Pulau Labengki Sultra - Daya Tarik Wisata & Cara ke Labengki Island

Indonesia menyimpan ragam daya tarik alam di seluruh wilayahnya. termasuk di Sulawesi Tenggara (Sultra). Provinsi yang beribu Kota Kendari ini mempunyai banyak pilihan wisata bahari. Selain Wakatobi yang terkenal, di sana juga ada Pulau Labengki. Pulau yang indah ini adalah destinasi baru di daerah Konawe Utara.

Pulau Labengki Sulawesi Tenggara
credit: instagram.com/nikeniga

Bila Sulawesi Tenggara adalah tujuan wisata Anda kali ini, berlibur ke Pulau Labengki bisa menjadi ide yang sempurna. Pulau ini berada di wilayah Lasolo Kepulauan, Konawe Utara. Baca ulasan di bawah ini untuk mengetahui daya tarik wisata, fasilitas, dan cara ke pulau tersebut. Termasuk juga info biaya wisatanya.

Daya Tarik Wisata Pulau Labengki

Sama halnya dengan Pulau Sombori Sulawesi Tengah, keindahan Pulau Labengki Sulawesi Tenggara juga menawarkan pemandangan bak Raja Ampat Papua. Meskipun berbeda provinsi, kedua pulau ini sering kali dijadikan satu paket wisata karena lokasinya tidak terlalu jauh. Jarak keduanya kurang lebih satu jam melalui perjalanan laut.

Dalam hal pariwisata, Pulau Labengki merupakan destinasi wisata baru. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mempromosikannya melalui Festival Labengki 2021. Di salah satu titik terbaiknya, kita bisa menyaksikan citra Pulau Wayag Raja Ampat dengan sejumlah pulau karang yang tersebar acak hingga di tengah perairan lautnya.

Tidak hanya itu, Labengki Island memiliki berbagai spot alam yang menarik dan indah. Di sini juga ada Danau Mahumalalang atau Blue Lagoon. Ini adalah salah satu laguna tereksotis di Indonesia dengan air berwarna toska yang berbenteng formasi bebatuan karang tajam mengagumkan. Butuh kehati-hatian apabila ingin mendakinya.

Tempat wisata lain di Pulau Labengki Konawe Utara yang tak kalah indahnya adalah Teluk Cinta. Bersama dengan Kimaboe Hills, Teluk Cinta merupakan ikon wisata Labengki Islands. Perihal namanya, nama Teluk Cinta merujuk bentuknya yang mirip hati bila kita lihat dari ketinggian. Lagi-lagi, perlu mendaki untuk mencapainya.

Butuh durasi wisata yang panjang agar puas menikmati liburan di Labengki Island. Pasalnya, pulau ini berupa kepulauan yang terdiri dari Pulau Labengki Besar dan Kecil, serta beberapa pulau kecil lainnya. Pantainya juga sangat indah dengan pasir putih yang panjang. Lalu, terdapat juga Laguna dan Goa Tobelo yang tersembunyi.

Selebihnya bagi pecinta snorkeling dan diving, pesona bawah laut Labengki sangat luar biasa indahnya. Bahkan, underwater Labengki memungkinkan wisatawan melihat langsung kima raksasa yang terbesar kedua di dunia. Terkait hal ini, Labengki Islands adalah zona konservasi alam dengan sebutan giant clam marine park reservation.

Jika beruntung, wisatawan bisa menyaksikan kawanan lumba-lumba berenang bebas di perairan. Selain menjelajahi spot-spot terbaik, bermain di pantai, snorkeling dan diving, aktivitas menarik di pulau ini adalah memancing. Perairan Labengki banyak menyimpan kakap merah, tuna sirip kuning, kerapu, barakuda, hingga ikan layar.

Biaya Wisata ke Pulau Labengki Sultra
credit: instagram.com/nikeniga

Fasilitas Wisata di Pulau Labengki

Labengki merupakan kawasan kepulauan di timur laut Sulawesi Tenggara yang terdiri dari Pulau Labengki Besar dan Labengki Kecil, serta beberapa pulau kecil yang lainnya. Labengki Besar menjadi yang terbesar di Kawasan Taman Wisata Alam Laut Teluk Lasolo. Masyarakat yang menempati kepulauan ini adalah Suku Bajo.

Meskipun termasuk destinasi wisata baru di Sulawesi Tenggara, fasilitas wisata di Labengki Island cukup lengkap dan memadai. Bahkan di sini terdapat 3 jenis penginapan, homestay dengan tarif paling murah, cottage bernuansa romantis. Serta, resort yang mewah, sebagian ada yang menyediakan fitur kayak dan snorkeling di lokasinya.

Kunjungan wisata ideal ke pulau ini setidaknya memakan durasi 3 hari 2 malam. Terutama jika Anda memutuskan untuk melebar hingga ke Pulau Sombori. Selain pilihan tempat menginap yang tersebut di atas, Anda juga bisa memilih menginap di rumah masyarakat suku Bajo. Atau, camping dengan mendirikan tenda di Pantai Pasir Panjang.

Cara ke Labengki Island Sulawesi Tenggara
credit: instagram.com/nikeniga

Biaya dan Cara ke Labengki Islands

Secara administratif, Labengki Islands berlokasi di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara Peta Lokasi. Untuk mencapainya, Anda bisa memulai perjalanan ke Kota Kendari dan menuju ke Toli-Toli Konawe Utara melalui perjalanan darat. Lalu, naik kapal sekitar 3 jam ke Labengki.

Sejauh ini, wisatawan yang berlibur ke Labengki Sulawesi Tenggara banyak yang memanfaatkan jasa paket wisata demi kemudahan. Paket ini biasanya sudah termasuk penjemputan dari Bandara Kendari, kapal, alat snorkeling, penginapan, makan, dan foto dokumentasi. Biayanya sekitar 1,2 juta sudah termasuk ke Pulau Sombori Sulteng.