Pulau Tidung Kepulauan Seribu - Daya Tarik, Fasilitas, Biaya Wisata

Kepulauan Seribu adalah salah satu destinasi wisata bahari terbaik di Indonesia. Kepulauan yang berlokasi Teluk Jakarta ini dijuluki Maldiven van Java karena kaya pulau-pulau tropis menawan. Adapun yang menjadi primadona wisata di Pulau Seribu adalah pulau yang bernama Pulau Tidung.

Pulau Tidung Kepulauan Seribu
credit: B10m, CC BY-NC-ND 2.0

Selain cantik dan menawarkan banyak aktivitas, salah satu alasan yang menjadikan Pulau Tidung populer adalah karena lokasi pulau ini yang cukup dekat dengan Ibu Kota Jakarta. Butuh perjalanan laut sekira 2-3 jam menggunakan kapal ferry tradisional, atau 1 jam saja jika menggunakan speedboat.

Wisata Pulau Tidung bisa menjadi pilihan terbaik bagi traveler penggila pantai, Andakah salah satunya?. Banyak opsi yang memungkinkan sobat dengan mudah tiba di pulau ini. Bisa memanfaatkan paket wisata Pulau Tidung dari agen travel, atau bisa pula dengan melakukan trip secara mandiri.

Daya Tarik Pulau Tidung

Wisata Pulau Tidung mencakup dua pulau, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar berpenghuni, sementara Pulau Tidung Kecil sejauh ini menjadi tempat pengembangbiakan mangrove. Satu hal yang menarik dan ikonik adalah Jembatan Cinta yang menghubungkan kedua pulau tersebut.

Sebagai salah satu pulau terbaik di Pulau Seribu, kedua pulau tersebut menawarkan banyak aktivitas menarik. Segala bentuk obsesi wisata bahari nyaris bisa terealisasikan. Meski setiap orang memiliki keunikan dalam hal bagaimana cara terbaik untuk berwisata, di pulau ini ada beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan.

Di awal Jembatan Cinta, akan sobat temui jembatan cukup tinggi di atas cekungan laut yang agak dalam. Spot tersebut biasa digunakan anak-anak untuk berloncatan ke laut dari atas jembatan. Tidak sedikit traveler yang ikut bergabung. Anda perlu melakukannya untuk memaksimalkan pengalaman wisata.

Daya Tarik Wisata Kepulauan Seribu
credit: B10m, CC BY-NC-ND 2.0

Jembatan Cinta juga merupakan tempat ideal untuk menikmati pesona alam, baik saat sunrise maupun sunset. Jadi, pastikan sobat bertahan beberapa hari agar bisa menikmati keduanya. Banyak aktivitas seru akan menemani selama liburan di pulau ini, termasuk bagi mereka yang datang bersama keluarga.

Cobalah keseruan wahana watersport yang tersedia. Ceria di atas banana boat atau mencoba masuk ke dalam laut, Snorkeling dan menikmati pemandangan bawah laut yang memanjakan mata. Selain itu, sobat juga bisa mencoba bersepeda, menjelajah untuk menemukan spot terbaik yang Anda suka, abadikanlah!

Bagi penyuka pantai, pulau ini juga menawarkan beberapa pantai menawan. Ada Pantai Tanjung Barat yang terkenal karena pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Ada juga Pantai Cemara Kasih yang molek dan asri, serta Pantai Perawan yang identik dengan suasana tenang dan damai.

Jika ingin berkemah, bisa mencoba di camping ground di Pulau Tidung Kecil. Seperti yang dikatakan sebelumnya, pulau ini adalah kawasan konservasi dan budidaya tanaman mangrove. Yang menarik, Anda juga bisa memancing di sekitar hutan tersebut. Untuk kuliner, banyak tempat untuk menikmatinya.

Biaya Wisata ke Pulau Tidung
credit: unsplash.com/@amalia_elmadjid

Fasilitas dan Biaya Wisata

Sebagai salah satu objek wisata terpopuler di Kepulauan Seribu, pulau ini telah lengkap dengan beragam fasilitas wisata. Untuk konsumsi, banyak sekali warung makanan dengan menu kuliner hasil olahan laut yang segar. Atau, bisa juga menuju pusat oleh-oleh untuk membeli oleh-oleh khas.

Bagi yang ingin bermalam, beragam akomodasi telah tersedia, penginapan, hotel, maupun homestay ada semua dengan fasilitas yang bervariasi. Selain itu, ada juga camping ground yang bisa dinikmati dengan membayar 50K saja. Selebihnya, banyak fasilitas umum, mushola, kamar mandi dan lain sebagainya.

Mengenai biaya ke Pulau Tidung akan selalu bergantung pada bagaimana cara Anda pergi ke sana. Jika ingin kemudahan, bisa memanfaatkan Paket Wisata Pulau Tidung yang banyak tersebar di internet. Setiap agen travel tentu menetapkan harga yang bervariasi dan bergantung juga pada durasi wisatanya.

Lain halnya jika sobat lebih suka melakukan trip secara mandiri, perlu kiranya terlebih dahulu mengetahui biaya perjalanannya. Di bawah ini merupakan rincian perkiraan biaya yang perlu Anda keluarkan. Harga yang tertera bisa berubah sewaktu-waktu, setidaknya harga ini berlaku saat artikel ini dipublikasikan.

Keterangan Harga
Transportasi (pilih salah satu) Kapal Tradisional ± IDR 45K
  Kapal Bahari Express IDR 75K - 175K
  Kapal Cepat ± IDR 150K
Bermalam Penginapan IDR 200K – 800K
  Camping Ground ± IDR 50K
Lain-lain Sewa Sepeda ± IDR 20K / 1 hari
  Sewa Alat Snorkeling ± IDR 60K / 6 jam
  Sewa Perahu Nelayan ± IDR 300K – 500K 
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Cara Pergi ke Pulau Tidung Jakarta
credit: B10m, CC BY-NC-ND 2.0

Cara Pergi ke Pulau Tidung

Tersedia beberapa cara agar bisa sampai ke pulau ini. Yang pasti, untuk pertama kalinya sobat perlu sampai dulu ke Jakarta Utara. Lalu, tujulah salah satu dari dua pelabuhan yang ada di sana, yakni Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke atau Dermaga Marina Ancol.

Jika ingin biaya lebih murah namun perjalanannya agak lama, pergi ke Pelabuhan Kali Adem. Di pelabuhan ini, ada dua opsi kapal yang bisa digunakan. Ada kapal tradisional dengan lama perjalanan 3 jam, serta Kapal Bahari Ekspress yang akan mengantar dengan durasi 45 menit saja.

Selanjutnya, Anda bisa pergi ke Pulau Tidung melalui Marina Ancol. Melalui dermaga ini, sobat bisa naik kapal cepat (fast boat) dengan durasi perjalanan laut kurang lebih 1 jam. Pilih yang lambat atau yang cepat bergantung pada kebutuhan wisata. Untuk mempermudah, lihat Peta Lokasi.

0 Comments

Posting Komentar