Bori Kalimbuang Toraja Utara - Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Rute

Banyak hal unik dan menarik yang akan Anda temukan jika memilih liburan ke Tana Toraja. Lanskap alam dan budaya masyarakat Toraja benar-benar mengagumkan dengan kekhasan tersendiri. Kete Kesu adalah destinasi wisata populer dalam hal ini. Tidak hanya itu, situs Bori Kalimbuang juga menarik Anda kunjungi.

Bori Kalimbuang Toraja Utara
credit: instagram.com/uchenklandscape

Terutama jika Anda suka wisata budaya, berkunjung ke Bori' Kalimbuang Toraja adalah ide bagus. Sama seperti Kete Kesu, lokasinya berada di Kabupaten Toraja Utara. Tepatnya di Desa Bori, kecamatan Sesean. Mengenai daya tarik, sejarah, fasilitas, serta harga tiket masuk Bori Kalimbuang, baca ulasan di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Bori Kalimbuang

Bori' Kalimbuang adalah salah satu situs budaya Indonesia yang masuk daftar warisan dunia UNESCO. Kawasannya menampung batu menhir yang tertanam di tanah dalam posisi tegak. Terdapat 102 menhir era megalitikum dalam berbagai ukuran. 24 batu di antaranya berukuran besar lebih tinggi dari manusia.

Melalui keberadaan batu purba itulah, situs Kalimbuang dikatakan mirip Stonehenge yang ada di Inggris. Bedanya, menhir di Toraja tidaklah ada secara alami tapi melalui proses pembentukan, penanaman. Serta, memiliki nilai fungsional terkait religiusitas Suku Toraja. Ini adalah tempat pemujaan pada nenek moyang.

Mengenai sejarah Bori Kalimbuang di Toraja, tempat ini diperkirakan telah ada sejak tahun 1718. Menhir pertama telah berdiri sejak 1657. Situs ini terbagi menjadi beberapa zona yang meliputi berbagai benda dan bangunan. Salah satunya adalah Rante Kalimbuang, sebagai tempat penguburan adat Rambu Solo

Fasilitas Wisata di Bori' Kalimbuang Tana Toraja
credit: instagram.com/uchenklandscape

Selain batuan menhir di Bori Kalimbuang juga ada bangunan rumah adat Toraja, Tongkonan. Bangunan ini punya nama dan fungsi khas. Misalnya balakkayan, rumah panggung tempat untuk membagikan daging kurban. Lalu, ada juga lakkian yakni tempat persemayaman jenazah ketika proses ritual adat berlangsung.

Rumah Tongkonan di sini ada yang berhiaskan 1000 tanduk kerbau. Benda ritual lain termasuk saringan untuk mengusung jenazah. Yang tak kalah menariknya, di tempat ini ada kubur batu yang beumur ratusan tahun. Juga, ada baby graves atau kuburan bayi menyusui yang berlokasi di Pohon Tarra yang dilubangi.

Bori' Kalimbuang adalah salah satu destinasi bagus bagi Anda yang ingin mengenal tradisi dan budaya Suku Toraja. Dalam hal ini, masyarakat Toraja terkenal akan keunikannya dalam merayakan kematian. Saat ini, nuansa eksotis di kawasan wisata ini juga populer sebagai salah satu spot foto instagramable di Toraja Utara.

Harga Tiket Masuk Bori Kalimbuang Toraja
credit: instagram.com/aryawiznu

Fasilitas, Harga Tiket dan Jam Buka

Sebagai tempat yang dihormati, objek wisata tertata dengan baik, bersih, dan indah. Akses jalan yang mengelilingi tempat ini pun tertata rapi. Terdapat fasilitas tangga naik ke spot baby graves. Fasilitas lain termasuk toilet, area parkir, dll. Bagi para pecinta foto selfie, banyak sudut yang cocok sebagai spot foto.

Lalu, berapa harga tiket masuk Bori Kalimbuang Toraja? biaya masuk tempat wisata ini cukup terjangkau, yakni Rp 15.000. Biaya lainnya adalah untuk biaya parkir kendaraan. Jam operasional objek wisata budaya ini, buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 18:00. Kunjungi tempat ini sore hari agar tidak terlalu panas.

Rute Lokasi Bori Kalimbuang Toraja

Kawasan wisata Kalimbuang Bori berlokasi di Bori, Kec. Sesean, Kab. Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Dari Kota Rantepao, jaraknya sekitar 10 kilometer atau 30 menit berkendara. Apabila dari Kete Kesu, jaraknya sekitar 14 kilometer atau 40 menit. Aksesnya mudah di tepi jalan. Agar lebih mudah, gunakan Peta Lokasi.