Beranda
Destinasi Wisata
Gunung Kidul
Pantai
Yogyakarta
Pantai Baron Yogyakarta, Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Jogja memang istimewa, komposisi unik di setiap sudutnya mampu memanjakan siapapun yang datang. Tidak terkecuali di Gunungkidul. Karena berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia menjadikannya Gunungkidul kaya pantai yang menawan. Pantai Baron salah satunya.

Daya Tarik Pantai Baron Jogja

Baron adalah pantai berbentuk cekungan yang terapit dua barisan karang di kanan kirinya. Terdapat sungai yang bermuara di tepi pantai dan bertemu dengan air lautnya. Secara administratif pantai ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Banyaknya perahu nelayan yang berbaris di hamparan pasir pantainya yang putih kecoklatan turut mewarnai pemandangan alam. Ini berarti juga bahwa Pantai Baron Gunungkidul merupakan pantai yang kaya akan hasil laut, berbagai jenis ikan beserta olahannya.

Selain itu di sisi timur, tepatnya di atas bukit karang terdapat mercusuar berwarna putih. Tempat ini bernama kompleks Mercusuar Tanjung Baron. Melalui menara itulah setiap pengunjung bisa dengan leluasa menikmati bentang alam Gunungkidul dari atas ketinggian.

Di atas ketinggian, setiap wisatawan bisa melihat dengan jelas barisan perbukitan karst yang ada di sebelah utara. Sementara itu, di sebelah selatannya, sejauh mata memandang hanyalah luas bentangan laut Samudera Indonesia yang semakin jauh semakin membiru.

Pantai Baron Yogyakarta memang unik, tidak terkecuali namanya yang terkesan jauh dari nama-nama Jawa. Perihal namanya, tersebutlah seorang Baron Sekeber di awal kesejarahan pantai ini. Beberapa sumber mengatakan bahwa dia adalah seorang bangsawan Eropa.

Baron Sekeber adalah seorang yang sakti yang pernah melawan Panembahan Senopati. Pada 1930-an pantai ini sempat menjadi tempat persembunyian senjata oleh Belanda. Mungkin saja untuk mengenang ketokohan si Baron, selanjutnya pantai ini dinamakan sesuai namanya.

Aktivitas Wisata di Pantai Baron

Telah menjadi kebiasaan para wisatawan yang mengunjungi pantai untuk berenang dan bermain air. Hanya saja, mengingat ombak di pantai ini cenderung besar dan pernah memakan korban, jadi tidak disarankan bagi siapapun untuk berenang di laut pantai ini.

Kabar baiknya, Pantai Baron di Gunungkidul juga termasuk sungai bawah tanah yang meskipun sangat dekat dan mengarah ke laut, sungai tersebut tetap berair tawar. Di sungai itulah tempat ideal bagi pengunjung untuk melampiaskan obsesi bermain air dan berenang.

Pantai Baron bukan hanya pantai yang molek, namun juga lengkap dengan perbukitan berselimut kehijauan. Jika berkunjung ke sini, adalah ide yang menarik jika Anda menyediakan waktu berlebih untuk dengan melebar dan menjelajahi setiap sudut keindahannya.

Belum juga puas menikmati pemandangan alam pantai dari atas bukit? adalah ide bagus jika pergi ke kompleks Mercusuar Tanjung Baron. Masuki dan naik ke menara putih tersebut agar bisa melihat pemandangan alam pesisir Gunungkidul secara lebih sempurna.

Apabila kebetulan Anda berlibur ke pantai ini pada tanggal satu suro, biasanya ada acara sedekah laut oleh masyarakat Gunungkidul. Suasana pantai menjadi lebih meriah dan tentunya hal ini akan memberi kesan tersendiri untuk melengkapi pengalaman wisata Anda.

Jika tersedia energi wisata yang lebih, bisa juga mencoba berkunjung ke Baron Techno Park BPPT yang terdapat di sebelah barat pantai ini. Selebihnya, apapun kegiatan Anda, pastikan bertahan di sini sampai melihat keindahan matahari terbenam, sunsetnya menawan!

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas wisata di pantai ini cukup lengkap. Ada penginapan, warung makanan, toilet, payung tenda, tempat ibadah. Tersedia juga permainan anak-anak, serta toko cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Selain itu, kabarnya juga sudah tersedia fasilitas flying board.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRp 5.000
Alat Snorkeling± Rp 50.000
Note: harga tiket masuk Pantai Baron di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi dan Rute ke Pantai Baron

Pantai ini terletak sekitar 50 km dari pusat kota Yogyakarta. Butuh sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Dari Jogja, lanjutkan ke Wonosari melalui Piyungan. Dari Wonosari, ambil arah menuju Playen sampai di pertigaan kedua setelah Pasar Hargosari.

Belok ke kanan menuju Jalan Baron. Terus hingga ke Karang Rejek dan ketika tiba di Pertigaan Mulo, lurus saja menuju ke Kemiri. Lanjut ke Kemandang hingga tiba di TPR (tempat pemungutan retribusi). Pantai Jogja lainnya juga banyak tersebar dekat pantai ini. Peta Lokasi.