Rammang-Rammang Maros - Fasilitas, Harga Tiket, dan Rute Lokasi

Sebagai salah satu kabupaten penyangga Kota Makassar, Maros merupakan tujuan wisata yang menarik di Sulawesi Selatan. Objek wisatanya sangat bervariasi mulai dari wisata alam, religi, kuliner, seni dan budaya, sejarah, serta edukasi. Di antara sekian tempat wisata di sana, Rammang-Rammang termasuk yang wajib Anda kunjungi.

Rammang-Rammang Maros Sulsel
credit: instagram.com/uchenklandscape

Bagi Anda yang memiliki rencana liburan ke Makassar, berkunjung ke Taman Nasional Geopark ini adalah ide yang bagus. Lokasinya di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel). Baca ulasan berikut ini untuk mengetahui daya tarik, fasilitas wisata, harga tiket, dan rute untuk mencapai lokasinya.

Daya Tarik Rammang-Rammang Maros

Rammang-Rammang adalah bentang alam yang berupa gugusan pegunungan karst. Bagian dari pegunungan kapur (karst) Maros-Pangkep yang merupakan kawasan karst terbesar ketiga di dunia yang luas areanya mencapai 43700 hektare. Terdapat setidaknya 280 goa di kawasan ini dan 16 goa di antaranya menyandang status situs prasejarah.

Terkait pariwisata, kawasan wisata karst Rammang-Rammang Maros terbuka sebagai destinasi wisata sejak kisaran tahun 2015 melalui Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis). Kemudian, menjadi Taman Nasional Geopark tahun 2017. Dan saat ini, sedang dalam proses menjadi UNESCO Geopark Global atau geopark tingkat internasional.

Taman Nasional Geopark yang mencakup dua dusun, yakni Rammang-Rammang dan Kampung Berua menyajikan lanskap alam yang unik eksotik. Selain menghadirkan nuansa tradisional rumah panggung, kawasan ini juga menyajikan lanskap sungai dan hutan batu yang tinggi. Kampung Berua sendiri ikonik dengan menara karst dan goa purba.

Nuansa prasejarah demikian kental. Gugusan pegunungan kapur telah terbentuk jutaan tahun yang lalu dan dihuni manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Di tempat wisata ini wisatawan bisa melihat peninggalan manusia purba berupa lukisan di dinding-dinding tebing berusia 40.000 tahun, termasuk cap telapak tangan di dinding goa.

Tidak hanya wisata prasejarah. Di Kampung Berua yang indah juga terdapat Telaga Bidadari yang konon merupakan tempat mandi para bidadari. Pada musim hujan, menara alam karst di sini terbelah oleh sungai air tawar dan air asin di musim kemarau. Pemandangannya begitu eksotik dan khas dengan suasana yang menenangkan.

Objek wisata Rammang Rammang menawarkan banyak aktivitas dan spot menarik bagi wisatawan. Di antaranya adalah susur sungai dengan perahu jolloro, taman batu, sepak labbua, sosokeng, dan goa prasejarah. Selain itu, ada juga opsi watching bird, night tour, Kampung Budaya Massaloeng, dan Kampung Berua sebagai ikon wisatanya.

Fasilitas Wisata Geopark Rammang-Rammang
credit: instagram.com/uchenklandscape

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas wisata Rammang-Rammang saat ini sudah cukup lengkap dan memadai. Selain sejumlah spot yang tersebut di atas, di sini juga terdapat berbagai spot buatan berupa balon udara, Sky B (bric, bike & boat), dan banyak lagi lainnya. Ada juga beberapa spot foto yang menarik dan cafe unik di bukit maupun di dalam goa karst.

Fasilitas lain mencakup lahan parkir yang luas, balai pertemuan, cafetaria, jungle tracking, serta outbound. Lalu, tersedia mushola, kios suvenir berupa aneka kerajinan kayu, kamar mandi umum, penyewaan perahu dan lain sebagainya. Untuk tempat menginap, terdapat beberapa opsi penginapan berupa homestay di lokasi wisatanya.

Bagaimana dengan harga tiket masuk Rammang-Rammang Maros? harga tiketnya Rp 5.000. Perahu susur sungai Rp 350.000, dan tarif masuk beberapa spot wisata umumnya Rp 10.000. Ada juga opsi atraksi wisata seperti watching bird, rock climbing, serta pertunjukan seni budaya dengan harga mulai 300 ribuan-1 juta rupiah.

Rute Lokasi Wisata Karst Kampung Berau Maros
credit: instagram.com/uchenklandscape

Rute dan Lokasi Rammang-Rammang

Wisata karst Rammang-Rammang beralamat di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kurang lebih 46 kilometer atau 1 jam perjalanan berkendara dari Kota Makassar. Lihat Peta Lokasi. Selanjutnya, Anda bisa mencapai spot utama, yakni Kampung Berua dengan naik perahu, biayanya sekitar 200-300 ribu PP.