Taman Ujung Karangasem Bali - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk

Wisata Bali Timur menawarkan citra lain dari Pulau Dewata. Mengajak wisatawan untuk meresapi eksotika tua Bali Aga di Desa Adat Tenganan atau mengagumi peninggalan kerajaan masa silam. Kerajaan Karangasem meninggalkan banyak jejak yang menawan. Selain Tirta Gangga, ada juga Taman Ujung atau Taman Sukasada.

Taman Ujung Karangasem Bali
credit: Manuae, CC BY-SA 4.0

Ujung Water Palace menjadi nama yang tersohor di kalangan turis mancanegara. Sedangkan pada masa Hindia Belanda lebih dikenal dengan sebutan Waterpaleis Ujung. Yang pasti, semua nama itu mewakili sebuah taman air indah di sisi tenggara ibu kota Karangasem, Amlapura. Taman wisata inilah destinasi Anda selanjutnya.

Berlokasi di banjar Ujung, desa Tumbu, kecamatan Karangasem, kabupaten Karangasem, Bali, objek wisata ini berjarak sekira 12 km dari Pantai Candidasa. Kurang lebih 65 km atau satu setengah jam berkendara jika Anda mencapainya dari kota Denpasar Bali. Berangkatlah segera, setelah benar-benar tuntas membaca artikel ini.

Daya Tarik Taman Ujung Karangasem

Taman Soekasada Ujung Water Palace merupakan taman air seluas 10 hektare dengan tiga kolam besar di dalamnya. Rimbun menghijau oleh pepohonan dan bunga-bunga, sementara bangunannya khas memadukan arsitektur Bali dan Eropa. Dalam fungsi klasiknya, ini adalah istana peristirahatan Raja Karangasem Bali.

Melengkapi koleksi wisata di Karangasem Bali, sebenarnya Taman Sukasada Ujung lebih dikenal sebagai tempat pengambilan foto prewedding. Berkat keindahan taman serta kemegahan aritektur bangunannya, Taman Ujung menjadi lokasi foto prewedding favorit di Bali yang lebih terkenal ketimbang potensi wisatanya.

Di antara banyaknya spot menarik di Taman Sukasada Karangasem Bali, salah satu spot terbaik adalah berupa bangunan pilar tanpa atap. Bangunan pilar-pilar besar tersebut berada di area tertinggi dalam kompleks taman. Sehingga jika ingin mencapainya, setiap pengunjung harus melewati kurang lebih 100 anak tangga.

Area tertinggi dengan pilar-pilar tanpa atap disukai karena menyajikan pemandangan yang mengagumkan. Dengan menengok ke tenggara, Anda akan melihatnya bentangan laut biru di Pantai Ujung. Sementara di sisi timur, kompleks Taman Ujung Karangasem terlihat menakjubkan dengan berlatar Bukit Bisbis yang hijau.

Fasilitas Wisata Taman Sukasada Ujung Bali
credit: unsplash.com/@jaleenovrijal

Sejarah Soekasada Ujung Water Palace

Taman Ujung Sukasada awalnya bukanlah tempat peristirahatan raja. Dibangun tahun 1901 sebagai kolam Dirah yang difungsikan untuk tempat pembuangan, bagi orang yang menguasai ilmu hitam. Pendirinya adalah Raja Karangasem, yakni I Gusti Bagus Jelantik yang bergelar Agung Anglurah Ketut Karangasem.

Mulai dikembangkan menjadi istana peristirahatan raja tahun 1909. Arsiteknya adalah van Den Hentz (Belanda) dan Loto Ang (Cina), serta dibantu undagi (arsitek adat Bali). Selesai tahun 1921 dan diresmikan tahun 1937 ditandai dengan prasasti marmer bertulis aksara Latin dan Bali dalam dua bahasa, Melayu dan Bali.

Bentuk taman saat ini bukanlah sebagaimana aslinya karena telah mengalami berbagai perombakan akibat kerusakan yang mengiringi sejarahnya. Ini juga termasuk penyempitan lahan yang dulu luasnya mencapai 400 hektare. Lahan berkurang karena sebagian besar dibagikan kepada rakyat pada masa reformasi tanah.

Taman Ujung Bali mengalami kerusakan terparah pada tahun 1963, ketika gunung tertinggi di Bali (Gunung Agung) meletus. Kemudian terlantar tanpa perawatan hingga tahun 2000. Pada tahun tersebut, Puri Karangasem dan pemerintah kabupaten Karangasem melakukan perbaikan tanpa merubah bentuk aslinya.

Taman Air Sukasada Ujung Water Palace Bali
credit: flickr/rockaroundtheglobe, CC BY-NC 2.0

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Wisata

Sehubungan dengan fasilitas wisata di Taman Soekasada Ujung Water Palace, fasilitas seperti tempat makan atau restoran bisa Anda temukan di luar area. Khususnya di area parkir yang berada di sebelah timur yang berdekatan dengan lokasi pembelian tiket masuk. Harga tiket masuknya IDR 15K dan parkir IDR 5K.

Di dalam kompleks Taman Ujung sendiri terdapat bangunan Bale Bengong, sejenis gazebo untuk beristirahat. Sedangkan jika ingin menginap akomodasi berupa penginapan atau hotel yang terdekat adalah Taman Surgawi Resort & Spa. Pilihan lebih banyak bisa ditemukan di pusat kota Karangasem.

Rute Lokasi Taman Sukasada Ujung Bali

Taman Soekasada Ujung Water Palace berlokasi di banjar Ujung, desa Tumbu, kecamatan Karangasem, kabupaten Karangasem, Bali. Sekitar 4,7 km atau 10 menit berkendara dari ibu kota Karangasem, kota Amlapura. Berjarak kurang lebih 65 km dari Denpasar atau 76 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Meski jauh dari pusat ibu kota Bali, namun akses jalan mudah dan bagus. Hanya saja, untuk transportasi umum cukup minim. Cara terbaik adalah menggunakan kendaraan pribadi dan bisa juga menyewa mobil atau sepeda motor yang banyak tersedia di Denpasar maupun Kuta. Agar lebih mudah, Lihat Peta Lokasi.

0 Comments

Posting Komentar