Pantai Wonogoro Malang - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, Rute Lokasi

Pantai Wonogoro. Liburan ke Malang dapat dipastikan menyenangkan, terlebih bagi mereka penggemar wisata alam. Selain dibentengi gunung-gunung yang menjulang, Kabupaten Malang juga kaya pesona pantai yang menawan. Terhitung lebih dari empat puluh pantai yang tersebar di pesisir selatannya.

Pantai Wonogoro Malang
credit: instagram.com/husnimsfk

Saking banyaknya, sejumlah pantai lokasinya cukup berdekatan sehingga memungkinkan kita untuk berpetualang ke beberapa pantai sekaligus. Menelusuri Jalan Lintas Selatan (JLS) Malang, sobat bisa menemukan banyak pantai, salah satunya adalah Pantai Wonogoro yang dekat dengan Pantai Nganteb.

Secara administratif pantai ini berada di Dusun Sukorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meski tidak sepopuler Pantai Balekambang yang berada di sebelah baratnya, wisata Pantai Wonogoro Malang cukup menjanjikan suasana dan panorama pantai yang menakjubkan.

Fasilitas Wisata di Wonogoro Beach Malang
credit: instagram.com/heisusss_

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Garis pantai ini memanjang hingga lebih dari satu kilometer dan terbatasi bukit kecil di kedua tepinya. Pasir putihnya terhampar bercampur dengan pasir besi, sehingga tampak berkilauan ketika terkena sinar matahari. Bersantai dengan berteduh di antara pepohonan, sobat bisa menikmati birunya laut selatan.

Selain menjelajah dan bersantai menikmati besarnya gemuruh ombak laut selatan, memancing juga bisa menjadi aktivitas menarik di pantai ini. Spot memancing terbaik berada di sebelah timur pantai ini, di sebuah sungai kecil berair jernih. Di sungai itulah biasanya komunitas pemancing memuaskan hobi mereka.

Apabila ingin puas menikmati pemandangan alam pesisir selatan, usahakanlah datang di pagi hari. Setelah puas di Pantai Wonogoro, Anda bisa juga melebar ke pantai terdekat. Di sebelah barat terdapat Pantai Pesanggrahan dan Pantai Wedi Ireng, sedangkan di sebelah timurnya berbatasan dengan Pantai Nganteb.

Sejauh ini, fasilitas di Pantai Wonogoro masih sangat terbatas, belum banyak warung penjual makanan dan minuman. Jika ingin fasilitas yang lebih memadai, Anda bisa melanjutkan wisata ke Pantai Nganteb. Atau, bisa juga agak jauh ke arah barat yakni ke Pantai Balekambang yang memiliki fasilitas sangat lengkap.

Rute ke Pantai Wonogoro Malang
credit: instagram.com/jhoker_55

Rute dan Lokasi Pantai Wonogoro

Untuk menuju Pantai Wonogoro Malang, Anda bisa menggunakan rute ke Pantai Balekambang. Dari Malang, akses jalannya sudah sangat baik. Dari pusat kota Malang, lanjutkan perjalanan ke selatan menuju Gondanglegi atau bisa juga ke arah Kepanjen. Jika sampai di Gondanglegi, teruskan ke wilayah Bantur.

Jika memilih jalur Kepanjen, teruskan ke daerah Pagak baru ke Bantur. Ketika sudah sampai di wilayah Bantur, lanjutkan perjalanan hingga di perempatan sebelum masuk ke Pantai Balekambang. Belok ke kiri mengikuti Jalan Lintas Selatan sejauh kurang lebih 3 kilometer hingga menemukan perempatan lagi.

Lihat papan petunjuk yang tersedia dan belok kanan. Sampai di sini ada beberapa bagian jalan yang sudah di aspal, lanjut saja hingga tiba di lokasi. Secara administratif, lokasi Pantai Wonogoro berada di Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Peta Lokasi.


EmoticonEmoticon