Pantai Serenting Lombok - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket dan Rute

Pantai Serenting. Sebagai salah satu tujuan wisata populer di Indonesia, Pulau Lombok di NTB terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai Senggigi yang indah selalu tersedia di sisi baratnya, sementara di utara pantai tersebut ada Kepulauan Gili yang mendunia.

Pantai Serenting Lombok
credit: instagram/weehoptravel

Tidak hanya itu, bahkan kini kawasan Kuta di Lombok Tengah cenderung menjadi pusat perhatian. Di sanalah Mandalika, kawasan wisata yang menawarkan lima pantai indah berselimut legenda. Jika sobat berencana liburan ke Lombok, wajib mengunjunginya.

Pantai Serenting adalah satu di antara 5 pantai indah di sana. Liburan ke Mandalika Lombok, pastikan punya energi lebih agar bisa melebar ke pantai di sisi timur Pantai Seger ini. Anggaplah artikel ini menu pembuka agar Anda bisa lebih mengenal pesonanya.

Daya Tarik Pantai Serenting

Seiring gairah wisata Lombok yang terus berbinar, setiap keindahan alam budayanya pun diketahui. Kawasan pesisir di Kabupaten Lombok Tengah yang kini dikenal dengan nama Mandalika pun demikian. Pantai Serenting adalah salah satu pantai indah di sana.

Pantai ini mengalami perubahan drastis sejak tahun 2013. Dulunya hanya lahan kosong penuh semak belukar, rawan jambret, namun kini sudah aman. Serenting terus berbenah dan menjadi opsi wisata baru yang keindahannya tak bisa dipandang sebelah mata.

Lanskap laut birunya berhias perbukitan tersembunyi di balik bukit Pantai Seger yang lebih dulu populer. Tekstur pasirnya lembut dan landai mengisyaratkan bahwa hanya dengan bersantai atau berjalan menyusuri pantainya saja sudah sangat menggembirakan.

Suasananya ramah bagi wisata keluarga. Semua kegiatan umumnya bisa dilakukan, di hamparan pasir putihnya atau di perairannya yang dangkal. Tentu semakin ke tengah, ombaknya besar dan indah. Tidak jarang pantai ini juga menjadi spot surfing para surfer.

Ketika event Bau Nyale di Pantai Seger tiba, Serenting biasanya menjadi area parkir dan camping. Suka berkemah? bermalamlah di pantai ini. Secara keseluruhan, Pantai Serenting sangat cocok bagi wisatawan yang lebih menghendaki suasana yang tenang dan nyaman.

Pantai Serenting merupakan pantai ketiga dari arah barat setelah Pantai Kuta dan Pantai Seger di Mandalika. Jika ingin menjelajahi ketiganya, pastikan saja gairah wisata Anda berlebih. Jika energi mencukupi, bisa juga lanjut ke Tanjung Aan dan Pantai Gerupuk.

Serenting Kuta
credit: flickr.com/Andrey Samsonov, CC BY-NC-ND 2.0

Fasilitas Wisata di Mandalika

Kawasan Wisata Mandalika adalah proyek wisata impian. Satu di antara 15 KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Indonesia yang dipersiapkan untuk memicu decak kagum wisatawan dunia. Meski masih dalam proses pembangunan, fasilitas wisata di sana sudah memadai.

Pada tahun 2021, ajang balap internasional MotoGP rencananya digelar di Mandalika. Semuanya telah dipersiapkan, sirkuitnya pun dalam proses pembangunan. Menariknya, sirkuit MotoGP di Mandalika diklaim sebagai sirkuit jalan raya pertama untuk MotoGP.

Bagaimana fasilitas di Pantai Serenting? Dalam pengelolaan Kelompok Sadar Wisata Desa Kuta, di sini telah ada toilet dan musholla. Lahan parkirnya luas dan telah ada dua ayunan untuk menunjang aktivitas. Untuk penginapan, lebih banyak pilihan di Kawasan Kuta.

Fasilitas Wisata Pantai Serenting Mandalika
credit: instagram/jerryhomola

Harga Tiket dan Pilihan Hotel

Keterangan Harga
Tiket Masuk ± Rp 5.000
Parkir Motor ± Rp 5.000
Parkir Mobil ± Rp 10.000
Parkir Bus ± Rp 20.000
Rekomendasi Hotel Lihat Rekomendasi
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Serenting

Lakukan perjalanan dari Kota Mataram sekitar 50 km ke selatan ke Kawasan Wisata Mandalika, Lombok Tengah. Butuh durasi kira-kira 1 jam. Lebih dekat jika berangkat dari Bandara Zainuddin Abdul Madjid, sekitar 20 km atau 30 menit berkendara. Lihat Peta.

0 Comments

Posting Komentar