Beranda
Destinasi Wisata
Jakarta
Kepulauan Seribu
Pantai
Pulau
Pulau Tidung Kepulauan Seribu - Daya Tarik, Fasilitas dan Biaya

Kepulauan Seribu adalah salah satu destinasi wisata bahari terbaik di Indonesia. Kepulauan yang berlokasi Teluk Jakarta ini dijuluki Maldiven van Java karena kaya pulau-pulau tropis menawan. Dari sekian spot di Pulau Seribu, Pulau Tidung merupakan salah satu yang paling terkenal dan menjadi primadona.

Selain berpemandangan indah dan menawarkan banyak aktivitas, salah satu alasan yang menjadikan pulau ini populer adalah karena lokasinya yang cukup dekat dengan Jakarta. Butuh perjalanan laut kurang lebih 2-3 jam menggunakan kapal ferry tradisional, atau 1 jam saja jika menggunakan speedboat.

Wisata Pulau Tidung Jakarta bisa menjadi pilihan terbaik bagi traveler penggila pantai, Andakah salah satunya?. Banyak opsi yang memungkinkan sobat dengan mudah tiba di pulau ini. Bisa memanfaatkan paket wisata Pulau Seribu dari agen travel, atau bisa pula dengan melakukan trip secara mandiri.

Daya Tarik Wisata Pulau Tidung Jakarta

Wisata Pulau Tidung mencakup dua pulau, yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan pulau berpenghuni, sementara Pulau Tidung Kecil sejauh ini menjadi tempat pengembangbiakan mangrove. Satu hal yang menarik dan ikonik adalah Jembatan Cinta yang menghubungkan kedua pulau tersebut.

Sebagai salah satu pulau terbaik di Pulau Seribu, kedua pulau tersebut menawarkan banyak aktivitas menarik. Segala bentuk obsesi wisata bahari nyaris bisa terealisasikan. Meski tiap orang memiliki keunikan dalam hal bagaimana cara terbaik untuk berwisata, di pulau ini ada beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan.

Di awal Jembatan Cinta, akan sobat temui jembatan cukup tinggi di atas cekungan laut yang agak dalam. Spot tersebut biasa digunakan anak-anak untuk berloncatan ke laut dari atas jembatan. Tidak sedikit traveler yang ikut bergabung. Anda perlu melakukannya untuk memaksimalkan pengalaman wisata di sana.

Jembatan Cinta juga merupakan tempat ideal untuk menikmati pesona alam, baik saat sunrise maupun sunset. Jadi, pastikan sobat bertahan beberapa hari agar bisa menikmati keduanya. Banyak aktivitas seru akan menemani selama liburan di pulau ini, termasuk bagi mereka yang datang bersama keluarga.

Cobalah keseruan wahana watersport yang tersedia. Ceria di atas banana boat atau mencoba masuk ke dalam laut, snorkeling dan menikmati pemandangan bawah laut yang memanjakan mata. Selain itu, sobat juga bisa mencoba bersepeda, menjelajah untuk menemukan spot terbaik yang Anda suka, abadikanlah!

Bagi penyuka pantai, pulau ini juga menawarkan beberapa pantai menawan. Ada Pantai Tanjung Barat yang terkenal karena pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Ada juga Pantai Cemara Kasih yang molek dan asri, serta Pantai Perawan yang identik dengan suasana tenang dan damai.

Jika ingin berkemah, bisa mencoba di camping ground di Pulau Tidung Kecil. Seperti yang dikatakan sebelumnya, pulau ini adalah kawasan konservasi dan budidaya tanaman mangrove. Yang menarik, Anda juga bisa memancing di sekitar hutan tersebut. Untuk kuliner, banyak tempat untuk menikmatinya.

{next}

Fasilitas dan Perkiraan Biaya Wisata

Sebagai salah satu objek wisata terpopuler di Kepulauan Seribu, pulau ini telah lengkap dengan beragam fasilitas wisata. Untuk konsumsi, tersedia banyak sekali warung makanan dengan menu kuliner hasil olahan laut yang segar. Atau, bisa juga menuju pusat oleh-oleh untuk membeli oleh-oleh khas.

Bagi yang ingin bermalam, beragam akomodasi telah tersedia, penginapan, hotel, maupun homestay ada semua dengan fasilitas yang bervariasi. Selain itu, ada juga camping ground yang bisa dinikmati dengan membayar 50K saja. Selebihnya, banyak fasilitas umum, mushola, kamar mandi dan lain sebagainya.

Mengenai biaya ke Pulau Tidung akan selalu bergantung pada bagaimana cara Anda pergi ke sana. Jika ingin kemudahan, bisa memanfaatkan Paket Wisata Pulau Seribu yang banyak tersebar di internet. Setiap agen travel tentu menetapkan harga yang bervariasi dan bergantung juga pada durasi wisatanya.

Lain halnya jika sobat lebih suka melakukan trip secara mandiri, perlu kiranya terlebih dahulu mengetahui biaya perjalanannya. Di bawah ini merupakan rincian perkiraan biaya yang perlu Anda keluarkan. Harga yang tertera bisa berubah sewaktu-waktu, setidaknya harga ini berlaku saat artikel ini dipublikasikan.

KeteranganHarga
Transportasi (pilih salah satu)Kapal Tradisional± Rp 45.000
 Kapal Bahari ExpressRp 75.000 - 175.000
 Kapal Cepat± Rp 150.000
BermalamPenginapanRp 200.000 – 800.000
 Camping Ground± Rp 50.000
Lain-lainSewa Sepeda± Rp 20.000 / 1 hari
 Sewa Alat Snorkeling± Rp 60.000 / 6 jam
 Sewa Perahu Nelayan± Rp 300.000 – 500.000
Note: biaya wisata ke Pulau Tidung dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Tersedia beberapa cara untuk bisa sampai ke pulau ini. Yang pasti, untuk pertama kalinya wisatawan perlu sampai dulu ke Jakarta Utara. Kemudian, menuju salah satu dari dua pelabuhan yang terdapat di sana. Bisa memilih berangkat melalui Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke ataupun Dermaga Marina Ancol.

Jika ingin biaya yang lebih murah namun perjalanannya agak lama, Anda bisa pergi ke Pelabuhan Kali Adem. Di pelabuhan ini, tersedia dua opsi kapal yang bisa digunakan. Ada kapal tradisional dengan lama perjalanan sekira 3 jam, serta Kapal Bahari Ekspress yang akan mengantar dengan durasi 45 menit saja.

Selanjutnya, Anda juga bisa pergi ke Pulau Tidung melalui Marina Ancol. Melalui dermaga ini, Anda bisa naik kapal cepat (fast boat) dengan durasi perjalanan laut kurang lebih 1 jam. Pilih yang lambat atau yang cepat bergantung pada kebutuhan wisata. Untuk mempermudah, lihat Peta Lokasi.