Beranda
Destinasi Wisata
Lombok
NTB
Pantai
Pantai Selong Belanak Lombok, Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Pantai Selong Belanak. Suka wisata pantai? datang saja ke surganya, pergi ke Lombok di Nusa Tenggara Barat. Setibanya di sana, pilih satu dua di antara sekian banyak pantai yang ada. Jika bingung, langsung saja meluncur ke Lombok Tengah, tepatnya di desa Selong Blanak, kecamatan Praya Barat.

Sepenuhnya, nikmatilah pantai molek yang namanya sama dengan nama desa dan teluk sebagai tempat pantai ini berada. Jujurlah bahwa Anda suka dan kagumi pesona alam pantai semi-circular ini. Selain air laut yang jernih, hamparan pasir pantai yang putih cenderung lebih bersih dan lembut.

Pantai Selong Belanak menawarkan dua citarasa wisata berbeda. Karena berhadapan dengan Samudera Hindia, ombaknya cukup besar sehingga cocok untuk berselancar. Namun tidak selalu begitu, ada satu sisi di mana ombak hadir dengan lebih tenang dan ideal untuk berjemur, berenang atau berperahu.

Aktivitas di Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak Lombok merupakan pantai indah yang memungkinkan banyak hal bisa dilakukan di dalamnya. Sejauh ini pantai ini dikenal luas sebagai salah satu pantai terbaik bagi peselancar pemula di Asia Tenggara. Ingin belajar menaklukan ombak? awali latihan sobat di sisi timur pantai ini.

Jika memang tertarik dengan aktivitas tersebut dan ingin benar-benar mempelajarinya, di pantai ini telah ada kursus berselancar sekaligus menyediakan fasilitas penyewaan surf board. Kegiatan belajar selancar di sini cocok untuk segala usia karena ombaknya cenderung stabil dan lautnya pun dangkal.

Banyak turis asing yang menyamakan pantai ini dengan Hawaii, mungkin karena suasana alamnya atau desain tradisional dari warung-warung yang ada disekitarnya. Bersantai menjadi aktivitas sempurna berikutnya, nikmatilah lanskap pemandangannya sambil menikmati segarnya kelapa muda.

Secara umum, semua aktivitas pantai bisa dilakukan di Selong Belanak Lombok, berenang, bermain pasir dan lain sebagainya. Pantai ini juga ideal untuk wisata keluarga, anak-anak bisa leluasa bermain. Snorkeling? lakukan saja, namun tidak ada penyewaan alatnya, jadi harus membawa sendiri.

Jika energi wisata kali ini berlebih, cobalah menjelajahi pantai hingga tiba di ujung selatan, di pemukiman nelayan lokal. Suka memancing? lakukanlah! perahu kecil milik para nelayan itu juga disewakan, bisa juga ditemani pemandu agar lebih mudah menemukan spot-spot terbaik untuk memancing.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meski hanya ramai saat liburan saja, namun tidak perlu khawatir mengenai fasilitas di pantai ini. Untuk konsumsi, deretan warung makan telah tersedia di sekitar pantai. Adapun untuk akomodasi, ada beberapa penginapan berupa villa dan hotel yang lokasinya dekat dengan pantai ini

Jika liburan ke Pantai Selong Belanak Lombok tidak bertepatan dengan hari libur nasional, pantai akan cenderung sepi pengunjung. Sehingga usahakan berada di pantai ini setidaknya hingga jam 4 sore karena lokasinya terbilang jauh dari keramaian dan minim fasilitas umum.

KeteranganHarga
Harga TiketGratis
ParkirMotorRp 5.000
 MobilRp 10.000
 BusRp 20.000
Surf Course2-4 jam± Rp 250.000 - 350.000
Note: harga tiket masuk Selong Belanak yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi dan Rute ke Selong Belanak

Pantai ini berada di Desa Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah, NTB. Berjarak kurang lebih 50 kilometer dari Kota Mataram, atau 1,5 jam berkendara. Dengan kendaraan pribadi atau menyewa mobil, lanjutkan perjalanan ke arah Bandara hingga tiba di perempatan dekat Masjid Jami' Penunjak.

Di perempatan tersebut belok ke arah selatan dan ikuti terus jalan itu sampai tiba di pantai ini. Secara keseluruhan kondisi jalan cukup bagus, hanya saja 15 kilometer sebelum tiba di pantai, jalanan naik turun. Berikut peta pantai ini, klik directions untuk mendapatkan petunjuk jalan. Peta Lokasi