Bandung Destinasi Wisata

Kiara Artha Park Bandung, Fasilitas, Harga Tiket dan Jam Buka

0 Komentar
Beranda
Bandung
Destinasi Wisata
Kiara Artha Park Bandung, Fasilitas, Harga Tiket dan Jam Buka

Banyak pilihan tempat rekreasi di Bandung, termasuk jika Anda menghendaki destinasi liburan keluarga. Kiara Artha Park salah satunya. Sebuah taman modern di Kota Kembang yang kini cukup viral digemari. Lokasinya di Jalan Banten, Kebonwaru, Kota Bandung, Jawa Barat.

Daya Tarik Kiara Artha Park

Kiara Artha Park merupakan tempat wisata baru di Bandung. Baru diresmikan tahun 2019 yang lalu dengan menempati area seluas hampir 3 hektare. Kiara Artha hadir sebagai sebuah taman modern yang indah dengan beragam wahana permainan, spot foto instagenik, dan kuliner.

Menariknya, meskipun nampak modern, tempat ini menawarkan nilai sejarah yang tertuang di salah satu spot yang ada, yakni Taman Asia Afrika. Taman yang cantik ini dibangun sebagai pengingat bahwa Kota Bandung pada tahun 1955 pernah jadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika.

Konferensi Asia Afrika di Bandung merupakan salah satu wujud keberhasilan Indonesia dalam kancah diplomasi Internasional setelah era Perang Dunia II. Taman Asia Afrika ini pun dibangun atas permintaan dari negara-negara yang dulunya tergabung dalam konferensi tersebut.

Di Taman Asia Afrika terdapat patung jabat tangan sebagai lambang keberhasilan kerja sama di Konferensi Asia Afrika. Ada juga patung Presiden Soekarno. Serta, patung tokoh-tokoh dunia yang menjadi pencetus dan yang berperan penting dalam penyelenggaraan konferensi Asia Afrika.

Masing-masing patung tokoh yang ada di sana disertai dengan biografi singkat. Ada juga plakat besar yang menjelaskan sejarah Konferensi Asia Afrika. Intinya, selain Gedung Merdeka, taman ini benar-benar berhasil merepresentasikan konferensi bersejarah di Kota Bandung tersebut.

Taman Asia Afrika adalah spot utama dan favorit di Kiara Artha Park Bandung. Taman ini tidak hanya mengedukasi sejarah namun juga indah memanjakan mata. Dengan tampilan yang nampak modern, di tengah taman terdapat kolam cantik yang begitu luas dengan barisan air mancur.

Air mancur tersebut akan menari mengikuti irama lagu, semakin indah di saat malam hari karena bisa menyala. Pertunjukan itu bisa disaksikan pada jam-jam tertentu, umumnya sekitar pukul 14:00-15:30. Namun ketika akhir pekan, biasanya ditampilkan lebih awal pukul 10:00.

{next}

Fasilitas dan Wahana Wisata

Selain taman dengan air mancur ikonik, Kiara Artha Park juga mempunyai ruang terbuka hijau yang indah dengan taman bunga dan pepohonan yang rindang. Beberapa di antaranya dibentuk karakter hewan lucu sekaligus instagenik. Di sini, pengunjung bisa bersantai dan berfoto.

Di sini juga ada spot Plataran Kampung Korea dengan berbagai bentuk arsitektur Negeri Ginseng. Ideal bagi pencari spot foto instagramable dengan latar bangunan tradisional khas Korea. Makin lengkap dengan penyewaan Hanbok serta berbagai jenis suvenir bagi pecinta K-pop.

Akses jalan di objek wisata ini tertata dengan sangat baik. Cocok untuk berolahraga, sekedar jalan kaki atau dengan bersepeda. Pengunjung bisa menyewa skuter dan sepeda di Kiara Artha. Ada berbagai wahana wisata menarik untuk menjelajahi kawasannya yang sangat luas.

Fasilitas Kiara Artha Park Bandung juga meliputi food court atau area kuliner. Bahkan, merek fast food terkenal seperti Mcdonald's pun ada. Lalu, restoran cepat saji Pizza Head, Solaria, dan lain-lain. Fasilitas yang lain termasuk mushola, area parkir luas, dan kamar mandi atau toilet.

Harga Tiket Kiara Artha Park

Harga tiket masuk Kiara Artha Park sebesar Rp 10.000. Untuk menikmati beberapa wahana di sana harus membayar lagi dengan tarif bervariasi. Sewa sepeda, skuter, dan Go-kart mulai harga Rp 10.000-Rp 20.000. Untuk sepeda atau skuter listrik, biayanya Rp 30.000-Rp 40.000.

Untuk mengelilingi area, tersedia fasilitas trem dengan biaya Rp 5.000. Sewa Hanbok di Kampung Korea Rp 50.000-Rp 100.000. Untuk menyaksikan fountain show malam hari, perlu membayar tiket Kiara Pelangi Food Court Rp 35.000. Lolipops Playland Rp 100.000 hingga Rp 130.000.

{next}

Jam Buka dan Rute ke Lokasi

Jam buka: setiap hari, pukul 10.00 - 21.00 WIB
Alamat: Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40272. Peta

Lokasi tempat wisata ini tak terlalu jauh dari pusat kota Bandung. Dari arah Alun-alun Bandung menuju ke timur ke Jl. Ahmad Yani ke Jl. Jakarta (masuk daerah Kiaracondong). Jika dari arah tol Buah Batu, ikuti jalur kanan hingga di lampu lalu lintas Kiaracondong lalu belok ke kiri.

Rekomendasi Hotel Bandung