Beranda
Destinasi Wisata
Pantai
Yogyakarta
Pantai Parangtritis Yogyakarta - Fasilitas Wisata & Harga Tiket

Pantai Parangtritis merupakan salah satu obyek wisata terkenal di Yogyakarta. Saking populernya, pantai ini termasuk tempat yang wajib dikunjungi. Menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang liburan ke Yogyakarta, selain ke Candi Prambanan.

Apabila sobat traveler telah menentukan destinasi liburan kali ini adalah Jogja, Parangtritis layak ada dalam daftar utama kunjungan Anda. Tertarik? catat alamatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daya Tarik Pantai Parangtritis

Parangtritis adalah pantai yang unik yang memiliki banyak cara untuk membuat siap saja tertarik mengunjunginya. Komposisi alamnya yang khas memadukan besarnya gelombang ombak pantai selatan dengan hamparan pasir yang luas memanjang.

Menariknya, hamparan pasir di pantai ini juga termasuk gunung-gunung pasir yang oleh masyarakat di sana disebut gumuk. Tidak hanya itu, Desa Parangtritis ini juga mencakup Pantai Parangkusumo serta Pemandian Air Panas Parang Wedang.

Di sisi lain, Pantai Parangtritis Yogyakarta dalam sejarahnya begitu lekat dengan legenda Ratu Kidul. Masyarakat tradisional Jawa sangat meyakini bahwa pantai ini adalah gerbang kerajaan ghaib dari ratu yang menguasai laut selatan tersebut.

Bahkan, penduduk percaya bahwa siapa saja dilarang mengenakan pakaian hijau muda di sekitar pantai. Merujuk foklor yang berkembang, Parangtritis dan Parangkusumo adalah tempat kunjungan utama terutama pada malam tahun baru Jawa (1 Muharram / Suro).

Rute Lokasi Pantai Parangtritis

Parangtritis beralamat di Jalan Parangtritis KM 28 atau sekira 30 km dari kota Yogyakarta dengan rute mudah dan akses yang bagus. Hingga pukul 17.00, ada transportasi umum yang beroperasi ke pantai ini. Bisa naik bus Jogja-Parangtritis melalui Terminal Giwangan. Peta Lokasi.

{next}

Aktivitas Wisata di Parangtritis

Parangtritis dengan beragam tempat wisata di sekitarnya sangat mungkin membuat setiap orang sibuk dalam liburan. Menyusuri luasnya hamparan pasir nan luas dengan sesekali membiarkan alunan air ombak menyentuh ujung jari kaki adalah aktivitas menarik.

Hanya saja, jangan sekali-kali berenang di pantai ini, sebab itu berbahaya mengingat besarnya ombak bisa menyapu tanpa terduga. Banyak cara untuk menjelajah dan menghayati keeksotikan pantai ini, salah satunya dengan menaiki ATV atau Andong yang tersedia.

Ketika puas bermanja di bibir pantai, lanjutkan kegembiraan dengan berkunjung ke Gumuk Pasir Parangtritis. Di tempat itulah, pengunjung semakin berkeringat melalui aktivitas sandboarding. Jangan khawatir, persewaan sandboardnya juga tersedia.

Gumuk Pasir juga sering dimanfaatkan sebagai tempat foto pre wedding. Selebihnya, bisa mencoba wisata Paralayang atau melebar ke Pantai Parangkusumo. Di Parangkusumo terdapat Cepuri yang konon menjadi tempat pertemuan Raja Yogyakarta dan Nyi Roro Kidul.

Apabila datang di waktu yang tepat (biasanya bulan Suro) di sekitar pantai biasa dilakukan upacara Labuhan. Jangan lupa juga mengunjungi Parang Wedang, cobalah mandi di dalam hangatnya air belerang yang konon dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit.

Satu lagi spot yang belum banyak dikunjungi adalah reruntuhan Candi Gembirawati yang tersembunyi di tebing sisi timur Pantai Parangtritis. Tidak begitu jauh, hanya beberapa ratus meter. Jangan lupa, bertahan hingga senja dan nikmati keindahan sunset di Pantai Parangtritis.

{next}

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

KeteranganHarga
Tiket Masuk± Rp 10.000
Parkir Roda 2± Rp 2.000
Parkir Roda 4± Rp 5.000
Naik Andong± Rp 30.000
Sandboarding± Rp 70.000
ATV Kecil± Rp 50.000
ATV Besar± Rp 100.000
Note: harga tiket Pantai Parangtritis dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Pantai Parangtritis Jogja memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari warung makanan dan oleh-oleh, toilet, parkir, dan tempat ibadah. Ada juga wahana ATV, Andong, dan Tandem Paralayang. Selain itu, ada beberapa minimarket dan banyak opsi penginapan, berikut rekomendasinya: