Beranda
Destinasi Wisata
Lombok
NTB
Pantai
Pulau
Gili Meno Lombok - Aktivitas, Fasilitas, serta Cara ke Gili Meno

Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau Gili di barat laut Lombok yang bisa menjadi destinasi terbaik dalam rencana wisata kali ini. Meski sama-sama menonjol sebagai kawasan wisata bahari, Meno sangat kontras dengan pulau tetangganya, yakni Gili Trawangan yang penuh pesta.

Gili Meno bisa dikatakan sebagai pulau paling mellow, termasuk jika pembandingnya adalah Gili Air. Suasananya lebih damai dan tenang, ideal bagi pasangan yang menghendaki alam dan romansa jauh dari keramaian. Andakah itu? datanglah dan nikmati liburan penuh ketakjuban.

Meno memang lebih sepi ketimbang Gili T dan Gili Air. Meski demikian, pantainya lebih indah dan alami. Satu yang paling khas dari pulau ini adalah Meno Wall. Meno Wall adalah spot diving terbaik menikmati keindahan bawah laut, tempat berenang penyu-penyu di pagi dan sore hari.

Aktivitas Menarik di Gili Meno

Salah satu ide terbaik adalah memulai aktivitas ketika pagi masih gelap. Pastikan sebelumnya telah mendapat sepeda, ada beberapa penyewaan sepeda di pulau ini. Opsi transportasi hanya sepeda dan cidomo (kereta kuda) karena aturan lokal melarang penggunaan kendaraan bermotor.

Kayuhlah sepeda Anda hingga tiba di sebelah timur pulau untuk bisa menikmati keindahan matahari terbit. Tempat terbaik menyaksikan sunrise berlokasi tidak jauh dari Karma Reef. Tepatnya di sekitar Jetty Bar, atau berada di dekat titik penurunan penumpang kapal cepat.

Pulau Gili di Lombok terkenal keindahan bawah lautnya, apalagi gili satu ini memiliki spot Meno Wall. Oleh karena itu snorkeling dan diving merupakan aktivitas populer di sana. Jika diving lebih menuntut sertifikasi dan keahlian khusus, snorkeling bisa menjadi alternatifnya.

Untuk snorkeling di Gili Meno, wisatawan bisa dengan mudah menyewa peralatan dari penduduk setempat. Sementara untuk diving, ada beberapa sekolah menyelam yang dapat Anda pilih untuk memandu penyelaman. Butuh setidaknya 10 menit naik perahu untuk sampai di Meno Wall.

Selebihnya, kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah menjelajah pulau ini. Entah itu dengan bersepeda atau naik cidomo. Pastikan saja berkunjung ke Danau Air Asin di tengah-tengah pulau yang rimbun oleh kehijauan hutan mangrove. Ada juga Meno Bird Park, dan penangkaran penyu.

{next}

Cara ke Kepulauan Gili Lombok

Rute dari Lombok

Jika berangkat dari Kota Mataram, Anda harus menuju pelabuhan Bangsal di Pemenang. Bisa menggunakan rute Mataram-Senggigi-Pemenang dengan durasi berkendara sekitar 1 jam. Bisa juga memilih rute Mataram-Pusuk-Pemenang, durasi perjalanan lebih singkat, sekira 45 menit.

Di pelabuhan Bangsal, tersedia opsi kapal umum dan kapal cepat (fast boat). Jika memilih kapal umum, biayanya Rp 15.000 - Rp 25.000. Jadwal keberangkatannya adalah pukul 10.00, 14.00, dan 17.00. Waktu menyeberang kurang lebih 30 menit, berangkat ketika penumpang penuh.

Jika ingin lebih cepat 10 menit sudah sampai, naik fast boat ke Gili Meno dengan membayar tiket sebesar Rp 85.000. Tidak harus menunggu penumpang penuh, karena fast boat berangkat sesuai jadwal. Jadwal keberangkatannya adalah pada pukul 10.00, 12.00, 14.00, dan 16.00.

Ke Pulau Gili dari Bali

Fast boat dari Bali ke Gili Meno bisa Anda dapatkan di Pelabuhan Amed di ujung timur Pulau Bali. Amed Sea Express menyediakan layanan ini dua kali sehari, berangkat pukul 10.00 dan 15.30. Anda bisa melihat detail harga dan memesannya secara online melalui situs resminya, DI SINI.

{next}

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Meski tidak selengkap yang terdapat di Gili Trawangan dan Gili Air, fasilitas Gili Meno sudah cukup memadai. Untuk konsumsi, cukup banyak kafe yang tersedia dengan menu seafood dan juga pizza. Jika membutuhkan uang tunai, ada beberapa ATM di sekitar Mahogany Cottage.

Untuk akomodasi, terdapat beberapa jenis penginapan di pulau gili ini. Yang termurah harganya mulai dari Rp 100.000. Bila Anda ingin menginap di pulau ini, berikut beberapa rekomendasi homestay, guest house, vila, resort, dan hotel yang bisa Anda booking secara online: