Beranda
Destinasi Wisata
Lombok
NTB
Pantai
Pantai Kuta Lombok - Daya Tarik, Legenda, Fasilitas, dan Tiket

Pantai Kuta Mandalika Lombok. Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) jelas indahnya, tidak terkecuali di Lombok Tengah. Kabupaten beribu kota Praya inilah yang sedang gencar memoles diri. Berharap menjadi destinasi impian di masa depan dengan mengandalkan pesona alam yang berselimutkan legenda masa silam.

Fokus utamanya berada di Kawasan Wisata Mandalika yang setidaknya mengoleksi 5 pantai mempesona, Pantai Kuta salah satunya. Oleh karena bernama sama dengan Pantai Kuta di Bali, pantai ini pun mempopulerkan nama barunya “Pantai Kuta Mandalika“. Nama yang lebih khas dan lebih dekat dengan budaya masyarakatnya.

Disebut Pantai Kuta, karena lokasi pantainya terletak di desa Kuta. Sebuah desa di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sementara itu, nama “Mandalika” merujuk pada legenda putri bernama Mandalika. Ada apa dengan putri ini? apa hubungannya dengan Pantai Kuta Lombok? Lanjutkan membaca!

Sekilas Legenda Putri Mandalika

Dahulu kala hiduplah seorang putri jelita bernama Mandalika. Terlahir sebagai anak seorang raja yang bijaksana. Dalam nuansa tentram makmur wilayahnya, pesona sang putri demikian memikat di mata rakyat. Selain cantik, dia juga baik. Halus lembut tutur katanya. Apa yang diidamkan setiap pemuda ada pada Putri Mandalika.

Tidak hanya pemuda desa, para pangeran dari berbagai kerajaan pun silih berganti mengajukan lamaran. Sang raja yang bijak bestari menyerahkan semua keputusan pada sang putri. Demi mendapatkan petunjuk, akhirnya Mandalika pun bertapa. Hasilnya, ia undang semua pelamarnya di waktu dan tempat yang telah ia tentukan.

Tanggal 20 di bulan 10 dalam penanggalan Sasak. Para kandidat berkumpul di Pantai Kuta (lebih tepatnya di Pantai Seger, ruas Pantai Kuta Lombok sisi timur) di pagi buta. Disaksikan raja dan ratu beserta para pengawal dan para pelamarnya, Putri Mandalika naik ke Bukit Seger dan menyampaikan pesan yang mengejutkan.

Ia akan menerima semua lamaran. Sebuah keputusan yang membuat semua orang terheran-heran. Keputusan itu ia pilih karena tidak ingin ketentraman dan kedamaian Lombok rusak akibat persaingan untuk mempersunting dirinya. Dan lebih mengejutkan lagi, selanjutnya sang putri menjatuhkan diri ke lautan dan menghilang.

Tidak ada seorang pun yang berhasil menyelamatkan atau setidaknya menemukan tubuh Putri Mandalika. Yang menarik setelah kejadian itu, muncullah binatang sejenis cacing yang panjang dalam jumlah yang sangat banyak. Binatang yang oleh Suku Sasak disebut “Nyale” itu kemudian diyakini sebagai jelmaan dari Putri Mandalika.

Demi mengenang kejadian tersebut, masyarakat Sasak Lombok mengadakan upacara Bau Nyale. Tradisi ritual tahunan tersebut biasanya mereka lakukan pada kisaran bulan Februari-Maret ketika musim Nyale keluar. Seluruh masyarakat Lombok berlomba-lomba mendapatkan sebanyak mungkin Nyale, jelmaan sang putri kebanggaan.

Secara simbolis, keinginan Putri Mandalika untuk menyatukan seluruh masyarakat Lombok akhirnya terpenuhi. Terutama masyarakat pesisir mulai dari Pantai di Kawasan Mandalika hingga Pantai Kaliantan dan Pantai Tabuan berbondong-bondong meramaikan Bau Nyale. Mereka bersatu demi bertemu jelmaan Putri Mandalika.

{next}

Daya Tarik Pantai Kuta Lombok

Alam yang mempesona sedemikian baik menyimpan kisah Mandalika. Terlindung dibalik perbentengan bukit dengan beragam ketinggian yang berhias ragam hijau tetumbuhan. Selamat datang di Pantai Kuta Lombok, Pantai Kuta Mandalika. Pantai yang teramat cantik dengan pasir putih yang terhampar dengan luasnya.

Laut tetap mendominasi dengan gradasi birunya, sejauh pandangan mata. Sementara angin yang mengalun membawa serta kedamaian, mengabarkan gita cita dan cinta putri raja pada rakyatnya. Tidak hanya tentang Lombok, Indonesia pun ingin mengenalkannya pada dunia, dalam bingkai Kawasan Wisata Mandalika.

Secara sempit, Pantai Kuta Lombok mungkin hanya terbatas sampai di Bukit Seger yang membatasinya dengan Pantai Seger. Namun kisah Mandalika menyatukannya dalam satu pantai yang sama atau bahkan lebih dari itu. Setidaknya ada 5 pantai di Mandalika Lombok, termasuk Tanjung Aan yang terlampau menakjubkan.

Mandalika adalah proyek pariwisata impian. Satu di antara 15 KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Indonesia yang dipersiapkan untuk memicu decak kagum masyarakat dunia. Bisa dikatakan, Pantai Kuta Lombok adalah spot utama di sana. Dibangun dalam naungan ITDC yang sebelumnya telah mempopulerkan Nusa Dua.

Selain itu, daya tarik Pantai Kuta Mandalika juga termasuk Pertamina Mandalika International Street Circuit. Sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan ini beberapa kali menjadi tuan rumah pagelaran balap seperti MotoGP, World Superbike, Shell Eco-marathon, Kejurnas Mandalika Racing Series, dll.

Intinya, sekali waktu berwisatalah Lombok, kunjungi Pantai Kuta Mandalika. Waktu ideal adalah ketika Festival Bau Nyale digelar. Selebihnya, beragam aktivitas pun bisa dilakukan. Berenang, bersantai atau bermain di atas pasirnya yang landai, snorkeling dan masih banyak lagi aktivitas menarik lainnya.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Jika membaca artikel ini runut dari awal, sebenarnya bisa dibayangkan apa saja fasilitas di Pantai Kuta Lombok. Awal ketenaran pantai ini pun, salah satunya bermula dari pembangunan berbagai fasilitas akomodasi. Mudah menemukan penginapan, homestay, dan hotel. Berikut beberapa akomodasi bagus di Kuta Mandalika:

Selain itu banyak pula pilihan tempat bersantap, mulai dari warung-warung makanan dan minuman tradisional hingga kafe dan restoran. Fasilitas wisata lain termasuk aneka toko suvenir, persewaan alat snorkeling dan selancar, toilet dan lahan parkir yang luas. Tempat ibadah berupa masjid pun tersedia di sekitarnya.

KETERANGANHARGA
Tiket Masukgratis
Parkir Motor± Rp 5.000
Parkir Mobil± Rp 10.000
Parkir Bus± Rp 20.000
Note: harga tiket Pantai Kuta Mandalika yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Kuta Mandalika

Bagaimana? tertarik berwisata ke Pantai Kuta Mandalika? kunjungi The Mandalika atau Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Lakukan perjalanan mudah dari Kota Mataram sekitar 50 km ke selatan ke Kabupaten Lombok Tengah. Butuh durasi kira-kira 1 jam untuk sampai di sana. Untuk mempermudah, gunakan peta lokasi, DI SINI.