Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Tengah
Kebumen
Pantai
Pantai Menganti Kebumen - Daya Tarik, Fasilitas & Harga Tiket

Sebagai tujuan wisata yang cukup terkenal di Jawa Tengah, salah satu daya tarik Kebumen adalah pantai-pantai indah dengan bentang perairan laut Samudra Hindia. Pantai Surumanis termasuk salah satu yang terkenal di sana. Tidak hanya itu, di Kebumen juga terdapat Pantai Menganti yang tak kalah popularitasnya.

Jelajah pesisir Kebumen merupakan pilihan bagus dalam agenda liburan Anda. Tentu, Pantai Menganti wajib masuk di dalam daftar kunjungan Anda. Pantai ini berada di Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen. Untuk info lebih detail mengenai rute, harga tiket masuk, dan fasilitasnya, baca ulasan berikut.

Daya Tarik Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti merupakan sebuah batas alam dengan pemandangan eksotis di sisi selatan Kabupaten Kebumen yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Panorama alamnya khas menawarkan perpaduan benteng perbukitan karst dengan luasnya lautan yang membiru. Demikian sedap di pandang mata.

Berkat keindahan alamnya, tidak salah bila pantai ini masuk dalam jajaran pantai terindah di Jawa Tengah. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa panorama di pantai ini sekilas mirip New Zealand (Selandia Baru). Lanskapnya yang menawan selalu tersaji di sepanjang waktu, termasuk saat matahari terbit dan terbenam.

Intinya, Pantai Menganti Kebumen adalah destinasi wajib bagi petualang pantai seperti Anda. Kaya spot menarik di atas bukit yang masing-masing menawarkan sudut keindahan berbeda. Terutama bagi traveler kekinian pecinta fotografi dan selfie, mudah mendapatkan spot foto yang instagramable di kawasan pantai ini.

Salah satu spot paling terkenal adalah Bukit Si Gatel di sisi utara yang sejauh ini populer sebagai tempat terbaik menyaksikan sunset. Sementara itu, panorama sunrise yang menakjubkan bisa dinikmati hampir di semua sudut pantai ini. Bisa di atas perbukitan maupun di pesisir pantainya yang berpasir putih benderang.

Menjelajah merupakan aktivitas wisata terbaik di sini karena banyak sudut yang mesti didatangi. Selain Bukit Si Gatel, ada Lembah Menguneng yang instagenik, Tanjung Karang Bata yang merupakan Gunung Api Purba, serta Tebing Bidadari nan menakjubkan. Ada juga Jembatan Merah, balon udara, sepeda gantung, dll.

Pantai Menganti di Kebumen juga cocok bagi para pecinta surfing atau selancar lantaran ombak mendukung untuk kegiatan tersebut. Festival Selancar tingkat Nasional pun pernah diadakan, tepatnya di saat pembukaan pantai ini sebagai objek wisata pada tahun 2011. Suka camping? tersedia camping ground di sini.

Seperti umumnya pantai selatan Pulau Jawa, sejarah Pantai Menganti Kebumen juga diselimuti mitos Nyi Roro Kidul. Sedangkan nama Menganti dihubungkan dengan legenda panglima perang Majapahit yang menanti kekasihnya di pantai karena hubungan keduanya tidak direstui raja. Menganti bisa berarti menanti.

{next}

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas wisata Pantai Menganti tergolong lengkap dan memadai. Seperti yang tersebut di atas, kawasan pantainya mencakup sejumlah spot yang selain cocok untuk foto, sebagian juga ideal untuk kegiatan outbond. Wahana wisata berupa balon udara, jembatan merah, sepeda gantung, camping ground juga tersedia.

Fasilitas yang lainnya mencakup fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, mushola, tempat istirahat berupa gazebo atau pondokan, serta toilet. Jajaran warung makanan dan minuman tersedia di kawasan pantai ini. Apabila berminat camping, selain bawa tenda sendiri, bisa juga menyewa tenda seharga Rp 100.000.

Bila butuh tempat menginap, tersedia penginapan di Pantai Menganti Kebumen berupa villa. Tarif per malam mulai dari Rp 250.000-500.000. Untuk harga tiket masuk Pantai Menganti, yang terbaru wisatawan membayar Rp 20.000. Biaya tiket tersebut sudah termasuk asuransi, parkir kendaraan, serta fasilitas shuttle.

Rute Lokasi Pantai Menganti Kebumen

Kawasan pantai ini berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini berada di sebuah tanjung, sekira 30 menit ke arah barat dari Pantai Surumanis. Kurang lebih satu jam durasi berkendara, baik dari Kota Kebumen, Gombong, maupun dari Waduk Sempor. Lihat Peta Lokasi.

Rute ke Pantai Menganti mudah tapi melewati kawasan perbukitan yang berliku naik turun. Jika berangkat dari Kebumen, Anda bisa teruskan perjalanan ke arah selatan lalu belok ke arah barat di Jalur Pantai Selatan Jawa. Rute ini melewati area Petanahan, Puring, Karangbolong, terus ke arah barat hingga tiba di pantainya.