Green Canyon Pangandaran - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, Rute

Pesona alam Indonesia yang tersebar merata di tiap wilayahnya senantiasa memicu decak kagum siapa saja. Di Pangandaran misalnya. Kabupaten di Jawa Barat ini tidak hanya kaya pantai yang indah, namun juga punya ngarai hijau yang eksotis. Cukang Taneuh namanya. The Green Canyon Pangandaran nama populernya

Green Canyon Pangandaran Jawa Barat
credit: AFW Photography, CC BY-NC 2.0

Jadi, bila ada rencana liburan ke Pangandaran, Green Canyon adalah salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi. Alamatnya di Karangpaci, Kertayasa, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Untuk informasi lebih rinci terkait daya tarik wisata, harga tiket masuk, fasilitas, rute lokasi, baca ulasan wisata berikut ini.

Daya Tarik Green Canyon Pangandaran

The Green Canyon Pangandaran atau Cukang Taneuh merupakan objek wisata alam berupa lembah atau ngarai indah yang dilewati aliran Sungai Cijulang. Pemandangannya menawan dengan tebing menjulang berselimut hijau tetumbuhan. Juga, berhiaskan stalaktit stalakmit goa dan air terjun yang mengagumkan.

Masyarakat setempat menyebut tempat ini Cukang Taneuh karena ada jembatan alami yang melintang di atas sungai. Cukang Taneuh berarti jembatan tanah. Jembatannya hingga kini berfungsi, digunakan warga untuk melintasi sungai. Adapun nama Green Canyon dipopulerkan oleh orang Prancis bernama Bill John.

Istilah Green Canyon (ngarai hijau) merupakan plesetan dari Grand Canyon yang ada di Colorado Amerika Serikat. Apabila Grand Canyon tercipta dari Sungai Colorado, Green Canyon terbentuk dari aliran Sungai Cijulang. Aliran airnya mengakibatkan erosi tanah, selama jutaan tahun hingga akhirnya mampu menembus goa.

Sepanjang perjalanan mengarungi sungainya yang hijau kebiru-biruan dengan sedikit jeram, wisatawan bisa menyaksikan panorama alam yang mengagumkan. Sungainya teduh karena terapit dinding bebatuan tinggi berlumut. Sangat eksotis, khususnya di bagian stalaktit yang merembeskan air, seolah hujan abadi.

Selain itu, di Green Canyon Pangandaran juga ada sejumlah air terjun kecil di kiri dan kanan bernuansa sejuk menenangkan. Di sudut paling ujung terdapat sebuah tempat dengan goa sebagai rumah kelelawar. Aktivitas di sini memang lebih banyak di air. Menyusuri sungai dengan perahu sambil menikmati alamnya.

Pastikan tidak berkunjung di musim hujan karena airnya keruh dan besar. Waktu terbaik ke Green Canyon Pangandaran adalah musim kemarau saat airnya bening dan segar. Selain susur sungai dengan perahu, wisatawan juga bisa berenang. Body rafting adalah salah satu kegiatan favorit wisatawan yang semestinya Anda coba.

Body rafting mirip arung jeram namun tanpa rakit atau dayung. Satu rombongan biasanya berisi 5 orang. Aktivitas menarik lainnya adalah memancing, jumping, serta panjat tebing. Tempat wisata ini mencakup beberapa titik atraksi wisata, di antaranya Gua Cukang Taneuh, Batu Tengah, Batu Payung, serta Pemandian Putri.

Fasilitas Wisata Green Canyon Cukang Taneuh
credit: instagram.com/ariemohr

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai destinasi wisata populer di Pangandaran, Green Canyon sudah memiliki fasilitas yang memadai. Selain dermaga perahu, di kawasan ini telah tersedia pusat informasi, ruang tunggu, dan mushola. Juga, lahan parkir yang luas, toilet atau kamar mandi umum, tempat oleh-oleh, dan berbagai fasilitas lainnya.

Selain itu, banyak warung atau tempat makanan dan minuman. Apabila membutuhkan tempat menginap, mudah mendapatkan berbagai jenis penginapan atau hotel tidak jauh dari lokasinya. Untuk harga tiket masuk Green Canyon di Pangandaran menjadi satu paket dengan aktivitas wisata yang dipilih oleh pengunjung.

Biaya susur sungai dengan perahu kurang lebih sebesar IDR 200.000 per perahu PP. Kapasitas maksimal enam orang dengan durasi 30-45 menit. Untuk body rafting biayanya sekira IDR 225.000 per orang sudah termasuk pick up, tiket Green Canyon, dua orang pemandu, peralatan lengkap, asuransi, dan makan siang.

Harga Tiket Masuk Green Canyon Pangandaran
credit: AFW Photography, CC BY-NC 2.0

Rute Lokasi Green Canyon Pangandaran

Wisata Green Canyon Pangandaran berlokasi di Jalan Raya Cijulang, Karangpaci, Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. Lokasinya berjarak sekira 3 kilometer atau 6 menit berkendara dari Alun-Alun Cijulang. Kurang lebih 28 kilometer atau 40 menit berkendara terminal dan Pantai Pangandaran.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa juga naik angkutan umum dari Terminal Pangandaran. Naik angkutan umum jurusan Terminal Cijulang yang beroperasi mulai 05:00-19:00 WIB. Rute sebaliknya dari Terminal Cijulang ke Terminal Pangandaran, jam operasional angkutan umum mulai 05:00-16:00 WIB.

Sesampainya di Terminal Cijulang, lanjut dengan naik ojek atau sewa mobil menuju Dermaga Ciseureuh. Dermaga itulah tempat Anda awal menyusuri Green Canyon. Objek wisata ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08:00-16:00 WIB. Khusus untuk hari Jumat, jam buka mulai pukul 13:00-16:00 WIB. Lihat Peta Lokasi.