Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Kota Batu
Malang Raya
Coban Talun Batu - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, dan Rute

Kota Batu Jawa Timur adalah kota yang cantik. Kota ini dipilih wisatawan dari segala penjuru Indonesia sebagai salah satu tempat ideal meluapkan kebahagiaan mereka. Kaya akan obyek wisata, baik wisata modern maupun wisata alam. Air terjun Coban Talun salah satunya

Demi memanjakan para pengunjung, kebanyakan tempat wisata alam di Kota Batu diperkaya dengan ragam wahana dan atraksi. Selain Paralayang Gunung Banyak dan Air Terjun Coban Rondo, air terjun Coban Talun kini juga makin meriah dengan berbagai wahana bertemakan alam.

Daya Tarik Wisata Coban Talun Batu

Wanawisata yang cukup dekat dengan Taman Rekreasi Selecta ini benar-benar menyambut siapa saja dengan dinginnya udara Kota Batu. Bahkan semenjak di perjalanan dari kota menuju lokasi, wisatawan akan dijamu pemandangan perbukitan yang berjajar di sisi barat Gunung Arjuno.

Di sepanjang jalan itu pula banyak wisata berbasis apel dan bunga atau tanaman hias. Coban Talun sendiri merupakan air terjun dengan ketinggian sekira 75 meter. Berada pada ketinggian 1000-an mdpl yang secara administratif berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Air terjun yang merupakan hulu dari Sungai Brantas ini memiliki debit air yang cukup besar hingga terciptalah kabut uap air yang cukup luas. Air yang jatuh bak kapas tersebut senantiasa membatasi rimbun hijau tetumbuhan yang menyelimuti tebing berwarna basah nan elegan.

Sementara itu, dasar permukaan air terjunnya didominasi oleh bebatuan dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Kesan elegan sangatlah terasa, terlebih melalui komposisi batu-batuan yang cenderung licin dan basah menimbulkan warna khas bebatuan yang mengkilap.

Di beberapa areanya juga ada wahana yang sengaja diciptakan agar pengunjungnya enggan pulang. Perhutani sebagai pihak pengelola bekerjasama dengan pihak swasta. Beberapa fitur rekreasi telah ditambahkan demi melayani keragaman usia, minat dan kebutuhan wisatawan.

Tidak jauh dari lokasi parkir yang berkisar 1 kilometer dari air terjun, terdapat kebun bunga yang di desain sedemikian rupa. Selain itu, ada juga wahana Apache berupa kampung indian serta penginapan unik bernama Pagupon Camp untuk melayani wisatawan yang ingin bermalam.

Rute ke Lokasi Air Terjun Coban Talun

Seperti yang telah tersebut di awal artikel ini, wisata air terjun Coban Talun Batu terletak cukup dekat dengan Taman Rekreasi Selecta, jaraknya kurang lebih 3,5 kilometer. Dari Alun-Alun Kota Batu Anda bisa melanjutkan perjalanan berkendara ke arah Selecta-Cangar.

Rute menuju lokasi air terjun ini sangatlah mudah. Untuk transportasi umum, ada juga angkutan berwarna merah muda yang bisa mengantar sampai di gang yang menjadi pintu masuk tempat wisata ini. Dari gang itu, loket pembayaran karcis berjarak sekitar 50 meter. Lihat Peta.

{next}

Aktivitas yang Menarik untuk Dilakukan

Berkunjung ke Coban Talun, tentu saja tetaplah fokus pada destinasi wisata utama, yakni air terjunnya. Meskipun Anda akan tergiur dengan beragam wahana di sekitar, percayalah keindahan Coban Talun tetap memegang kendali yang memastikannya untuk tetap diutamakan.

Siapkanlah energi, masuki kemolekan alam bernuansa sendu dan persiapkanlah banyak rasa bahagia dan ketakjuban. Awalnya dari lokasi parkir, Anda mesti berjalan sekitar 1 kilometer melewati lereng bukit. Mencoba teliti akan keindahan selama perjalanan itu adalah ide bagus.

Citra alam pegunungan cukup kentara dalam naungan hutan pinus. Nikmatilah keharmonisan nada-nada alam melalui lembut semilir angin, gemeretak ranting-ranting, atau satwa-satwa hutan yang sedang berdendang. Mengingat jalanan yang cenderung menurun terjal, berhati-hatilah!

Berjalanlah santai sembari tetap nyaman dalam nuansa kesejukan. Tentu, trekking ini singkat dan ideal untuk wisatawan dari berbagai usia. Tidak jarang, yang berusia lanjut dan anak-anak pun ikut serta. Semuanya berbahagia, terlebih saat mereka sadari bahwa air terjun sudah di depan mata.

Setiap orang memiliki cara unik untuk mendefinisikan keindahan. Jadi, datanglah dan deskripsikan sendiri keindahan Coban Talun Batu sesuai dengan kacamata ketakjuban Anda. Umumnya, tradisi kebanyakan wisatawan adalah berswafoto dengan latar belakang alam yang tersaji.

Hanya saja, adalah lebih baik jika tersedia energi lebih dalam penghayatan untuk menumbuhkan rasa kecintaan pada alam. Wisata kali ini milik Anda, jadi lakukan apapun asal tetap beretika. Perlu Anda ketahui, permukaan air terjun Coban Talun didominasi oleh bebatuan licin, hati-hati!

Selain karena tempias air terjun dengan debit besar, uap air di sekitarnya umumnya berskala luas. Setelah puas, jangan lupa di sekitar lokasi parkir juga ada kebun bunga. Dalam naungan hutan pinus, bunga beraneka rupa dan warna berpadu dengan beberapa properti seperti payung.

Wahana Apache juga ada dan cobalah menikmatinya. Tidak lupa, Pagupon Camp sebagai tempat menginap yang unik. Lengkap dengan beragam fasilitas seperti taman, rumah pohon, hammock dll. Ada lagi, OYOT (Obyek Wisata Coban Talun) sebagai spot wisata tambahan sejak tahun 2018.

{next}

Fasilitas Wisata dan Opsi Akomodasi

Mengingat Kota Batu adalah kota wisata, umumnya tempat wisata di kota ini telah lengkap dengan fasilitas yang memadai. Hal ini juga berlaku pada Air Terjun Coban Talun. Lahan parkirnya luas, serta ada tempat ibadah (mushola), balai serbaguna dan toilet atau kamar mandi umum.

Selain itu, di areanya juga terdapat beberapa warung atau kantin penjual makanan dan minuman. Ingin menginap? bisa coba sensasi bermalam di Pagupon Camp. Sebuah penginapan berbentuk sangkar burung merpati yang mana satu rumah memuat satu kamar tidur dan kamar mandi.

Pagupon Camp juga memiliki mushola, kantin, rumah pohon dan aneka fasilitas pendukung lain. Jika ingin lebih dekat dengan alam, bisa ke bumi perkemahan Coban Talun dan mendirikan tenda di sana. Selain itu, di Kota Batu sendiri banyak pilihan akomodasi dan penginapan.

Rekomendasi Hotel di Kota Batu

Fasilitas yang lain termasuk Warung Oyot, DAM Cinta, berkuda, kolam perahu bebek, play ground, gazebo, dan kolam pancing lele. Ada juga penyewaan motor trail dan ATV. Meski agak jauh, sebenarnya di sini juga ada jasa rafting. Bukanlah ide buruk jika Anda ingin mencobanya.

Harga Tiket Masuk Coban Talun Batu

Seiring dengan penambahan wahana dan fasilitas yang ada, harga tiket masuk Coban Talun secara bertahap naik hingga IDR 10.000 pada awal 2018. Untuk saat ini, tiket masuk terbaru adalah IDR 15.000 per orang. Harga tiket masuk selengkapnya bisa dilihat dalam daftar berikut:

KeteranganHarga
Tiket Masuk Coban TalunRp 15.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000
Apache Camp & Pagupon Camp
Tiket Masuk@ Rp 5.000
MenginapRp 300.000 - Rp 500.000 / malam
Note: harga tiket Coban Talun dan spot wisata lain yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.