Pantai Senggigi Lombok - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket dan Rute

Pergi ke Lombok di Nusa Tenggara Barat bisa jadi telah menjadi cita-cita bagi sebagian besar orang. Keindahan alam adalah salah satu alasannya. Adapun Pantai Senggigi termasuk tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di antara yang terpopuler di sana.

Pantai Senggigi Lombok
credit: Bikersspensiun, CC BY-SA 4.0, edited

Kawasan Senggigi adalah salah satu sudut paling mencolok yang melengkapi keindahan Pulau Lombok. Kepada setiap yang datang, akan ada bahasa alam mewakili ungkapan selamat datang. Melalui lembut semilir angin pantainya atau melalui lanskap alamnya.

Daya Tarik Pantai Senggigi Lombok

Hamparan pasir putih pantai ini mengalun senada dengan garis pantainya yang panjang. Asri menjadi gambaran keseluruhan pantai ini. Komposisi warna alamnya benar-benar menawan. Lembutnya gradasi perpindahan warna turut mendefinisikan keindahannya.

Laut yang biru secara lembut semakin muda sebelum akhirnya bertemu putihnya pasir di pesisir pantai. Tentu saja, riak ombak yang putih bersih adalah garis batas pertemuan keduanya. Hijau pepohonan tampak tegas menegaskan akhir batas darat dan lautnya.

Panorama indah selalu tersaji, seiring pergantian siang dan malam hari. Khususnya saat senja tiba, sunset di Pantai Senggigi selalu mempesona. Secara lebih dekat, laut menyimpan keindahan lain di balik ombak yang cukup santun dalam kejernihan airnya.

Di perairan dangkalnya tersirat keindahan bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karang dalam keabstrakan bentuk melebar hingga cukup jauh ke tengah laut. Dalam hal ini, hanya snorkeling yang menjadi aktivitas paling ideal untuk menelusurinya.

Ada yang mengatakan, berada di Pantai Senggigi sama rasanya ketika berada di Pantai Kuta Bali. Pengalaman setiap traveler unik, sehingga persepsi bisa beragam. Meski di beberapa keadaan mungkin kedua pantai menawarkan nuansa alam yang hampir sama.

Tempat Wisata Senggigi di Lombok
credit: unsplash.com/@tandyarachmat

Aktivitas Wisata di Pantai Senggigi

Sebenarnya, Andalah yang tahu cara terbaik menikmati Senggigi. Aktivitas dalam artikel ini hanya mencakup apa yang umumnya dilakukan wisatawan. Sebagai saran awal, adalah ide bagus jika Anda secara jujur bersyukur karena bisa menikmati keindahan pantai ini.

Karena setiap sudut Pantai Senggigi menawarkan citarasa yang beragam, pastikan energi selalu tersedia untuk penjelajahan. Berjalanlah penuh ketakjuban di sepanjang pesisirnya, ketika sejauh mata memandang pemandangan alam benar-benar memanjakan mata.

Suka berenang? lakukan saja! bisa juga bermalas-malasan menikmati pantai. Jangan lupa, snorkeling dan nikmati keragaman hayati. Selebihnya, kawasan Senggigi juga mencakup Batu Bolong. Sebuah pura penuh legenda yang dibangun di atas karang tepi pantai.

Kunjungi dan rasakan nuansa religiusitas masyarakat Hindu di pura tersebut. Di samping itu, daerah Batu Layar juga menyimpan sisi religiusitas lain, yakni sebuah makam seorang ulama. Makam inilah yang selanjutnya menjadi tempat suci bagi penganut Wetu Telu.

Selain takjub dengan keindahan Pantai Senggigi, bisa juga menjadi lebih arif dengan menghayati akulturasi budaya setempat. Apapun aktivitasnya, bertahanlah hingga menjelang senja. Pantai Senggigi Lombok juga terkenal dengan keindahan matahari terbenam.

Sunset in Senggigi Beach West Lombok
credit: flickr/christian_bachellier, CC BY-NC-ND 2.0

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket

Sebagai tempat wisata populer, Pantai Senggigi Lombok termasuk pantai paling lengkap fasilitasnya. Senggigi juga merupakan destinasi utama bagi turis-turis mancanegara. Oleh karena itu, di sini banyak hotel dan penginapan, restoran, cafe, pub, hingga live musik.

KeteranganHarga
Parkir MobilRp 10.000
Parkir BusRp 20.000
Parkir Mobil (Batu Bolong)Rp 3.000
PenginapanLihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Rute Pantai Senggigi Lombok Barat
credit: flickr/doublecaeser, CC BY-NC 2.0

Rute ke Pantai Senggigi Lombok

Akses ke pantai ini sangat mudah. Hanya membutuhkan sekitar 2 jam berkendara dari Bandara Internasional Lombok. Moda transportasinya juga cukup beragam. Anda bisa memilih naik bus Damri atau menyewa mobil + supir dengan biaya sekitar 300 ribu rupiah.

Jika naik Damri, setidaknya ada dua rute ke pantai ini, yakni tujuan Terminal Mandalika dan Pasar Seni. Memilih Damri adalah ide bagus karena biayanya murah. Terkecuali jika Anda datang dengan anggota yang jumlahnya lebih dimungkinkan untuk menyewa mobil.

Bagi yang datang dari Mataram, bisa naik taksi dengan biaya sekitar 50-100 ribu. Atau, naik angkutan umum tujuan Sweta-Ampenan dengan tarif 3 ribuan. Setelah sampai di Ampenan, naik angkutan umum lagi menuju Pantai Senggigi dengan tarif 2 ribuan.

Opsi lain adalah naik ojek. Perlu berjalan kaki sekitar 3 menit untuk benar-benar sampai di pantai ini. Selama perjalanan itu, Anda akan melewati banyak warung, penjual sovenir dan masih banyak lainnya. Untuk mempermudah, gunakan Peta Lokasi, Di sini.

0 Comments

Posting Komentar