Beranda
Banyuwangi
Gunung
Jawa Timur
Pantai
Situbondo
Taman Nasional Baluran - Fasilitas, Harga Tiket Masuk & Rute

Taman Nasional Baluran merupakan paket wisata alam yang memungkinkan setiap wisatawan bermanja dalam hamparan keindahan yang nyata. Sebuah kawasan pelestarian alam yang menempati sudut timur utara Jawa ini seolah miniatur sabana di Afrika.

Itulah mengapa Taman Nasional Baluran mendapat julukan Africa Van Java atau The Little Africa in Java. Datanglah wahai sobat, kemasi barangmu dan bersegera hadir di perbatasan Wongsorejo (Banyuwangi) dan Banyuputih (Situbondo), Provinsi Jawa Timur.

Daya Tarik Taman Nasional Baluran

Baluran National Park merupakan kawasan hutan yang terbentang luas kurang lebih 25.000 ha. Area tersebut juga mencakup keberadaan gunung bernama sama yang menjadi awal dari penamaan taman nasional ini. Gunung Baluran namanya.

Julukan Africa Van Java mewakili dominasi vegetasi sabana yang mencapai 40% luas lahan. Selebihnya ada hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pengunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang hijau sepanjang tahun (Hutan Evergreen).

Tidak hanya itu, hutan yang begitu luas ini juga menjadi rumah bagi keanekaragaman fauna yang hidup secara bebas. Dalam hal ini, Monyet Ekor Panjang adalah raja dalam segi jumlah. Ragam fauna lainnya termasuk 28 jenis mamalia, 196 jenis aves, pisces dan reptilia.

Untuk flora, ada sekitar 444 jenis tumbuhan yang terbagi 87 familia. Jenis-jenis tumbuhan itu meliputi 24 jenis tumbuhan eksotik, 265 jenis tumbuhan penghasil obat. Selebihnya ada 37 jenis yang merupakan tumbuhan yang hidup pada ekosistem mangrove.

Rute Lokasi Baluran National Park

Mengingat lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, rute ke Taman Nasional Baluran cukup mudah namun beragam. Serta, tergantung pada bagaimana cara Anda pergi ke sana.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa langsung menuju jalan Banyuwangi – Batangan atau Situbondo – Batangan. Jika naik kereta api, sampai Stasiun Banyuwangi Baru, bisa naik bis ke Terminal Sri Tanjung dan lanjut naik bus jurusan Surabaya.

Sementara itu, jika naik bus, Anda bisa menuju ke Terminal Bungurasih atau Purabaya di Surabaya. Lalu, lanjutkan dengan naik bus jurusan Surabaya-Probolinggo untuk kemudian naik bus lagi jurusan Probolinggo-Ketapang.

Note: Tulisan yang berwarna merah menandai bahwa TN. Baluran berada di antara lokasi/jurusan tersebut. Jika naik angkutan umum (Bus) Anda bisa sampaikan pada kondektur agar menurunkan Anda di pintu masuk Taman Nasional Baluran. Peta Lokasi.

{next}

Aktivitas di Taman Nasional Baluran

Penjelajahan bisa jadi mendominasi aktivitas setiap wisatawan yang berkunjung ke Baluran. Terhitung kurang lebih 12 km dari pintu masuk untuk tiba di Padang Savana Bekol. Sejauh itu pula, apa yang tersaji akan memanjakan petualangan Anda.

Nikmatilah petualangan mulai dari teriknya hari di hutan yang kering untuk kemudian masuk ke dalam sejuknya hutan evergreen. Dalam perjalanan tersebut, bersiaplah bertemu dengan keserbajenisan fauna yang berkeliaran bebas.

Cobalah lebih dekat dengan Burung Merak (Pavo Muticus) dan burung-burung lainnya termasuk Ayam Hutan Merah (Gallus gallus). Tidak terkecuali Monyet Ekor Panjang yang populasinya terus meningkat sejak kisaran tahun 2014.

Sesampainya di Savana Bekol, takjublah di ruang terbuka dan lebih dekat dengan rusa. Capai view point, naik dan puaskan diri dengan alam Baluran di ketinggian. Jangan lupa, eksotika Pantai Bama menunggu Anda bersama dengan sejuknya hutan mangrove.

Dengan banyaknya spot wisata, berarti pula banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Safari hutan, pendakian gunung, petualangan pantai seperti berkano, berperahu, diving, snorkeling dll. Berikut adalah spot-spot yang ada di Taman Nasional Baluran :

  • Batangan : Tempat para pengunjung melihat atraksi tarian burung merak pada musim kawin pada kisaran bulan Oktober dan November. Di pos pengamatan ini juga terdapat peninggalan sejarah berupa Goa Jepang serta makam putra Maulana Malik Ibrahim. Fasilitas yang tersedia termasuk bumi perkemahan dan pusat informasi
  • Bekol dan Semiang : Terdapat fasilitas pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, dan burung. Fasilitas yang ada disini antara lain wisma peneliti, wisma tamu, dan menara pandang.
  • Bama, Balanan, dan Bilik : Di sini merupakan lokasi wisata bahari, lokasi memancing, menyelam/snorkeling, dan atraksi perkelahian antar rusa jantan (pada bulan Juli/Agustus) dan atraksi kawanan kera abu-abu yang memancing kepiting/rajungan dengan ekornya pada saat air laut surut.
  • Manting dan Air Kacip : Di sini terdapat sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun, dan merupakan habitat macan tutul.
  • Popongan, Sejile, Sirontoh, Kalitopo : Di sini terdapat fasilitas untuk naik sampan di laut yang tenang, melihat berbagai jenis ikan hias, dan lokasi pengamatan burung migran.
  • Curah Tangis : Di sini terdapat fasilitas untuk kegiatan panjat tebing dengan tinggi 10-30 meter, dan kemiringan sampai 85%.
{next}

Fasilitas Wisatawan dan Akomodasi

Baluran National Park memiliki fasilitas wisata yang terbilang lengkap dan umumnya tersedia di beberapa spot yang populer. Di kawasan Savana Bekol dan Pantai Bama misalnya, terdapat beragam jenis penginapan, tempat ibadah, hingga warung makanan.

Pengunjung dilarang berkemah atau camping di Taman Nasional Baluran, namun ada guest house di beberapa spot dengan harga 100-300 ribu rupiah. Sementara itu bila ingin lebih banyak opsi hotel, Anda bisa menginap di Banyuwangi, berikut rekomendasinya:

Harga Tiket Baluran National Park

Biaya tiket masuk Baluran National Park sangatlah beragam dan bergantung pada waktu kunjungan wisata. Harga tiket juga dibedakan untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Berikut ini adalah rincian harganya beserta biaya parkir kendaraan:

KeteranganHarga
DomestikHari BiasaRp 16.500
Hari LiburRp 18.500
MancanegaraHari BiasaRp 150.000
Hari LiburRp 225.000
ParkirMotorRp 5.000
MobilRp 10.000
Note: harga tiket Taman Nasional Baluran yang disebutkan dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.