda bisa juga mencoba datang ke beberapa objek wisata Legian lainnya. Mungkin, seru-seruan di Dream Museum Zone dan 5GX Bali Reverse Bungy, atau wisata belanja di Pasar Seni Legian.

Apapun kegiatan yang Anda lakukan, yang pasti Pantai Legian juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan sunset di Pulau Bali. Jadi, jangan lewatkan momen ketika matahari mulai terbenam dan menampakkan sebenar-benarnya keindahan alam Legian Bali.

Liburan di Pantai Legian Kuta
credit: Kirk Siang, CC BY-NC-ND 2.0

Harga Tiket Masuk Pantai Legian

Keterangan Harga
Tiket Masuk Gratis
Parkir Roda 2 Rp. 2.000
Parkir Roda 4 Rp. 5.000
Note: harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi Kawasan Pantai Legian Bali

Secara administratif, Legian Beach Bali berada di Desa Adat Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Jika ingin langsung mengunjungi pantai ini dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Anda hanya butuh waktu 20 menit berkendara. Peta Lokasi dan Rute-nya Di sini.

0 Comments

Posting Komentar