Beranda
Destinasi Wisata
Pantai
Yogyakarta
Pantai Ngobaran Yogyakarta - Fasilitas, Harga Tiket, dan Rute

Gunungkidul terkenal sebagai surga wisata pantai di Yogyakarta. Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, kabupaten ini memiliki garis pantai yang membentang hingga 65 km. Di antara jajaran pantai yang indah di sana, tersebutlah Pantai Ngobaran yang unik dan eksotik.

Daya Tarik Wisata Pantai Ngobaran

Ngobaran adalah pantai yang kaya melalui harmoni keindahan alam, budaya serta religiusitas masyarakatnya. Alam pantainya molek dengan dominasi karakter kerasnya tebing-tebing karang. Jika laut surut, kolam-kolam kecil tercipta di lantai karang yang berbalut hijaunya alga.

Di kolam alami itulah biota-biota laut seperti lobster, landak laut, kerang-kerangan, bintang laut sering kali terjebak. Hamparan pasir pantainya yang putih serta bentangan birunya laut dengan gelombang ombak khas laut selatan juga turut menyempurnakan pemandangan alamnya.

Selain keindahan alam, pantai ini juga menawarkan harmoni budaya. Di pantai ini terdapat empat bangunan peribadatan dari agama atau kepercayaan yang berbeda yakni Kejawan, Kejawen, Hindu dan Islam. Bangunan-bangunan tersebut juga turut mengisyaratkan sejarah pantai ini.

Nama pantai ini mengisyaratkan akan keteguhan Brawijaya V untuk tidak memeluk Agama Islam yang ditawarkan anaknya, yakni Raden Patah. Konon, Brawijaya V berpura-pura bunuh diri dengan membakar dirinya di sebuah kotak batu yang kini ditumbuhi tanaman kering di pantai ini.

Brawijaya V melakukan hal itu karena ia tidak ingin bertemu dengan Raden Patah yang kabarnya telah sampai di Pantai Ngrenehan dalam usaha mencari ayahnya. Kobaran api dalam peristiwa itulah yang kemudian menjadi Ngobaran yang hingga saat ini abadi menjadi nama pantai ini.

Meski demikian, banyak sejarawan yang meragukan perihal penyerangan Raden Patah terhadap ayahnya tersebut. Bukti sejarah yang ada mereka anggap tidak cukup kuat untuk membuktikan adanya penyerangan. Seolah-olah menunjukkan Raden Patah menyebar Islam dengan kekerasan.

Aktivitas di Pantai Ngobaran Jogja

Pantai ini menawarkan beragam aktivitas yang cukup mampu menyibukkan siapapun pengunjungnya. Terkhusus, bagi para traveler yang suka dengan cerita mitos dan mistis. Selain mengagumi sisi artistik dari bangunan peribadatannya, telusuri juga keunikan religiusitas yang ada.

Di sini, terdapat sisa aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya V, yakni Kejawan yang terkait penamaannya berasal dari nama salah satu putranya, Bondhan Kejawan. Tempat peribadatannya berupa semacam pura yang khas dengan hiasan patung-patung berwarna putih.

Di sini juga ada aliran Kejawen. Tempat ibadahnya berupa Joglo yang berada di sisi kiri pura kaum Kejawan. Ada juga pura Hindu serta Masjid unik yang menghadap ke selatan bukan ke barat. Masyarakat telah memberi tanda merah di tembok Masjid untuk arah kiblat yang sebenarnya.

Kuliner adalah salah satu keunikan pantai ini. Anda perlu mencoba kuliner landak laut. Menurut masyarakat setempat, biota laut ini memiliki daging yang kenyal dan lezat. Dalam pembuatannya, daging landak laut umumnya dicampur bumbu berupa garam dan cabe, setelah itu di goreng.

Pantai Ngobaran di Yogyakarta juga memungkinkan wisatawan untuk bermain atau bermalas-malasan di hamparan pasir. Jika datang sekitar pukul 06-00 - 11.00, laut sedang surut sehingga Anda bisa leluasa menjelajah atau sekedar melihat warga yang mencari karangan atau rumput laut.

Melalui keharmonisan budaya dan alam, pantai ini sangat eksotik. Jadi berpetualanglah, temukan sudut-sudut terbaik yang layak diabadikan. Apapun aktivitasnya, bertahanlah setidaknya hingga matahari mulai tenggelam. Pastinya, senja di pantai ini menawarkan kemolekan tersendiri.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meski belum benar-benar lengkap, fasilitas di pantai ini sudah memadai. Selain lahan parkir yang cukup luas, banyak warung-warung makanan serta toko oleh-oleh khas Pantai Ngobaran. Selain itu, telah tersedia beragam tempat ibadah. Fasilitas lain termasuk kamar mandi dan toilet.

Belum ada penginapan di sini. Jika ingin menginap, bisa mencoba berkemah dengan sebelumnya minta izin pada warga. Penginapan terdekat mungkin baru ada di Pantai Baron yang berjarak sekitar 13 km. Biaya masuk pantai ini menjadi satu dengan Pantai Ngrenehan. Berikut rinciannya:

KeteranganHarga
Tiket MasukIDR 5K
Parkir Roda 2IDR 3K
Parkir Roda 4+IDR 5K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu

Rute Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai ini berjarak kurang lebih 60 km dari Yogyakarta. Anda bisa memakai rute Imogiri-Panggang hingga di Jalan Lintas Selatan. Belok ke kiri ke arah Wonosari dan belok ke kanan (setelah HK Motor). Lanjut hingga di pertigaan Jl Paliyan-Ngobaran. Belok ke kanan sampai di Jl Ngobaran-Ngrenehan.

Sampai di pertigaan, belok ke kanan ke Pantai Ngobaran. Selain itu, bisa juga menggunakan rute Wonosari-Paliyan menuju Jl Playen-Paliyan dan terus ke Jl Panggang-Wonosari hingga di pertigaan Jl Paliyan-Ngobaran. Belok kiri di Jl Ngobaran-Ngrenehan hingga pertigaan, belok ke kanan. Peta Lokasi.