Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Pacitan
Pantai
Pantai Srau Pacitan - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, Harga Tiket & Rute

Pantai Srau Pacitan. Banyak pantai di kabupaten Pacitan, jika sobat punya rencana wisata ke kabupaten di Jawa Timur tersebut. Mungkin, bisa mencoba memulai dengan mengunjungi pantai-pantai terdekat. Pantai Teleng Ria misalnya, yang berjarak kurang lebih 6 km dari pusat kota.

Ide menarik lainnya adalah berpetualang ke Pantai Srau Pacitan. Lebih jauh ke selatan, kurang lebih 23 km atau sekira 45 menit perjalanan berkendara. Pantai ini berada cukup dekat dengan Pantai Kasap dan wisata susur sungai Kali Cokel yang berada di kawasan Pantai Watu Karung.

Tertarik mengunjunginya? tentu! banyak hal yang harus dipersiapkan, khususnya informasi yang sedetail mungkin akan disajikan dalam artikel ini. Jadi, lanjutkan membacanya. Temukan sebanyak mungkin informasi, sebelum benar-benar pergi dan takjub pada pesona indah pantainya.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

1, 2 dan 3 adalah merujuk pada pembagian kawasan pantai ini. Jadi, Pantai Srau bukan hanya tentang satu pantai, namun 3 ruas pantai yang masing-masing hadir dengan citarasa alam yang berbeda. Mengunjunginya, sudah semestinya sobat puas dimanja oleh ketiga pantai yang ada.

Pantai pertama, menjadi titik awal sobat memasuki kawasan pantai ini. Terserah bagaimana Anda mengatur keberangkatan, yang pasti karena lokasinya menghadap ke timur, pantai pertama adalah tempat ideal untuk menikmati keindahan awal pagi. Nikmati sunrise terbaik di ruas pantai ini.

Seiring hari beranjak semakin terang, akan terlihat landai pasir putih terhampar memanjang. Tidak ada yang membatasinya, kecuali gundukan bukit karang berselimut hijau di kedua sisinya. Karena ada pulau karang di lepas pantainya, alunan ombak di ruas pantai ini pun cukup bersahabat.

Ruas Pantai Srau Pacitan yang kedua berada di tengah, berhadapan langsung dengan luasnya Samudera Hindia dengan beberapa pulau karang di lepas pantainya. Karakteristik ombak besar pantai selatan demikian kentara. Ruas pantai ini terbilang yang terluas dan kaya bebatuan karang.

Di pantai kedua, terdapat satu sudut pantai bernama Pantai Wayang. Ciri khasnya adalah keberadaan karang berlubang yang sejauh ini dijadikan lokasi favorit untuk berswafoto, selfie. Hanya saja, usahakan untuk tidak bermain air di cekungan karang tersebut, arus baliknya cukup kuat.

Ruas pantai yang ketiga menghadap ke arah barat dan menawarkan lanskap menawan, khususnya ketika senja menjelang. Sunset di pantai ini terlihat mengagumkan. Karakter ombak yang hadir juga cenderung besar. Dan, yang menarik di sisi barat juga ada sumber air yang konon angker.

Area yang luas dengan berbagai sudut pandang keindahan, memungkinkan banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Srau. Anda bisa bermain air di sisi timur, atau ketika air sedang surut. Menyusuri pasir pantainya atau mendaki ke perbukitan dan nikmati keindahan dari atas ketinggian.

Bersantai di pinggir pantai sudah menjadi semacam tradisi wisatawan yang berlibur ke pantai ini. Anda juga bisa melakukannya, ada sejumlah gazebo yang tersedia. Aktivitas menarik lainnya adalah memancing, atau bisa juga jika Anda ingin menginap dengan berkemah mendirikan tenda.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meski mungkin tak selengkap fasilitas yang tersedia di Pantai Watukarung, Pantai Srau Pacitan juga telah memiliki sejumlah fasilitas dan cukup memadai. Selain lahan parkir yang luas, ada sejumlah warung makanan dan minuman di sana. Fasilitas lainnya meliputi musholla, gazebo dan toilet.

Di ruas pantai yang ketiga di sisi barat, juga dilengkapi dengan semacam anjungan. Di anjungan tersebutlah yang sejauh ini menjadi lokasi terbaik menikmati pemandangan laut, khususnya ketika sunset tiba. Apabila berniat camping, tersedia lahan luas yang mampu menampung banyak tenda.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Biaya ParkirRp 5.000
Note: harga tiket Pantai Srau Pacitan di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Srau Pacitan

Pantai Srau berlokasi di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan jaraknya kurang lebih 23 km atau sekitar 45 menit berkendara. Rutenya, sobat bisa menuju ke selatan melalui Jl. Nasional III, lalu belok ke kiri hingga tiba di Jl. WR. Supratman.

Ikuti Jl. WR. Supratman, ke arah barat menuju Jl. Raya Tompak Rinjing. Ikuti terus jalan tersebut untuk kemudian belok ke kiri ke Jl. Dadapan Watukarung. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di lokasi. Kondisi jalan secara keseluruhan sudah cukup bagus, namun berkelok-kelok, banyak tikungan. Lihat Peta.