Bali Destinasi Wisata

Pantai Kuta Bali, Wisata Andalan yang Tak Lekang oleh Waktu

0 Komentar
Beranda
Bali
Destinasi Wisata
Pantai Kuta Bali, Wisata Andalan yang Tak Lekang oleh Waktu

Pantai Kuta Bali adalah tempat wisata yang paling ikonik mewakili pariwisata Bali. Sejak era 1970-an, pantai ini sudah menjadi objek wisata andalan dan senantiasa menjadi primadona hingga saat ini. Tujuan wajib bagi siapa saja, terutama bagi mereka yang pertama kali liburan ke Pulau Bali.

Karena lokasinya strategis, popularitas Kuta tidak lekang oleh waktu dan selalu ramai didatangi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pantainya tidak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Lihat Peta

Sejarah Pantai Kuta Bali

Sebelum menjadi kawasan wisata, Kuta adalah pelabuhan dagang tempat menjual produk lokal kepada pembeli dari luar Pulau Bali maupun luar negeri. Pada abad ke-19, datanglah seorang pedagang dari Denmark bernama Mads Lange yang tertarik mendirikan basis perdagangan di sini.

Kemudian hadir seorang Hugh Mahbett yang menerbitkan buku "Praise to Kuta". Mungkin karena melihat besarnya potensi wisata Kuta, melalui buku tersebut ia mengajak masyarakat menyiapkan fasilitas akomodasi. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi meledaknya kunjungan wisata.

Buku Praise to Kuta telah menginspirasi banyak orang membangun fasilitas penginapan, restoran, hingga tempat hiburan. Seiring berjalannya waktu, kawasan ini beralih fungsi dari pelabuhan dagang menjadi destinasi wisata. Terus berkembang hingga dikenal oleh masyarakat dunia.

Daya Tarik dan Aktivitas

Pantai Kuta Bali merupakan pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang landai, panjang, dan luas. Letak pantai yang cenderung menghadap ke barat menyajikan daya tarik alam tersendiri. Momen matahari terbenam di pantai ini begitu menawan. Julukan sunset beach pun disematkan.

Tidak hanya itu, laut biru yang membentang luas di pantainya menawarkan ombak yang indah. Cocok untuk aktivitas surfing atau selancar. Pantai ini terkenal sebagai salah satu tempat surfing favorit di Bali, khususnya di kalangan surfer pemula. Perlengkapan surfingnya pun tersedia.

Surfing di Kuta sejauh ini memang menjadi aktivitas wisata favorit. Ada juga wahana lain untuk bersenang-senang dengan ombak yakni menyewa boogie board. Hanya saja wisatawan tetap perlu berhati-hati, agar tetap berada di zona aman yang biasa ditandai bendera merah kuning.

Dengan garis pantai yang memanjang sejauh kurang lebih 5 kilometer, Kuta menampung beragam aktivitas wisatawan. Selain surfing, tidak sedikit dari mereka yang hanya sekedar bersantai menikmati suasana dan pemandangan laut. Atau, sekedar jalan-jalan menyusuri pesisir pantai ini.

Ketika liburan ke Pantai Kuta Bali, jangan lupa mengunjungi tempat budidaya penyu. Di tempat yang ditandai Patung Penyu Raksasa tersebut, kamu bisa menyaksikan proses penetasan penyu dan pemeliharaan tukik. Di waktu tertentu, bisa juga ikut dalam kegiatan pelepasan penyu ke laut.

Aktivitas menarik lain adalah merasakan sensasi berkeliling menjelajahi kawasan wisata Kuta dengan transportasi tradisional berupa dokar atau delman. Intinya, wisatawan bisa melakukan banyak hal di sini sambil menanti datangnya senja. Sunset di Pantai Kuta sangat mempesona.

{next}

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas kawasan Kuta sangat lengkap dan memadai. Semua perlengkapan penunjang kegiatan wisatawan tersedia, termasuk surf board, boogie board, sewa tikar, hingga jasa pijat. Banyak juga pedagang minuman dan makanan di sepanjang kawasan pantai ini. Area parkir pun luas memadai.

Begitu juga dengan fasilitas akomodasi. Mudah menemukan berbagai pilihan tempat makan atau restoran, kafe atau bar, hingga berbagai jenis tempat menginap. Mulai dari penginapan murah hingga hotel dan resor mewah. Berikut beberapa hotel dekat Pantai Kuta Bali rekomendasi kami.

Tiket Masuk Pantai Kuta

Pantai ini bisa diakses wisatawan dengan gratis tanpa biaya. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan atau menyewa wahana atau jasa yang tersedia. Berikut daftar beberapa tarif wahana atau jasa di pantai ini. Harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

  • Surf Board: ± Rp 100.000 / jam
  • Boogie Board: ± Rp 50.000 / jam
  • Jasa Pijat: ± Rp 75.000 / jam
  • Sewa Tikar: ± Rp 15.000
  • Naik Dokar: ± Rp 50.000 - Rp 100.000
  • Parkir Motor: ± Rp 2.000
  • Parkir Mobil: ± Rp 5.000

Demikian sekilas informasi tentang sejarah, daya tarik wisata, fasilitas akomodasi, harga tiket masuk, hingga aktivitas di Pantai Kuta Bali. Di sekitar pantai ini juga terdapat mall dan beberapa objek wisata lain, seperti Waterbom Bali, Kuta Theater, serta Pantai Legian yang terkenal.