Pulau Rinca TN Komodo - Daya Tarik, Biaya dan Cara ke Rinca Island

Selain sebagai salah satu dari sembilan Situs Warisan UNESCO di Indonesia, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga menjadi destinasi wisata yang dikagumi dunia. Biawak komodo sebagai daya tarik utama, tersebar di sejumlah pulau, termasuk di Pulau Rinca, salah satu pulau terbesar di sana.

Pulau Rinca Taman Nasional Komodo NTT
credit: unsplash.com/@azispradana

Pulau Rinca merupakan tujuan wajib di dalam itinerari wisata Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo, selain Pulau Komodo dan Pulau Padar. Sebelum berkunjung ke sana, perkaya informasi terkait daya tarik wisata, biaya, dan fasilitasnya dengan membaca ulasan berikut ini. Termasuk juga info cara mencapainya.

Daya Tarik Pulau Rinca di TN. Komodo

Menjadi bagian Kepulauan Komodo di sisi barat Pulau Flores, Pulau Rinca adalah pulau terbesar kedua setelah Pulau Komodo di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat. Situs Warisan Dunia yang juga menyandang predikat "New 7 Wonders of Nature" ini juga mencakup Pulau Padar dan Gili Motang.

Pulau Rinca merupakan salah satu pulau yang menjadi habitat hewan purba komodo. Meski populasinya tidak sebesar di Pulau Komodo, biawak terbesar di dunia ini lebih mudah ditemui di Rinca Island. Salah satunya karena Pulau Komodo didominasi hutan, adapun topografi pulau ini banyak yang berupa savana.

Pulau ini memiliki luas area kurang lebih 190-an kilometer persegi dengan titik tertinggi 670 mdpl yang terletak di Doro (Gunung) Ora. Tidak hanya binatang purbakala komodo, Rinca Island juga merupakan rumah bagi berbagai jenis binatang yang lainnya. Di antaranya kerbau, babi liar, serta beraneka burung.

Dengan padang savana yang mendominasi, pemandangan pulau ini sangatlah indah. Perbukitan nampak hijau di musim penghujan dan terlihat kering namun eksotis di musim kemarau. Gradasi birunya lautan yang membentang dengan luasnya turut menyempurnakan lanskapnya. Begitu sedap dipandang mata.

Tapi tentu saja, menyaksikan komodo lebih dekat di habitat aslinya tetap menjadi daya tarik utama. Untuk itu, trekking adalah aktivitas favorit dan tidak bisa dihindari bila ingin melihat hewan purbakala tersebut. Dalam hal ini, wisatawan bisa memilih salah satu jalur trekking. Ada yang pendek, medium, serta panjang.

Selama trekking, wisatawan ditemani oleh ranger atau pemandu wisata Taman Nasional Komodo. Pastikan tetap berjalan di belakang dan patuhilah semua instruksi ranger. Komodo adalah hewan yang berbahaya, bahkan yang ada di Pulau Rinca cenderung lebih ganas lantaran cuacanya terik dengan dominasi savana.

Biaya Wisata Rinca Island Komodo National Park
credit: Matthias Liffers, CC BY 2.0

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Pulau Rinca adalah pulau berpenghuni. Terdapat desa di sini, yakni Desa Pasir Panjang yang mencakup beberapa kampung atau dusun. Mayoritas penduduknya berprofesi nelayan, sebagian menjual makanan, dan jadi tour guide. Ada juga sebagian penduduk yang menyewakan rumah mereka sebagai homestay.

Fasilitas umum seperti toilet dan warung makan tersedia di sekitar area pos penjagaan. Selain itu, pulau ini juga termasuk bagian dari kawasan wisata Labuan Bajo yang diproyeksikan sebagai destinasi wisata super premium pertama di Indonesia. Artinya, pembangunan pariwisatanya merupakan prioritas utama.

Sementara itu, Labuan Bajo sendiri memiliki banyak fungsi strategis. Dalam menunjang sektor pariwisata, berbagai fasilitas telah tersedia sangat lengkap. Untuk transportasi, selain Dermaga Ferry dan Pelabuhan PELNI, kota ini juga punya bandar udara internasional. Tempat makan dan penginapan banyak tersedia.

Harga tiket masuk Pulau Rinca IDR 50K dan guide sekitar IDR 80K (max 5 org). Sebelumnya juga ada biaya masuk Taman Nasional Komodo. Tiket masuk wisatawan lokal sebesar IDR 5K, kegiatan safari hutan dan pendakian IDR 5K, wisata pengamatan hidupan liar IDR 10K. Serta, biaya masuk kendaraan air IDR 100K.

Untuk memangkas biaya, saran terbaik adalah mengikuti layanan open trip Komodo karena belum ada public boat ke Pulau Rinca. Untuk kapal biasa, harga trip satu hari IDR 500K-600K sudah mencakup Pulau Padar dan Pulau Komodo. Jika menggunakan speedboat, biaya trip satu hari kurang lebih 1 juta rupiah.

Cara ke Pulau Rinca Komodo Labuan Bajo
credit: Andrey Samsonov, CC BY-NC-ND 2.0

Cara Menuju Taman Nasional Komodo

Pulau Rinca terletak di Taman Nasional Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Lihat Peta Lokasi. Untuk mencapai pulau ini, pertama kali adalah terbang ke Labuan Bajo. Kemudian, melakukan perjalanan laut ke dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca dalam durasi sekitar 2 jam.

Cara mudah memang memanfaatkan paket wisata di Labuan Bajo dengan itinerari mencakup beberapa pulau wisata di Komodo. Bisa juga sewa speed boat jika liburan bersama rombongan, karena harganya lebih mahal. Atau, bisa ikut sailing tour di atas kapal pinisi 2H 3M sehingga Anda tidak perlu penginapan.