Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Tengah
Kebumen
Pantai
Pantai Pecaron Kebumen - Harga Tiket Masuk, Rute & Fasilitas

Kecamatan Ayah merupakan tujuan populer bagi traveler penggemar pantai di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Tidak hanya pantai terkenal, di kawasan ini masih banyak pantai yang jarang diketahui. Selain Pantai Gebyuran yang eksotis, ada Pantai Pecaron Indah yang juga termasuk pantai tersembunyi di Kebumen.

Jadi, bila Anda suka pantai dan punya rencana liburan ke Kebumen, Kecamatan Ayah adalah destinasi wajib. Terutama jika suka pantai tersembunyi, berkunjung ke Pantai Pecaron bisa menjadi ide yang bagus. Lokasinya terletak di Desa Srati atau di sebelah timur Pantai Menganti, salah satu pantai terkenal di Kebumen.

Daya Tarik Wisata Pantai Pecaron

Sebagai pantai tersembunyi yang tidak banyak diketahui, pantai yang terkadang disebut Pantai Pecaron Indah ini memiliki suasana yang sepi. Lanskap pantainya sering kali hanya disaksikan wisatawan dari bukit di Pantai Menganti. Karena itu, pantai ini seolah private beach bagi mereka yang sudah pernah mendatanginya.

Seperti umumnya pantai di kawasan Ayah, pantai ini dibatasi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi bagian dari kawasan karst Gombong Selatan. Lanskapnya cenderung eksotis dengan dinding perbukitan, hamparan pasir hitam yang kaya sebaran batu-batu. Serta, perairan laut Samudra Hindia yang luas membentang.

Pantai Pecaron Kebumen menyajikan suasana yang cukup teduh dengan barisan pepohonan kelapa yang lumayan rapat. Tidak jarang masyarakat sekitar terlihat mengambil air nira kepala di pantai untuk membuat gula jawa. Ombaknya cukup besar, meski di beberapa titik ombak bersahabat karena terhalang batu karang.

Selain itu, kawasan pantai yang terletak di antara Pantai Surumanis dan Pantai Menganti ini juga mencakup muara sungai yang tenang berlatarkan perbukitan hijau yang menawan. Sekedar bersantai menikmati suasana sambil mengagumi keindahan alam bisa menjadi aktivitas terbaik, selain bermain air di bibir pantai.

Bisa juga menjelajah menyusuri hamparan pasir yang landai dan luas, memulai dari sisi timur ke arah barat. Khususnya bagi traveler pecinta fotografi, pastinya banyak spot yang instagenik di pantai ini. Di antara Pantai Menganti dan Pantai Pecaron ada pantai lain yakni Pantai Karangbata, Anda bisa juga mendatanginya

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meskipun tidah bisa dikatakan benar-benar lengkap, terdapat beberapa fasilitas di Pantai Pecaron Kebumen. Selain lahan parkir, di sini juga ada mushola, saung-saung gazebo, mushola, dan area camping. Namun akses jalan agak rusak. Harga tiket masuk Rp 15.000 termasuk parkir. Tambah Rp 5.000 bila ingin berkemah.

Rute ke Pantai Pecaron Kebumen

Lokasi Pantai Pecaron Indah terletak di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kurang lebih 43 kilometer jaraknya dari Kota Kebumen atau sekitar 1 jam perjalanan berkendara melalui Jalur Lintas Selatan. Pantai ini berlokasi di sebelah timur Pantai Menganti atau di sisi barat Pantai Surumanis.

Dari Kebumen, Anda bisa memakai rute ke Pantai Menganti. Menuju selatan ke Jalur Lintas Selatan, melewati Petanahan, Puring, dan Karangbolong. Sebelum Pantai Menganti, belok kiri ketika mendapati spanduk bertuliskan nama pantai ini. Tepatnya di sekitar tanjakan berkelok bernama Tanjakan Tutukan. Lihat Peta