Beranda
Danau
Destinasi Wisata
Gunung
Simalungun
Sumatera Utara
Wisata Anugerah Indah Sippan, Fasilitas, Harga Tiket dan Rute

Wisata bukit kini menjadi salah satu opsi populer di kalangan wisatawan. Tidak terkecuali di Danau Toba yang mana areanya dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah. Selain Bukit Sibea Bea dan Bukit Holbung yang viral dan terkenal, di sana juga ada Wisata Anugerah Indah Sippan yang tak kalah memikat panoramanya.

Jadi, saat ini tersedia banyak spot bila Anda ingin menikmati indahnya Danau Toba. Berkunjung ke Wisata Anugerah Indah Sippan merupakan ide bagus. Lokasinya di Desa Sippan Tigaraja, Pamatang Silimahuta, Simalungun, Sumatera Utara. Untuk daya tarik, fasilitas, harga tiket dan rutenya baca ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Anugerah Indah Sippan

Wisata Anugerah Indah Sippan (WAIS) adalah tempat wisata yang terbilang baru di Sumatera Utara. Spot berupa bukit setinggi 1.410 mdpl ini menyajikan lanskap bukit di Saribu Dolok dan Danau Toba. Bukit ini adalah bagian dari Bukit Barisan yang membentang 1.650 kilometer dari utara ke selatan Pulau Sumatra.

Sebagai tempat wisata, WAIS baru mendapat perhatian wisatawan pada pertengahan tahun 2021. Dalam suasana nyaman dan sejuk, WAIS memungkinkan pengunjung menikmati orkestrasi alam dari ketinggian. Panorama di sisi timur Saribu Dolok yang berbatas dengan Danau Toba merupakan daya tarik utamanya.

Berkat eksotika alam, Wisata Anugerah Indah Sippan termasuk salah satu spot favorit bagi mereka yang ingin menikmati keindahan Danau Toba. Pelan tapi pasti menjadi objek wisata hits. Kunjungan wisatawan senantiasa meningkat. Suasananya lebih ramai, terutama saat akhir pekan atau ketika waktu liburan tiba.

Seperti halnya tempat wisata alam Danau Toba lainnya, aktivitas di Wisata Anugerah Indah Sippan yang utama adalah menyaksikan dan mengagumi indahnya dataran tinggi. Mungkin bisa sambil bersantai atau menjelajah sekitar mencari sudut terbaik. Untuk traveler milenial, banyak spot foto instagramable di sini.

Selain berbagai sudut berlatar danau dan bukit, salah satu spot terfavorit di Wisata Anugrah Indah Sippan adalah lahan berisikan berbagai jenis bunga. Nampak cantik berlatar barisan pepohonan. Intinya, bukit ini ideal bagi semua wisatawan baik pecinta alam, traveler kekinian, ataupun pecinta landscape photography.

Bahkan, di Wisata Anugrah Indah Sippan juga tersedia camping ground. Lokasinya di area datar di lereng bukit dengan pepohonan yang rindang. Bila Anda suka berkemah, Sippan termasuk spot camping terbaik di Danau Toba selain Paropo. Menariknya, momen sunrise dan sunset terlihat mengagumkan di areanya.

{next}

Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Meski terbilang destinasi liburan yang baru Saribu Dolok, antusias wisatawan di kawasan Wisata Anugrah Indah Sippan cukup tinggi. Selain karena daya tarik alamnya, fasilitasnya pun memadai. Lahan parkir luas dan tersedia warung makanan. Pengunjung bisa mencicipi kuliner sambil menikmati indahnya panorama.

Fasilitas penunjang wisata yang lainnya, yakni spot foto selfie, taman mini, camping ground, serta gardu pandang atau shelter. Bila datang di akhir pekan atau di hari libur, biasanya juga tersedia sarana hiburan berupa karaoke. Jam buka mulai pukul 09:00 - 17:00 WIB. Untuk kemah bisa koordinasi dengan pengelola.

Untuk harga tiket masuk Wisata Anugerah Indah Sippan? murah meriah, hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 per orang. Namun, perlu tambahan biaya apabila mau camping, yakni sebesar Rp 10.000. Biaya lainnya yakni untuk parkir kendaraan, roda dua sebesar Rp 5.000. Untuk roda empat sekitar Rp 10.000.

Rute Lokasi Wisata Anugrah Indah Sippan

Tempat Wisata Anugerah Indah Sippan terletak di wilayah Desa Sippan Tigaraja, Naga Saribu, Kecamatan Pamatang Silimahuta, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Objek wisata ini mudah ditemukan karena berada di dekat perlintasan jalan raya. Butuh kurang lebih 3,5 jam berkendara jika berangkat dari Medan.

Dari Kota Medan, lanjutkan perjalanan Anda ke arah Merek melalui Berastagi. Ketika sampai di Pos Polisi Simpang Merek belok kiri ke Jalan Saribu Dolok. Ikuti jalan tersebut hingga bertemu perempatan sebelum SMPN 1 Pematang Silimahuta, belok kanan. Ikuti jalan itu menuju ke lokasi Wisata Anugrah Indah Sippan.

Sementara itu apabila Anda berangkat dari Pematang Siantar, jarak objek wisata ini berjarak kurang lebih 80 kilometer atau 2,5 jam berkendara. Rute dari Siantar bisa melalui Jl. Lintas Sumatra dan Jl. Pematang Purba-Parapat ke Saribudolok. Wisata ini cukup dekat dengan Air Terjun Sipiso-piso. Lihat Peta Lokasi.