Budaya Destinasi Wisata Lombok NTB

Desa Senaru Lombok - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, Lokasi, dan Rute

0 Komentar
Beranda
Budaya
Destinasi Wisata
Lombok
NTB
Desa Senaru Lombok - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, Lokasi, dan Rute

Seperti kebanyakan gunung-gunung pendakian di Indonesia, Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB membentangkan pesonanya hingga ke desa-desa di sekitarnya. Satu di antaranya adalah Desa Senaru, yang merupakan satu dari dua jalur pendakian resmi Rinjani, selain Sembalun Lawang.

Daya Tarik Wisata Desa Senaru

Senaru Lombok adalah desa yang indah. Keindahan alam pegunungan terhampar di sejauh pandangan mata. Tidak hanya itu, kemolekan alam yang tersaji dengan bagusnya disempurnakan oleh keberadaan masyarakat adat, Suku Sasak, yang senantiasa kekeh memegang budaya mereka.

Terutama bagi masyarakat perkotaan yang jauh dari eksotika pedesaan, Senaru adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Andakah salah satunya? pesiapkan diri untuk menjadi traveler paling berbahagia. Masuki ketentraman desa, jauhi dan lupakan hiruk pikuk kota.

Desa Senaru bisa Anda kunjungi di Kabupaten Lombok Utara. Tepatnya di wilayah Kecamatan Bayan. Sebagai jalur pendakian resmi Gunung Rinjani, sangat mudah menemukannya karena banyak jalan untuk mencapainya. Berangkatlah! setelah membekali diri dengan informasi dalam artikel ini.

Aktivitas di Desa Senaru Lombok

Aktivitas wisata di Desa Senaru selalu bergantung pada durasi dan kebutuhan wisata yang Anda miliki. Mungkin butuh beberapa hari agar bisa benar-benar puas menjelajahinya. Jika punya banyak waktu dan energi, ide terbaiknya adalah sekalian mendaki Gunung Rinjani.

Jika memang berencana melakukan pendakian Rinjani, bisa mencoba memulai dengan menggunakan rute Sembalun dan mengakhirinya di Desa Senaru. Sebab, rute inilah yang dipilih oleh kebanyakan pendaki. Selanjutnya, Anda bisa mengeksplorasi sepuasnya kemolekan desa ini.

Adapun jika tidak tertarik untuk mendaki, abaikan saja dua paragraf di atas. Banyak sekali tempat wisata di Senaru Lombok yang pasti mampu memuaskan gairah wisata, siapa saja. Wisata Desa Senaru lebih menawarkan ragam objek wisata alam dan budaya.

Untuk wisata alam, selain Gunung Rinjani, Senaru memiliki beberapa air terjun yang menawan. Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep adalah yang paling populer di Pulau Lombok. Keduanya bisa Anda akses melalui pintu masuk Taman Nasional Gunung Rinjani.

Tentu, masih banyak sudut alam yang semuanya layak Anda jelajahi. Namun, dua air terjun tersebut dengan pemandangan selama liku-liku untuk mencapainya sudah sangat mewakili. Selebihnya, sisa waktu liburan bisa dialihkan untuk menghayati budaya masyarakat Sasak.

Jadikan wisata menjadi lebih bermakna dengan berkunjung ke desa adat Senaru. Mencoba lebih dekat dengan budaya dan religiusitas masyarakatnya. Mengagumi arsitektur rumah yang unik atau bercengkerama ringan dengan warga setempat, atau...manfaatkan kamera!

Jika terlanjur terpikat, pergi ke Pura Penataran Agung Rinjani. Untuk diketahui, selain indah, Rinjani juga bervibrasi spiritual dan disucikan. Bisa juga melebar hingga ke hutan Bangket Bayan. Bersafari di hutan adat tersebut pasti memberi pengalaman tersendiri.

Pastikan juga singgah di Masjid Kuno Bayan Beleq yang unik dan dikatakan sebagai masjid tertua di Pulau Lombok. Kagumi juga rumah adat Karang Bajo. Mumpung di Bayan, jangan sia-siakan kesempatan, temukanlah nilai kearifan dari keeksotikan yang menyelimuti tempat ini.

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Sebagai salah satu jalur pendakian resmi Rinjani dan sebagai desa wisata budaya, Senaru telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas umumnya bisa Anda temukan di sekitar atau di pintu masuk masing-masing tempat wisata di Desa Senaru.

Untuk akomodasi, beragam pilihan penginapan sudah tersedia dengan harga yang bervariasi. Ada homestay, guest house hingga cottage dan lain sebagainya. Harga penginapan mulai dari 100 ribuan. Untuk melihat daftar harga, dalam tabel yang telah tersedia di bawah.

Harga Tiket Masuk Wisata Senaru

Beberapa objek wisata di Senaru tidak menetapkan tarif atau bisa dikunjungi secara gratis, bisa juga memberi donasi secara sukarela. Jika terdapat biaya, biasanya hanya untuk parkir. Namun, sebagian lainnya ada juga yang telah menerapkan tiket masuk. Berikut rinciannya:

KeteranganHarga
Desa SenaruGratis / Donasi, Parkir Rp 2.000
Sendang Gile & Tiu KelepRp 10.000, Parkir Rp 3.000
Masjid Bayan BeleqGratis / Donasi, Parkir Rp 5.000
Gunung RinjaniRp 35.000
Note: Biaya wisata dan tiket Desa Senaru di atas belum tentu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi dan Rute Desa Adat Senaru

Dari Mataram, desa ini bisa dicapai dengan sekitar 2,5 jam perjalanan berkendara. Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa memilih jalur Lendang Bajur di Gunung Sari. Rute angkutan ini akan melewati kawasan hutan Baun Pusuk dan langsung menuju desa Senaru.

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau ingin menyewa mobil di Lombok. Bisa memilih jalur pesisir barat melalui Pantai Senggigi dan melewati Bukit Malibu. Selain durasinya lebih singkat (kurang lebih 2 jam), pemandangan selama perjalanan juga menakjubkan. Lihat Peta.

Lokasi Desa Adat Senaru : Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.