Tempat Wisata di Buleleng Bali - 14 Objek Wisata Terbaik & Terindah

Buleleng adalah salah satu kabupaten di Bali yang banyak menyimpan pesona wisata Bali. Gunung dan bukit memang mendominasi sisi selatannya, namun Buleleng juga berbatasan dengan Laut Jawa di sisi utara. Panjang ruas pantainya mencapai 114 km. Ini juga berarti banyak sekali tempat wisata di Buleleng Bali.

Tempat Wisata di Buleleng Bali
credit: unsplash.com/@kharlpaica

Objek wisata di Buleleng sangatlah beragam dan lebih banyak berupa wisata alam. Bukit dan gunung menyimpan danau nan menawan dan ragam air terjun menakjubkan. Termasuk juga jajaran pantai nan indah. Jika berencana liburan ke Buleleng Bali, berikut rekomendasi tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Wisata Danau Tamblingan Bali

Wisata Danau Tamblingan Buleleng Bali
credit: flickr/alex_hanoko, CC BY-ND 2.0

Kawasan Wisata Bedugul Bali memiliki tiga danau yang menakjubkan. Dua di antaranya berada di Buleleng, Danau Tamblingan salah satunya. Pesona danau ini lebih alami karena tidak diarahkan untuk wisata modern. Kalau Anda suka berkemah, danau ini merupakan salah satu spot camping terbaik di Pulau Bali.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Munduk, Banjar, Buleleng, Bali. Peta

Objek Wisata Air Terjun Gitgit

Objek Wisata Air Terjun Gitgit di Buleleng
credit: Thomas Fuhrmann, CC BY-SA 4.0, cropped

Wisata di Buleleng Bali, sudah pasti termasuk Air Terjun Gitgit, air terjun terpopuler di Pulau Bali. Ini hanyalah satu dari sekian banyak air terjun di desa Gitgit. Selain indah, akses jalan pun mudah karena pintu masuknya berada di tepi jalan raya. Sebagai objek wisata andalan di Bali Utara, fasilitas di sini sangat memadai.

HTM: IDR 10K-20K
Lokasi: Gitgit, Sukasada, Buleleng, Bali. Peta

Wisata Danau Buyan Buleleng

Wisata Danau Buyan Buleleng
credit: instagram.com/a_photograph33

Selain Danau Tamblingan, danau di Bedugul yang berada di Buleleng adalah Danau Buyan. Danau dan Pura Ulun Danu Beratan masuk di wilayah Tabanan. Danau Buyan adalah yang terbesar dan lokasinya terapit oleh 2 danau lainnya. Seperti Danau Tamblingan, danau ini juga terkenal dengan bumi perkemahannya.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Pancasari, Sukasada, Buleleng, Bali. Peta

Wisata Pantai Lovina Buleleng

Objek Wisata Pantai Lovina Buleleng
credit: unsplash.com/@sldoug

Pantai Lovina adalah tempat wisata terkenal di Buleleng. Juga, sebagai destinasi favorit wisatawan mancanegara. Khas dengan pasir hitam yang terhampar landai, Pantai Lovina menawarkan aktivitas lumba-lumba di tengah laut. Selain itu, momen sunrise di pantai ini merupakan salah satu yang terindah di Bali.

HTM: IDR 100K (sewa perahu)
Lokasi: Anturan, Buleleng, Buleleng, Bali. Peta

Wisata Handara Golf & Resort

Bali Handara Gate Buleleng
credit: pixabay.com/id/ollivves-8807492

Suka atau tidak suka dengan golf, wisatawan di Bali seolah wajib mampir ke tempat wisata Buleleng yang satu ini. Khususnya jika Anda mencari tempat instagramable di Bali, spot gerbang Handara termasuk yang terpopuler. Bali Handara Gate sangat ikonik memadukan gerbang kuno dengan latar nan menakjubkan.

HTM: IDR 20K
Lokasi: Pancasari, Sukasada, Buleleng, Bali. Peta

Air Terjun Sekumpul Buleleng

Sekumpul Waterfall Buleleng
credit: unsplash.com/@alex_photogram

Air Terjun Sekumpul termasuk salah satu air terjun terindah dan terkenal di Bali. Sekumpul waterfalls istilah bulenya. Karena terdiri dari dua air terjun, turis asing juga menjulukinya twin waterfalls. Ada juga julukan seven point waterfalls, karena air terjun ini termasuk dari 7 air terjun yang tersebar di desa sekitarnya.

HTM: IDR 10K-15K
Lokasi: Sekumpul, Sawan, Buleleng, Bali. Peta

Wisata Alam Pulau Menjangan

Diving Pulau Menjangan Buleleng
credit: unsplash.com/@guillaumegroult

Beragam pilihan objek wisata alam tersaji di Buleleng. Pulau Menjangan Taman Nasional Bali Barat juga masuk di wilayahnya. Pulau kecil ini merupakan salah satu surga bagi para penyelam di Bali. Suka snorkeling dan diving? Anda wajib mengunjungi pulau ini karena di sinilah wall diving terbaik di Bali.

HTM: IDR 15K-550K
Lokasi: Taman Nasional Bali Barat, Bali. Peta

Banyu Wana Amertha Waterfall

Air Terjun Banyu Wana Amertha Buleleng
credit: instagram.com/putra_ariwibawa

Buleleng merupakan surga air terjun di Bali. Meskipun tidak tinggi, Banyu Wana Amertha tetap cantik dengan jajaran air terjun berseri. Tempat wisata ini mencakup tiga air terjun. Udaranya sejuk, pemandangannya sangat indah karena airnya terjun berundak-undak, seirama dengan tatanan batuan tebingnya.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Wanagiri, Sukasada, Buleleng, Bali. Peta

Pantai Pemuteran Buleleng Bali

Keindahan Bawah Laut Pantai Pemuteran
credit: unsplash.com/@biorock_indonesia

Selain Pantai Lovina, wisata pantai yang bagus di Buleleng adalah Pantai Pemuteran. Suasananya cenderung tenang, panoramanya cantik luar dalam. Pantai ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Menyajikan ragam bentuk terumbu karang hasil teknologi Biorock yang konon merupakan yang terbesar di dunia.

HTM: Gratis
Lokasi: Pemuteran, Gerokgak, Buleleng, Bali. Peta

Air Terjun Banyumala Buleleng

Wisata Air Terjun di Buleleng
credit: Made agus devayana, CC BY-SA 4.0

Desa Wanagiri di sekitar Danau Buyan juga punya objek wisata air terjun yang menawan. Banyumala namanya. Aliran air terjun ini acak terbelah, menyebar mengikuti alur tebingnya. Terlihat indah berselimut hijau tetumbuhan. Kolam hutannya lebar berkedalaman setinggi orang dewasa sangat cocok untuk berendam.

HTM: IDR 20K
Lokasi: Wanagiri, Sukasada, Buleleng, Bali. Peta

Tempat Wisata Alam Air Sanih

Kolam Renang Alam Air Sanih Bali
credit: bepatou, CC BY-NC-ND 2.0

Air Sanih merupakan tempat wisata legendaris di Buleleng Bali. Sebuah petirtaan (kolam renang) tepi laut di sekitar Pantai Lovina. Uniknya, ini adalah kolam renang alam yang airnya bersumber dari mata air alami bawah tanah. Jernih dan segar airnya, pemandangan lautnya demikian menggoda, cocok untuk wisata keluarga.

HTM: IDR 5K-10K
Lokasi: Jl. Raya Air Sanih, Bukti, Kubutambahan, Buleleng, Bali. Peta

Air Terjun Aling Aling Buleleng

Aling-Aling Waterfall Buleleng
credit: unsplash.com/@ollivves

Objek wisata Buleleng yang berupa air terjun sangat banyak. Tidak sedikit desa yang punya beberapa air terjun. Desa Sambangan salah satunya dan air terjun Aling Aling adalah yang paling terkenal di antara 7 air terjun di sana. Dengan tinggi 30an meter, debit airnya cukup besar. Kolam alaminya cocok untuk berenang.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Sambangan, Sukasada, Buleleng, Bali. Peta

Tempat Wisata Air Panas Banjar

Objek Wisata Banjar Hot Spring
credit: Eric Bajart, CC BY-SA 3.0

Berendam di pemandian air panas cukup hits di kalangan wisatawan Bali. Di Buleleng, Anda bisa mencobanya di Banjar Hot Spring. Kolam untuk dewasa berkedalaman 2 meter dan kolam anak-anak 1 meter. Ada juga kolam pancuran peninggalan Jepang. Selain berendam, Anda juga bisa menikmati pijat dan spa di sini.

HTM: IDR 10K-20K
Lokasi: Banjar, Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali. Peta

Wisata Pura Batu Kursi Buleleng

Pura Bukit Kursi Pemuteran
credit: Selfiana, CC BY-SA 4.0

Ketika berkunjung ke Pantai Pemuteran, jangan lupa trekking dan mendaki ringan ke Pura Bukit Batu Kursi. Di atas bukit tersebut wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan Desa Pemuteran secara lebih sempurna. Terlebih setelah musim penghujan tiba, padang rumput yang luas menghijau dan sedap di pandang mata.

HTM: Donasi
Lokasi: Pemuteran, Gerokgak, Buleleng, Bali. Peta

Demikianlah daftar rekomendasi tempat wisata di Buleleng Bali. Tentu, yang tersebut di atas belum mencakup semua. Namun, sekiranya daftar di atas bisa menjadi pertimbangan awal sebelum Anda tiba di Buleleng. Apabila suka wisata air terjun, lihat juga daftar Air Terjun di Buleleng Bali. Selamat berwisata!


EmoticonEmoticon