Destinasi Wisata Yogyakarta

Candi Prambanan, Eksotika Candi Hindu Terbesar di Indonesia

0 Komentar
Beranda
Destinasi Wisata
Yogyakarta
Candi Prambanan, Eksotika Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Dari sekian banyak situs candi di Indonesia, Candi Prambanan adalah yang paling terkenal dan ikonik, selain Candi Borobudur di Magelang. Termasuk destinasi utama bagi turis asing yang berlibur ke Indonesia. Borobudur dan Prambanan menjadi satu paket wisata yang wajib dikunjungi.

Jika kamu ada rencana liburan ke Jogja, Prambanan adalah destinasi wajib. Monumen ini berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Terletak di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Adapun pintu masuknya berada di Desa Tlogo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Daya Tarik Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu yang termegah dan terindah di Asia Tenggara. Arsitektur candi nampak indah dan ramping, menjulang setinggi 47 meter. Itulah candi Siwa, yang utama di tengah gugusan candi-candi yang lebih kecil.

Terkait sejarah, belum diketahui pasti kapan Prambanan dibangun. Namun, bila merujuk pada Prasasti Syiwagrha yang ditemukan di sekitar Prambanan, diduga kuat candi ini dibangun pada pertengahan abad ke-9. Pendirinya adalah raja dari Wangsa Sanjaya, Raja Balitung Maha Sambu.

Terlepas dari itu, banyak sekali misteri yang mengiringi sejarah Candi Prambanan. Termasuk kaitannya dengan Borobudur, yang mana keduanya menjadi jejak persaingan Wangsa Syailendra dan Sanjaya. Ada juga legenda Roro Jonggrang sehingga disebut juga Candi Roro Jonggrang.

Sama halnya dengan Borobudur, pada tahun 1991, Prambanan dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Seiring perkembangannya sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia, kompleks candi Hindu ini pun semakin lengkap dengan berbagai atraksi dan wahana.

Di kompleks candi yang sangat luas, kamu bisa menjelah dengan jalan kaki maupun sepeda single atau double. Ada juga opsi kereta wisata. Di kawasan Taman Wisata Candi Prambanan terdapat museum berbentuk Rumah Joglo yang mengoleksi berbagai benda-benda bersejarah.

Selebihnya, di sini ada bioskop yang memutar film-film dengan kualitas 4D. Atraksi dan wahana lain termasuk spot memanah dan koleksi beragam fauna. Anak-anak bisa merasakan serunya memberi makan rusa, menyaksikan indahnya burung cendrawasih, burung merak, dan kuda.

Saat berlibur ke Prambanan, salah satu aktivitas wajib adalah menyaksikan Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana Prambanan. Pementasan sendratari ini biasa digelar mulai pukul 19.30 WIB. Tersedia pilihan di panggung tertutup, yakni di Gedung Trimurti dan panggung terbuka.

{next}

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas di Prambanan lengkap dan memadai. Untuk menunjang aktivitas wisatawan tersedia museum, bioskop 4D, beragam spot foto, dan atraksi memanah. Lalu, ada penyewaan sepeda dan kereta wisata, golf cart, tour guide, taman bermain anak, gedung dan panggung pertunjukan.

Fasilitas lain meliputi area parkir kendaraan yang luas, toilet umum, toko suvenir dan oleh-oleh, pusat informasi, dan tempat ibadah. Bila butuh tempat menginap, banyak opsi penginapan di dekat Prambanan, mulai dari guest house, hotel, dll. Berikut beberapa rekomendasi dari kami:

{next}

Tiket Masuk Candi Prambanan

Harga Tiket Wisatawan Nusantara
  • Usia 10 tahun ke atas: Rp 50.000
  • Usia 3 hingga 10 tahun: Rp 25.000
  • Grup Pelajar/Mahasiswa: Rp 25.000⋆
Tiket Terusan Prambanan-Borobudur
  • Usia 10 tahun ke atas: Rp 75.000
  • Usia 3 hingga 10 tahun: Rp 35.000
Tiket Terusan ke Ratu Boko (fasilitas shuttle)
  • Usia 10 tahun ke atas: Rp 85.000
  • Usia 3 hingga 10 tahun: Rp 40.000

⋆Tiket rombongan pelajar/mahasiswa minimal 20 orang dan wajib membawa surat pengantar sekolah/universitas.

Harga Tiket Wisatawan Mancanegara
  • Usia 10 tahun ke atas: 25 dolar AS
  • Usia 3 hingga 10 tahun: 15 dolar AS
Tiket Terusan Prambanan-Borobudur
  • Usia 10 tahun ke atas: 45 dolar AS
  • Usia 3 hingga 10 tahun: 27 dolar AS
Tiket Terusan Prambanan-Ratu Boko
  • Usia 10 tahun ke atas: 45 dolar AS
  • Usia 3 hingga 10 tahun: 27 dolar AS

Jam Buka dan Peta Lokasi

Jam buka Prambanan mulai pukul 06.30 hingga 17.00 WIB. Mencapai lokasinya sangat mudah karena kawasan wisata ini terletak di tepian jalan raya Solo - Yogyakarta. Jaraknya dari Kota Yogyakarta kurang lebih 17 kilometer, sedangkan dari Klaten hanya sekitar 3 kilometer saja.

Apabila berangkat dari Kota Yogyakarta, kamu bisa menggunakan transportasi umum Transjogja kemudian berhenti di halte pasar Prambanan. Atau, bisa juga naik bus antar kota jurusan Solo dan berhenti persis di depan gerbang masuk Taman Wisata Candi Prambanan. Lihat Peta Lokasi

Demikian informasi wisata mengenai daya tarik, fasilitas dan akomodasi, jam buka, lokasi, serta harga tiket masuk Candi Prambanan di Yogyakarta. Liburan ke Jogja belum lengkap apabila belum mengunjungi monumen peninggalan sejarah satu ini. Jadi, kamu mau berangkat kapan, nih?