Candi Prambanan - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk

Yogyakarta senantiasa istimewa, salah satunya karena sejarah dan budaya yang ada di sana. Sementara itu, Candi Prambanan adalah satu hal yang paling mengukuhkan keistimewaan Jogja. Ini adalah tentang kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan termasuk satu di antara yang terindah dan termegah di Asia Tenggara.

Sejak 1991, candi yang juga bernama Candi Roro Jonggrang ini telah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Pesonanya, terutama terlihat pada arsitektur bangunan yang ramping menjulang setinggi 47 meter dengan gugusan candi-candi kecil mengelilinginya. Dalam hal wisata, Prambanan adalah daya tarik wisatawan dari seluruh dunia.

Wisata Candi Prambanan
credit: unsplash.com/@javaistan

Liburan ke Yogya, Prambanan adalah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Lokasi Candi Prambanan berada di antara atau menjadi pembatas bagi Provinsi Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta. Terletak di desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, sedangkan pintu masuknya terletak di desa Tlogo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Keindahan arsitektur monumen Prambanan merupakan saksi keberadaan dinasti-dinasti Jawa di masa lalu, termasuk juga menjadi jejak persaingan antar dinasti waktu itu serta legenda Rara Jonggrang yang menyertainya. Untuk melengkapi pengalaman wisata, mungkin sobat perlu juga membaca artikel tentang Sejarah Candi Prambanan.

Aktivitas Wisata di Candi Prambanan

Apa yang dilakukan wisatawan di Prambanan selalu bergantung motivasi kedatangan mereka. Bagi pecinta sejarah dan budaya, mungkin mereka akan menghabiskan waktu untuk menghayati dan kemudian takjub pada kemegahan arsitektur Prambanan. Namun, tentu saja setiap traveler unik dan Prambanan memiliki banyak cara untuk membahagiakan setiap pengunjungnya.

Bagi penggemar fotografi maupun penggemar selfie, Prambanan memiliki banyak sudut menarik untuk diabadikan. Kompleks candi Hindu ini sangatlah luas. Jika dirasa berjalan kaki sangat melelahkan, manfaatkanlah sepeda yang disewakan oleh pihak pengelola. Jenis sepedanya pun bervariasi, ada yang single dan double. Selain itu, bisa juga memanfaatkan kereta wisata.

Di Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan juga terdapat museum yang berbentuk Rumah Joglo. Kunjungi tempat ini untuk melihat ragam koleksi benda bersejarah dan berharga berupa arca, artefak, gerabah, gambar struktur candi, fosil hewan dan lain sebagainya. Benda-benda tersebut tersaji dalam tiga ruang pamer, ruang audio visual, dua pendopo dan outdoor.

Yang tidak kalah menariknya, setiap wisatawan di Prambanan juga bisa menikmati atraksi seru, yakni memanah. Ada spot memanah yang memang disewakan untuk umum. Bagi wisata keluarga, biarkan anak-anak berbahagia bersama ragam fauna yang ada. Lebih dekat dan memberi makan rusa atau melihat indahnya burung Cendrawasih. Selain itu, ada juga burung merak dan kuda.

Jangan lupa juga menikmati sajian Sendratari Ramayana khas Prambanan. Ramayana Ballet ini dipentaskan di panggung terbuka dan tertutup. Umumnya dimulai pukul 19.30. Di panggung tertutup, acaranya di gelar di Gedung Trimurti dengan melibatkan sekitar 50 penari. Sementara itu, jika digelar di panggung terbuka, biasanya melibatkan lebih dari 200 penari.

Selebihnya, Prambanan juga memiliki bioskop yang menyajikan film-film dengan kualitas 4D. Apapun aktivitas Anda, pastikan saja tetap bertahan hingga menjelang senja. Jika Candi Borobudur lebih dikenal dengan keindahan sunrisenya, lanskap Candi Prambanan sangat menawan ketika sunset tiba. Selamat berwisata!

Fasilitas Wisata di Prambanan Temple Yogyakarta
credit: unsplash.com/@rizki28

Fasilitas di Taman Wisata Prambanan

Fasilitas di Prambanan sangat lengkap. Sebagian telah juga tersebut di atas, seperti Museum Prambanan, Bioskop 4D, spot foto dan atraksi memanah. Fasilitas umum lainnya, meliputi lahan parkir yang luas (sepeda motor, mobil, dan bus), pusat informasi, toilet atau WC umum, toko souvenir, restoran, dan tempat ibadah berupa masjid.

Fasilitas lain termasuk penyewaan sepeda dan kereta wisata, guide, golf cart, taman bermain anak. Tidak ketinggalan panggung terbuka dan gedung trimurti untuk menonton Sendratari Ramayanan di Prambanan. Untuk akomodasi, banyak sekali jenis penginapan di Prambanan, mulai dari homestay, guest house, hingga beragam varian hotel.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Mulai bulan September 2019, HTM Candi Prambanan yang sebelumnya Rp 40 ribu akan naik Rp 10 ribu (kenaikan ini juga berlaku di Candi Borobudur). Kenaikan tiket ini hanya berlaku untuk wisatawan nusantara (wisnus), adapun wisatawan mancanegara (wisman) harganya tetap, yakni 25 dollar (Rp 354 ribu). Berikut detail harga tiket masuk Prambanan:

KeteranganHarga
HTM WisnusIDR 50K
HTM WismanIDR 354K
HTM Ramayana BalletKlik di sini
Sewa Sepeda± IDR 20K
Sewa Kereta± IDR 10K
Atraksi Memanah± IDR 20K
Bioskop 4D± IDR 35K
Parkir Roda 2IDR 5K
Parkir Roda 4IDR 10K
Opsi PenginapanLihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru
credit: unsplash.com/@nestencil

Lokasi dan Rute ke Candi Prambanan

Rute ke Candi Prambanan dari Jogja sangatlah mudah. Berjarak sekitar 16 kilometer dengan waktu tempuh berkendara kurang lebih 35 menit. Untuk transportasi umum, sobat bisa naik Bus Transjogja A1, baik dari halte dekat Stasiun Tugu dan Malioboro, dari Terminal Giwangan, maupun dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di Jogja. Bisa melalui jalan raya Solo-Yogyakarta yang bisa diakses dari jalan lingkar luar atau lingkar dalam kota melalui jalan Laksda Adisutjipto. Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan berada di KM 16 jalan Solo-Yogya, di sisi utara jalan. Peta Lokasi.

0 Comments

Posting Komentar