Beranda
Destinasi Wisata
Jakarta
Kepulauan Seribu
Pantai
Pulau
Pulau Pramuka Kepulauan Seribu - Daya Tarik, Biaya, Fasilitas Wisata

Salah satu ide bagus ketika berniat liburan ke Kepulauan Seribu Jakarta adalah berkunjung ke pusat pemerintahan kabupaten tersebut, yakni Pulau Pramuka. Selain menjanjikan fasilitas wisata yang sangat baik, beragam objek wisata bahari telah siap sedia menampung kegembiraan Anda.

Daya Tarik Pulau Pramuka

Pulau yang menjadi bagian dari Kelurahan Pulau Panggang ini merupakan pulau konservasi. Dalam wisata ke pulau ini, wisatawan bisa melihat penangkaran Penyu Sisik yang sekarang hampir punah. Selain itu, di pulau ini juga terdapat penanaman bakau sebagai usaha pencegahan abrasi.

Pulau ini pernah menjadi rumah bagi kawanan burung elang Bondol, sehingga dinamakan Pulau Lang / Elang. Elang-elang tersebut hilang seiring pulau ini menjadi perkampungan. Selanjutnya pada tahun 1950-1970, pulau ini menjadi tempat aktivitas kepramukaan, karena itu dinamakan Pulau Pramuka.

Saat ini Pramuka Island merupakan pulau tujuan wisata paling ramai di Pulau Seribu Jakarta, selain Pulau Tidung. Jadi, persiapkan segala sesuatunya dan jadilah traveler beruntung dimanjakan indahnya pulau ini. Namun sebelum berangkat, tuntaskan membaca artikel ini untuk memperkaya informasi.

Aktifitas di Pulau Pramuka

Di pulau ini Anda bisa melakukan banyak hal, bahkan mungkin lebih dari aktivitas wisata bahari. Khususnya jika datang bertepatan dengan masa pelepasan penyu. Saat usianya cukup, maka penyu-penyu akan dilepaskan ke tepi pantai, wisatawan bisa ikut dalam proses pelepasan tersebut.

Bagi sebuah keluarga, wisata Pulau Pramuka juga memungkinkan liburan lebih seru dengan aneka wahana watersport. Cobalah keseruan menaiki banana boat, donut boat, dan jetsky. Bisa juga mencoba menjelajah perairan dengan kano atau keliling pulau dengan bersepeda.

Pulau ini sangat kaya akan aktivitas, termasuk bagi yang doyan memancing. Bagaimana dengan aktivitas bawah laut? snorkeling dan diving merupakan kegiatan populer di sini. Nikmatilah keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang lucu di perairan sekitar pulau ini.

Apa lagi? wisata Pulau Seribu kurang lengkap tanpa melakukan island hopping. Ketika liburan ke Pulau Pramuka, pastikan menjelajah pulau-pulau terdekat. Masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan, yang pasti jangan lupa menikmati keindahan sunrise dan sunset.

Fasilitas dan Biaya Wisata

Sebagai pusat pemerintahan Pulau Seribu, di sini fasilitasnya sangat lengkap, baik umum maupun penunjang pariwisatanya. Fasilitas yanga ada di antaranya masjid, rumah sakit, kantor pos, sekolah, dermaga, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), serta beragam villa dan penginapan.

Di tempat wisatanya ada penyewaan alat snorkeling, diving, banana boat, donut boat, kayak atau kano dan sepeda. Selain itu juga ada penyewaan perahu wisata untuk keperluan island hopping ke pulau terdekat, seperti Pulau Panggang, Pulau Karya, Pulau Semak Daun, dll.

Biaya wisata ke Pulau Pramuka selalu bergantung bagaimana cara sobat pergi ke sana. Untuk kemudahan, bisa memanfaatkan Paket Wisata Kepulauan Seribu yang banyak tersebar di internet. Setiap agen travel tentu menetapkan harga yang bervariasi dan bergantung juga pada durasi.

Lain halnya jika sobat liburan ke Pulau Pramuka tanpa travel ala backpacker, perlu terlebih dahulu mengetahui biaya perjalanannya. Berikut merupakan rincian perkiraan biaya yang kira-kira perlu Anda keluarkan. Harga mungkin tidak akurat, karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Tiket Kapal (Kali Adem)± Rp 50.000
Tiket Speedboat (Marina)± Rp 150.000
Penginapan / Homestay± Rp 250.000 / malam
Alat Snorkeling± Rp 35.000 / orang
Banana Boat± Rp 30.000 / orang
Sewa Sepeda± Rp 10.000 / jam
Donut Boat± Rp 35.000 / orang
Makan± Rp 15.000 – 20.000
Note: biaya wisata Pulau Pramuka Jakarta di atas tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara Pergi ke Pulau Pramuka

Apabila telah mantab liburan ke pulau utama di Kepulauan Seribu Jakarta ini, pertama kalinya sobat perlu sampai dulu ke Jakarta Utara. Tujulah salah satu dari dua pelabuhan yang ada di sana, yakni Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke atau Dermaga Marina Ancol.

Jika ingin menggunakan kapal motor tradisional bisa ke pelabuhan Kali Adem Muara Angke di Kelurahan Kapuk Muara. Jadwal keberangkatan umumnya jam 7 pagi, namun ada juga yang berangkat jam 1 siang. Untuk speedboat di Marina Ancol biasanya berangkat jam 8 pagi. Peta Lokasi.