Beranda
Destinasi Wisata
Lombok
NTB
Pantai
Pulau
Gili Air Lombok - Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Cara ke Kepulauan Gili

Meski banyak Gili (pulau kecil) di perairan Lombok, NTB. Namun istilah Pulau Gili lebih populer untuk menyebut tiga pulau di barat laut Lombok. Selain Gili Trawangan dan Gili Meno, ada Gili Air Lombok yang menjadikan Lombok sebagai salah satu primadona wisata bahari Indonesia.

Ketiga pulau di Kepulauan Gili tersebut berada di Desa Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Di antara ketiganya, Gili Air merupakan yang terdekat dengan Lombok. “Tengaq Aiq” yang berarti di tengah-tengah laut, adalah sebutan pulau ini dari masyarakat lokal di sana.

Memilih Gili Air sebagai destinasi liburan adalah ide bagus. Di sinilah tempat Anda benar-benar dimanja oleh bahari, baik di pesisir pantai maupun di kedalaman lautnya. Jadi, pastikan jadwal keberangkatan dan siapkan segala sesuatunya. Teruskan membaca sebagai bekal informasi.

Daya Tarik & Aktivitas Wisata

Istilah “Air” pada namanya mengisyaratkan bahwa pulau ini menawarkan berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan air. Seperti halnya wisata pantai pada umumnya, mungkin Anda ingin memulai dengan membasahi kaki dan merasakan kejernihan air yang biru kehijauan itu.

Berjalanlah pelan di hamparan pasir putih pantainya, sementara biarkan keindahan pemandangan secara bebas menggembirakan hati Anda. Menjadi sepenuhnya basah, berenanglah! atau ingin lebih bersantai diiringi live music? bisa juga! datangi saja, misalnya Gili Lumbung Beach Club.

Itu hanya sebagian dari kegiatan untuk memulai kegembiraan wisata, Gili Air Lombok memiliki banyak aktivitas menarik. Agar wisata kali ini bermanfaat, bisa juga bergabung dengan Trash Hero Gili Air. Bersama banyak orang membersihkan dan memastikan surga ini jauh dari sampah.

Diving dan mengagumi apa yang tersaji di kedalaman air merupakan aktivitas wajib di Pulau Gili Air, tentunya, bagi mereka yang merasa mampu melakukannya. Namun, jika Anda ragu atau memang belum punya sertifikasi tingkat lanjut, snorkeling bisa menjadi solusi yang sempurna.

Secara keseluruhan, wisatawan bisa snorkeling di manapun di sepanjang pantai. Namun, sarannya adalah di sekitar Bel Air Resort & Spa dan Sunrise Resort. Selain terkenal lebih kaya kehidupan laut, di sekitar dua resort tersebut lebih banyak kemungkinan melihat penyu khas Gili.

Kegiatan wisata lain yang bisa dilakukan di Gili Air Lombok adalah menjelajah pulau. Susuri pesisirnya dan temukan sudut-sudut terindah dan mengabadikannya dengan kamera. Lakukan hal itu dengan berjalan, bersepeda ataupun naik cidomo (kereta kuda tradisional khas Gili).

Ide lain adalah mengikuti kelas memasak dan memakan semua kuliner karya Anda itu. Gili Cooking Class bisa ditemukan di sekitar pelabuhan. Bisa juga berselancar, lokasi surfing terbaik ada di ujung timur pulau. Jika terlanjur kerasan, lakukan island hopping ke Gili-Gili tetangga.

Fasilitas Wisata di Gili Air

Sebagai objek wisata populer, fasilitas di Gili Air Lombok sudah sangat memadai. Ada sekitar 10 diving shops yang menawarkan kursus menyelam, serta ada beberapa kedai yang menyediakan freediving, termasuk kursusnya. Untuk peralatan snorkeling, banyak sekali yang menyediakannya.

Jika membutuhkan uang tunai, ada beberapa ATM di pulau ini. Untuk konsumsi, banyak pilihan warung tradisional hingga restoran dan bar yang menyediakan beragam menu laut. Meski tidak seperti kemeriahan pesta di Gili T, di Gili Air juga ada beberapa bar yang memungkinkan hal itu.

Sebagian besar akomodasi Gili Air berada di pantai timur dan selatan. Jika mencari penginapan murah, ada beberapa homestay. Namun, kebanyakan homestay murah tidak menyediakan pemesanan online. Booking langsung saat Anda tiba, ada beberapa yang masih mungkin untuk ditawar harganya.

Pemesanan secara langsung tidaklah ideal ketika high season atau peak season, karena kebanyakan penginapan sudah penuh. Jika ingin lebih mudah namun dengan biaya sedikit mahal, banyak juga pilihan hotel, resort, bungalow, dan cottage di Gili Air yang bisa di booking secara online.

Cara Menuju ke Gili Air Lombok

Dari Lombok

Jika berangkat dari Mataram, terlebih dahulu sobat traveller harus menuju pelabuhan Bangsal di Pemenang. Bisa menggunakan rute Mataram-Senggigi-Pemenang dengan durasi berkendara sekitar 1 jam. Bisa juga menggunakan rute Mataram-Pusuk-Pemenang, durasi perjalanan sekitar 45 menit.

Di pelabuhan Bangsal, ada dua opsi kapal, yakni kapal umum dan fast boat. Jika memilih kapal umum, biaya tiketnya berkisar antara IDR 15K-25K. Jadwal keberangkatannya pukul 10.00, 14.00, dan 17.00. Waktu menyeberang sekitar 30 menit, namun berangkat ketika penumpang penuh.

Jika ingin tiba lebih cepat 10 menit sudah sampai, bisa memilih menyeberang menggunakan fast boat ke Gili Air dengan membayar tiket sekitar IDR 85K. Tidak harus menunggu penumpang penuh, fast boat berangkat sesuai jadwal. Jadwalnya adalah pukul 10.00, 12.00, 14.00, dan 16.00.

Dari Bali

Fast boat dari Bali ke Gili Air ada di Pelabuhan Padangbai. Umumnya berangkat pukul 09.00 dan 13.00, tiket mulai IDR 200K. Untuk opsi murah, bisa naik kapal ferry dari Padangbai ke Lembar. Dusasinya sekira 4 jam, tiketnya IDR 50K. Lalu, ke Pelabuhan Bangsal dan ke Gili Air Lombok.