Air Terjun Waimarang Sumba - Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Rute

Untuk traveler, Pulau Sumba NTT punya banyak stok objek wisata alam yang pastinya menarik dikunjungi. Di Sumba Timur misalnya, berbagai spot alam tersebar acak di areanya, termasuk koleksi air terjun yang indah. Selain Air Terjun Tanggedu yang begitu eksotik, ada juga wisata Air Terjun Waimarang yang cantik.

Air Terjun Waimarang Sumba Timur
credit: instagram.com/john_dage

Bila memang menetapkan Kabupaten Sumba Timur sebagai destinasi wisata kali ini, Air Terjun Waimarang semestinya Anda kunjungi. Lokasinya di Desa Waimarang, Umalulu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Perihal daya tarik, fasilitas wisata, harga tiket masuk, dan rutenya, baca info lengkapnya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Waimarang

Wai Marang adalah air terjun unik tak seperti air terjun pada umumnya. Airnya tidaklah terjun dari tebing yang tinggi, melainkan jatuh dari salah satu celah tebing kapur yang melingkar hampir sempurna. Tebing tersebut juga menyisakan celah di bagian lainnya yang memungkinkan pengunjung bisa masuk ke dalam.

Dalam lingkar tebing tersebut terdapat kolam dengan air yang sangat jernih berwarna tosca. Begitulah adanya, kolam renang alami itulah yang menjadi daya tarik utama tempat wisata ini. Selain berair bening menyegarkan, kolam yang tercipta dari dinding kapur ini sangat dalam, kira-kira 8 meter kedalamannya.

Karena itu, berenang atau bermain air adalah aktivitas favorit di Air Terjun Wai Marang. Bahkan, air terjun ini juga cocok untuk traveler yang suka menguji adrenaline. Tidak sedikit wisatawan yang melompat dari tebing, terjun ke dalam kolam. Struktur bebatuan di sini juga punya pijakan yang bagus untuk jumping.

Meski demikian, mengingat kedalaman yang mencapai 8 meter, kolam ini hanya ideal bagi mereka yang biasa berenang dan tidak takut kedalaman. Jika Anda takut kedalaman, ada kolam lain dengan ukuran lebih kecil dan tidak terlalu dalam, sekira 1,5 - 2 meter. Semua kolam ini berasal dari mata air yang sama.

Wisata Air Terjun Waimarang Sumba Timur juga memanjakan wisatawan dengan lanskap yang menawan. Cocok bagi Anda yang gemar foto selfie atau suka spot foto instagenic. Begitu pun bagi traveler penyuka landscape photography, tersedia banyak sudut alam yang eksotis yang wajib Anda abadikan gambarnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Waimarang
credit: instagram.com/aryawiznu

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Air Terjun Waimarang masih termasuk tempat wisata yang baru hits di Sumba. Masih belum banyak yang tahu karena cukup tersembunyi. Oleh karenanya, fasilitas wisata belum memadai. Sejauh ini, fasilitas yang ada hanya area parkir. Lalu, ada warung sederhana yang juga menyediakan kamar mand atau kamar ganti.

Lokasi air terjun dari tempat parkir masih sekitar 1 kilometer. Jadi, perlu trekking kira-kira 20 menit ke air terjun. Medannya cenderung menurun dan berpagar seadanya. Sudah ada beberapa tempat sampah agar wisatawan tidak membuang sampah sembarangan. Di pertengahan jalan juga tersedia tempat istirahat.

Selebihnya untuk harga tiket masuk Air Terjun Waimarang sejauh ini gratis. Biaya lain hanya untuk parkir kendaraan. Parkir roda dua sebesar IDR 10K, sementara kendaraan roda empat sebesar IDR 20K. Biaya memakai kamar mandi atau toilet sebesar IDR 5K. Ada juga yang menjual kelapa muda seharga IDR 10K.

Fasilitas Wisata Wai Marang Waterfall Sumba
credit: instagram.com/john_dage

Rute Lokasi Air Terjun Waimarang Sumba

Secara administratif, Air Terjun Waimarang Sumba Timur berada di Desa Waimarang, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Lihat di Gmap. Peta lokasi Google Map mungkin tidak selalu akurat, Anda bisa tanya warga sekitar. Dari Waingapu, ibu kota Sumba Timur, durasi berkendara kurang lebih 1,5-2 jam.

Saran terbaik adalah menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di Waingapu. Persewaan mobil banyak tersedia di sekitar bandara. Biayanya bervariasi, mulai IDR 800K termasuk sopir per hari, tapi belum termasuk BBM. Bila ingin menyewa sepeda motor, biaya sewa kurang lebih IDR 100K per harinya.