Beranda
Destinasi Wisata
Lombok
NTB
Pantai
Pantai Tanjung Aan Lombok - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket

Sekali waktu, Anda perlu menjadi traveler beruntung. Pulau Lombok telah menanti dengan pantai-pantai indah dan asri. Jika sebelumnya telah mengenal Pantai Senggigi, Anda juga harus tahu tentang Pantai Tanjung Aan. Satu di antara 5 pantai indah di Kawasan Wisata Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Daya Tarik Pantai Tanjung Aan

Komposisi alam pantai ini benar-benar membuat siapapun senang berlama-lama. Di garis pantai sepanjang 2 km, Tanjung Aan menawarkan dua jenis pasir dengan tekstur yang berbeda. Kaki telanjang akan sedikit geli merasakan pasir mirip butiran merica. Selalu begitu sampai di bukit dekat pantai yang berpasir halus lembut.

Warna alam turut menyempurnakan kemolekan pantai ini. Laut biru perlahan memuda seiring kedekatan jarak dengan pasirnya yang putih. Warna langit pun senada. Batuan karang tertata acak memberi ketegasan melalui warna basah elegan. Sementara perbukitan hijau membentengi hingga terciptalah lanskap memanjakan.

Melalui keindahan alam yang tersaji, Pantai Tanjung Aan termasuk tempat wisata di Pulau Lombok yang paling banyak peminatnya. Mungkin tidak berlebihan jika ada yang mengatakan bahwa Tanjung Aan merupakan salah satu primadona wisata pantai di Lombok Tengah. Berlokasi strategis, dekat Pantai Kuta Mandalika.

Aktivitas Yang Menarik Dilakukan

Sudah menjadi tradisi para wisatawan domestik menghabiskan waktu liburan dengan ber-swafoto ria. Tentu saja sobat bisa juga melakukannya. Namun, bukankah lebih baik apabila melakukan hal yang sedikit berbeda? Menjelajahlah sembari senantiasa takjub pada setiap bagian yang membangun kemolekan pantai ini.

Dakilah bukit yang rendah itu dan dapati lanskap alam mengagumkan. Tanjung Aan sangat cocok bagi mereka yang suka suasana menenangkan. Garis pantainya yang luas dengan sedikit pengunjung memungkinkan Anda bisa dengan mudah hening. Masuki frekwensi alpha sembari berjemur berbaring di pasir putihnya.

Dengarkanlah suara-suara alam. Semilir lembut angin pantainya sudah pasti harmonis dengan alunan ombak yang cenderung santun. Ombak yang mengalun lebih tenang menjadi ideal bagi mereka yang datang bersama keluarga. Wisata kali ini miliki Anda, jadi Andalah yang paling tahu cara terbaik untuk berbahagia.

Tetaplah beretika dan jagalah kebersihan pantai ini. Untuk diketahui, matahari terbit di Tanjung Aan menghadirkan warna alam yang menawan. Aturlah kedatangan lebih pagi untuk menikmatinya. Pastikan kali ini memiliki energi wisata yang berlebih. Lebarkan petualangan dengan menyewa perahu ke Kepulauan Gili.

Bisa juga berkunjung ke Batu Payung dengan menyewa kapal bertarif sekitar 250 ribu pulang pergi. Jangan lupa bahwa di sebelah kanan pantai ini, Bukit Merese berumput hijau juga tengah menunggu untuk Anda daki. Apapun aktivitasnya, bertahanlah hingga datang keeksotikan senja, sunset di sini tak kalah indahnya.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir MobilRp 10.000
Parkir BusRp 20.000
Note: biaya parkir dan harga tiket masuk Pantai Tanjung Aan yang ada dalam daftar di atas belum tentu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas Tanjung Aan cukup memadai. Banyak penjual makanan dan minuman. Anda juga bisa menemukan beberapa pedagang kain tenun khas Lombok. Pantai ini cukup dekat dengan Masjid. Area parkir luas dan ada penyewaan perahu. Akomodasi banyak tersedia di Kuta Mandalika, berikut beberapa rekomendasi hotel bagus di sana:

Rute Lokasi Pantai Tanjung Aan

Dari Kota Mataram, Pantai Tanjung Aan Lombok berjarak sekitar 60 km atau sekitar 4 km dari Pantai Kuta. Butuhkan sekitar 1,5 jam berkendara untuk bisa sampai ke pantai ini. Dari Mataram, ambillah arah ke Cakranegara kemudian ke Kediri. Lanjut ke Praya, Batunyale, Sengkol, Rambitan, Sade hingga ke Kuta.

Dari Kawasan Mandalika di Desa Kuta, Anda bisa melanjutkan ke pantai ini dengan mudah. Untuk diketahui, memilih menggunakan transportasi umum sangat tidak disarankan karena akan sangat menyulitkan. Lebih baik menyewa sepeda motor atau mobil dari Kota Mataram. Untuk mempermudah, lihat Peta Lokasi.