Pulau Kenawa Sumbawa Barat - Daya Tarik & Cara ke Kenawa Island

Selain Pulau Lombok yang mendunia, wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) juga mencakup Pulau Sumbawa yang tak kalah mempesona. Pemandangan alamnya berhiaskan jajaran pantai yang menawan dan pulau-pulau kecil yang mengagumkan. Pulau Kenawa adalah salah satu yang terindah di Sumbawa.

Pulau Kenawa Sumbawa Barat NTB
credit: instagram.com/aryawiznu

Apabila Anda seorang traveler pecinta bahari, Pulau Sumbawa bisa menjadi tujuan wisata yang sempurna kali ini. Memulai wisata dari Pulau Kenawa di Sumbawa Barat adalah ide bagus, karena pulau ini termasuk salah satu yang paling dekat dengan Pulau Lombok. Baca ulasan berikut ini untuk memperkaya informasi.

Daya Tarik Wisata Pulau Kenawa

Pulau Kenawa merupakan pulau kecil di sekitar perairan Selat Alas yang memisahkan Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok. Dengan luas yang mencapai 15 hektar, pulau tak berpenghuni ini mempunyai garis pantai sepanjang 1,73 kilometer. Secara administratif, lokasi pulaunya berada di Poto Tano, Sumbawa Barat, NTB.

Terkait pesona alamnya, Pulau Kenawa Sumbawa Barat sangat khas dengan padang savana yang luas dan bukit yang ikonik bernama Bukit Kenawa. Tidak hanya itu, Kenawa Island adalah pulau yang cantik di luar dan dalam. Apa yang tersaji di bawah perairan lautnya yang demikian jernih juga sangat mengagumkan.

Bukit Kenawa yang Indah

Bukit kecil yang ikonik ini menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan. Harmoni antara gradasi bentang laut yang membiru dengan padang rumput yang luas begitu sedap dipandang mata. Panorama yang tersaji semakin sempurna dengan latar pulau-pulau lainnya, termasuk Pulau Lombok dan Sumbawa.

Seiring berjalannya waktu, alam yang menyajikan perubahan warna juga memanjakan mata. Bukit Kenawa adalah tempat strategis untuk menikmati indahnya sunrise maupun sunset. Langit malam berbintang pun mempesona. Mendaki bukit ini adalah aktivitas wajib, meskipun cukup licin dengan kemiringan 85 derajat.

Padang Savana yang Luas

Seperti umumnya padang savana, padang rumput di Pulau Kenawa Sumbawa juga menawarkan lanskap berbeda tergantung musim. Jika berkunjung di musim hujan atau setelahnya, pengunjung bisa menikmati lanskap padang rumput yang hijau. Nampak indah sejuk di mata dengan barisan pohon di tepi pantainya.

Sementara itu, saat musim kemarau tiba, rumput yang menguning di padang savana cenderung gersang meski tetap menawan. Lanskapnya eksotis dengan daya tarik tersendiri. Nuansa kering tidak menyurutkan minat wisatawan karena seolah membawa mereka ke tempat yang jauh, seperti bukan di Pulau Sumbawa.

Fasilitas Wisata di Kenawa Island NTB
credit: agushong, CC BY 2.0

Taman Laut nan Menawan

Selain padang savana dan bukit yang mengagumkan, keindahan bawah laut di Pulau Kenawa Sumbawa Barat tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, lantaran saking jernihnya, pengunjung sudah bisa melihat ragam binatang laut dari permukaan. Lebih dari itu, taman bawah laut Kenawa Island masih alami terjaga.

Hanya dengan snorkeling, wisatawan bisa menyaksikan keragaman warna-warni terumbu karang, ikan-ikan lucu, dan ragam jenis biota laut lain. Dengan snorkeling di Pulau Kenawa, Anda seolah menyelami akuarium raksasa. Intinya, panorama bawah laut pulau ini bisa membuat siapapun takjub mengaguminya.

Aktivitas Wisata Menarik

Wisata Pulau Kenawa sejauh ini menjadi salah satu spot camping terfavorit di Kabupaten Sumbawa Barat. Dengan camping mendirikan tenda di sini, Anda bisa lebih puas menikmati liburan. Lebih puas melakukan berbagai kegiatan, termasuk berenang dan snorkeling yang merupakan aktivitas wajib di Kenawa Island.

Selain itu, pulau ini memiliki garis pantai berpasir putih yang indah memanjang hampir penuh melingkari pulau. Bersantai atau menyusuri pantai yang bersih dan landai adalah ide bagus. Temukanlah spot-spot terbaik untuk berfoto, terutama bagi Anda yang suka selfie maupun penggemar landscape photography.

Cara ke Kenawa Island Sumbawa Barat NTB
credit: Papudaengoyang, CC BY-SA 4.0, cropped

Fasilitas Wisata di Kenawa Island

Meski belum terlalu populer sebagai tujuan wisata di Indonesia, fasilitas wisata di Pulau Kenawa lumayan lengkap dan memadai. Di sejumlah titik di pinggir pantai sudah terdapat fasilitas tempat istirahat berupa berugak (gazebo). Untuk konsumsi, sejauh ini hanya tersedia satu warung makanan dan minuman di sini.

Sebagai tempat bilas, ada juga fasilitas toilet umum yang cukup bersih. Toilet tersebut bisa pengunjung gunakan secara gratis, namun tidak ada air bersih di dalamnya. Wisatawan perlu membeli air bersih yang dijual per galon di warung yang tersedia di Kenawan. Harga air bersih per galon di sini berkisar Rp 15.000.

Cara ke Pulau Kenawa Sumbawa

Pulau Kenawa berlokasi di Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Lihat Peta Lokasi. Apabila berangkat dari Pulau Lombok, khususnya dari Kota Mataram, Anda bisa berkendara ke Pelabuhan Kayangan. Jaraknya kurang lebih 80 kilometer atau 2 jam perjalanan berkendara.

Selanjutnya, menyeberang menggunakan kapal feri ke Pelabuhan Poto Tani di Pulau Sumbawa. Durasinya juga sekitar dua jam. Tak jauh dari Pelabuhan Poto Tano, temukanlah dermaga penyeberangan ke Pulau Kenawa. Lalu, sewa perahu nelayan (IDR 250K-300K) menuju pulau tersebut dalam durasi 20 menit saja.