Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Malang
Malang Raya
Coban Rondo Malang, Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket & Rute

Coban Rondo merupakan objek wisata alam populer di Malang Raya. Meski secara administratif terletak di Kabupaten Malang, air terjun ini dekat Kota Batu dan menjadi tujuan favorit. Lokasi tepatnya berada di Dusun Krajan, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Coban Rondo

Sebagai tempat wisata, air terjun ini tergolong yang paling tua di Malang. Hingga saat ini tetap menjadi salah satu destinasi favorit karena pesona alamnya. Berada di ketinggian 1135 mdpl, aliran air jatuh dari tebing setinggi 84 meter dalam debit yang besar, 90 liter - 150 liter per detik.

Menariknya, coban ini merupakan bagian terendah dari serangkaian air terjun yang berada di atas. Dari air terjun Coban Manten, turun ke Coban Dudo lalu ke Coban Rondo. Penamaan air terjun ini juga unik, terkait legenda Dewi Anjarwati dan suaminya yang bernama Raden Baron Kusumo.

Singkat cerita, pasutri tersebut bepergian melewati air terjun dan dihadang pria asing bernama Joko Lelono. Dia terpikat kecantikan Dewi Anjarwati lalu mengajak duel suaminya. Raden baron meminta istrinya sembunyi di balik air terjun. Dua pria itu pun berkelahi hingga keduanya tewas.

Pada akhirnya, tinggal Dewi Anjarwati seorang diri di balik air terjun meratapi nasibnya yang kini menjadi janda atau rondo dalam bahasa Jawa. Sementara itu, istilah air terjun di Jawa Timur disebut coban. Berdasarkan legenda Dewi Anjarwati itulah air terjun ini dinamakan Coban Rondo.

Selain karena keindahan dan suasana alam yang sejuk, tempat wisata ini disukai karena selalu berkembang. Saat ini terdapat beberapa opsi wisata kekinian di sekitarnya. Juga, dilengkapi berbagai atraksi dan wahana bertema alam seperti berkuda atau bersepeda menjelajah hutan, dll.

Aktivitas outbond sangat populer di Coban Rondo. Pengunjung juga bisa camping, melihat koleksi satwa, atau melihat koleksi tanaman obat dan bunga hias. Lebih dari itu, di sini juga terdapat Taman Labirin yang terkenal sebagai salah satu tempat paling instagramable di Batu Malang.

Harga Tiket dan Jam Buka

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB hingga 17.00 WIB. Untuk sekarang, tiket masuk air terjun Coban Rondo menjadi satu paket dengan sejumlah atraksi dan wahana. Harga tiket termasuk tiket masuk Taman Labirin, bersepeda, shooting target, dan wahana panahan.

Tarif tiket untuk weekday (hari biasa) sebesar Rp 35.000, sementara untuk weekend (hari libur) sebesar Rp 40.000. Biaya tambahan untuk parkir kendaraan sekitar Rp 10.000. Bila pengunjung ingin berkuda biayanya Rp 15.000, wahana ATV Rp 30.000, camping dan outbond Rp 30.000.

{next}

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas di Coban Rondo lengkap dan memadai. Semua fasilitas dasar tersedia seperti toilet, area parkir kendaraan, dan tempat ibadah. Di areanya juga banyak tempat makan, toko suvenir dan oleh-oleh. Banyak juga opsi penginapan, homestay, hotel, dan vila. Berikut rekomendasinya:

Rute Lokasi Coban Rondo

Untuk transportasi umum dari Malang, kamu bisa mulai dari Terminal Arjosari dan naik angkutan ke Terminal Landungsari, lalu naik bus jurusan Kediri atau Jombang. Setelah melewati Kota Batu, turun di pertigaan Patung Sapi Pujon. Berikutnya kamu bisa naik ojek ke lokasi air terjun.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi dari Malang lanjut ke arah Pujon melewati Kota Batu. Patokannya adalah pertigaan Patung Sapi di dekat perbatasan Kabupaten Malang dan Kota Batu. Lokasi pertigaan tersebut tidak terlalu jauh dari Wisata Payung di Songgoriti. Lihat Peta

Demikian informasi terkait kawasan wisata Coban Rondo di Malang. Liburan ke air terjun ini memungkinkan kamu melebar ke beberapa tempat wisata lain, termasuk Paralayang Batu. Jika kamu ingin menjelajahi air terjun di Malang, baca juga Air Terjun Terindah di Malang.