Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Balekambang Malang - Fasilitas, Harga Tiket, dan Rute

Pantai Balekambang merupakan pantai paling populer dikunjungi wisatawan di kawasan Malang Raya. Berlokasi di pesisir selatan Kabupaten Malang, sobat traveler bisa mengunjunginya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Balekambang Malang

Balekambang merupakan pantai indah yang sejak tahun 1985 telah menjadi obyek wisata andalan Kabupaten Malang. Panorama alamnya, gelombang ombaknya yang panjang, serta hamparan pasir putih yang luas telah menciptakan komposisi apik yang layak dikagumi siapa saja.

Menariknya, selain terkenal sebagai wisata alam andalan, Pantai Balekambang juga menjadi tempat ideal bagi mereka yang gemar wisata religi. Pura Amarta Jati, nama bagi pura kecil di bibir pantai ini merupakan tempat peribadahan umat Hindu, terutama di Hari Raya Nyepi.

Sementara itu, tidak jauh dari kawasan pantai juga terdapat makam Syaikh Abdul Jalil. Makam tersebut biasanya ramai kunjungan pada awal bulan Sya'ban. Sejumlah sumber mengatakan bahwa Syaikh Abdul Jalil adalah orang pertama yang membuka Pantai Balekambang.

Beliau adalah seorang ningrat berilmu agama tinggi dari Yogyakarta dan memiliki pengaruh kuat di masyarakat. Pada 1978, pantai ini berkembang setelah akses jalannya dibuka Kades Srigonco Tukiran. Semakin populer setelah resmi menjadi tempat wisata pada tahun 1983.

Aktivitas di Pantai Balekambang

Mengingat pantai ini termasuk pantai selatan yang cenderung memiliki ombak yang besar, berenang bukanlah aktivitas yang disarankan. Namun, pengunjung pantai tetap bisa bermain air ketika laut surut. Terkhusus, di sekitar Pulau Ismoyo yang menjadi tempat berdirinya pura.

Liburan wisata ke Pantai Balekambang di hari-hari libur memungkinkan lebih banyak lagi aktivitas yang bisa Anda lakukan. Umumnya ketika hari Sabtu dan Minggu tiba, di area pantai ini juga tersedia beragam permainan, termasuk Flying Fox dan berbagai macam permainan anak.

Beberapa sumber mengatakan, di sini juga telah tersedia penyewaan ATV yang bisa pengunjung manfaatkan untuk berkeliling menjelajahi pesisir pantai. (Mungkin ATV hanya tersedia di hari libur, admin tidak menemukan fasilitas tersebut ketika berkunjung ke sini bukan di hari libur).

Selain itu, berkemah juga bisa menjadi ide yang sempurna untuk memaksimalkan pengalaman wisata. Bagi yang ingin mendirikan tenda bisa di pinggiran pantai. Jika beruntung, saat persediaan kayu bakar ada, Anda juga bisa membeli kayu melalui kios-kios yang berjejer di tepi pantai ini.

{next}

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket

Sebagai salah satu tempat wisata populer di Malang, Balekambang termasuk pantai yang memiliki fasilitas wisata terlengkap dan terbaik. Di sini banyak warung-warung penjual makanan, pakaian dan aksesoris yang sebagian juga menyediakan fasilitas mushola dan kamar mandi.

Seperti yang tersebut di atas, fasilitas di Pantai Balekambang juga termasuk Flying Fox dan permainan anak. Ada juga penyewaan ATV (saya berkunjung bukan di hari libur dan tidak melihat pengunjung yang menggunakannya. Bisa jadi penyewaan ATV khusus hari Sabtu-Minggu).

Tak hanya itu, wisata Balekambang Malang juga memiliki fasilitas akomodasi yang memadai dengan pemandangan langsung menghadap pantai dan laut lepas. Sejauh yang penulis ketahui, biaya menginap di penginapan di pantai ini mulai dari harga 150 - 250 ribu rupiah perharinya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 15.000
Parkir Roda 2Rp 5.000
Parkir Roda 4Rp 10.000
Note: harga tiket Pantai Balekambang di atas belum tentu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Balekambang

Akses jalan ke Pantai Balekambang Malang sudah semakin baik, terlebih di tahun 2017. Meski tetap harus melewati tanjakan yang menikung tajam di kawasan Jurang Mayit, namun jalan sudah lebar dan beraspal mulus. Lebih mudah lagi jika pembangunan jembatannya rampung.

Adapun untuk rute perjalanan, dalam artikel ini penulis berasumsi bahwa Anda berangkat dari Kota Malang. Apabila perjalanan kali ini Anda menggunakan kendaraan bermotor, dari Kota Malang lanjutkan perjalanan Anda ke daerah Gondanglegi atau bisa juga ke arah Kepanjen.

Ketika sampai di kecamatan Gondanglegi, teruslah berkendara menuju ke wilayah kecamatan Bantur. Sementara itu, jika tadinya lebih memilih jalur Kepanjen, teruskan perjalanan ke daerah Pagak dan berlanjut ke daerah Bantur. Dari Bantur, kemudian lanjut ke Pantai Balekambang.

Untuk angkutan umum, bisa datang ke Terminal Arjosari Malang. Naik angkutan jurusan Gadang dan turun di terminal. Naik lagi angkutan ke arah Bantur. Dari Bantur ke Balekambang bisa naik ojek. Info terbaru, sudah ada Bus Damri jurusan Arjosari-Balekambang-Sendangbiru. Lihat Peta.