Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Gatra Malang - Info Fasilitas, Harga Tiket Masuk & Rute

Teruntuk traveler yang doyan wisata pantai, Malang menyimpan lebih dari 100 pantai indah yang siap Anda jelajahi. Meluncurlah ke Malang Selatan, pilih pantai yang Anda suka atau kalau bingung, kunjungi Pantai Gatra. Catat alamatnya, di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Gatra adalah salah satu pantai di area Clungup Mangrove Conservation. Wilayah konservasi ini juga mencakup sejumlah pantai terbaik di Malang, seperti Pantai Teluk Asmara, Pantai 3 Warna, Pantai Clungup dan beberapa pantai lainnya. Khusus Pantai Tiga Warna, ada sistem reservasi jika ingin menikmatinya.

Pantai Gatra sendiri merupakan sudut pesisir selatan yang menawan. Komposisi alamnya berhiaskan pulau karang berselimut hijau dilepas pantainya. Ombak yang menyapa hamparan pasir putihnya cukup bersahabat. Pantai ini menjadi tempat ideal bagi mereka yang ingin berlama-lama di wilayah konservasi Clungup.

Aktivitas Wisata di Pantai Gatra

Rencana kunjungan ke Clungup Mangrove Conservation haruslah dibekali dengan energi wisata berlebih. Pasalnya, banyak sekali pantai yang tersebar di kawasan ini, sehingga banyak aktivitas yang akan menyibukkan Anda. Sementara itu, Pantai Gatra sejauh ini paling ideal sebagai tempat bersantai maupun berkemah.

Segala bentuk aktivitas pantai, umumnya bisa Anda lakukan di pantai ini. Bermain pasir, mencoba lebih dekat dengan air ataupun menyusuri pantai mencari spot terbaik untuk diabadikan. Menariknya, pantai ini juga memungkinkan pengunjung untuk bermain kano dengan membayar 25 ribu rupiah sudah termasuk pelampung.

Bagaimana dengan snorkeling? untuk aktivitas satu ini, tempat terbaik adalah di Pantai Tiga Warna. Hanya saja butuh reservasi minimal 1 bulan sebelumnya untuk bisa menikmati, itu pun durasi terbatasi hanya 2 jam saja. Ide terbaik lainnya adalah melebar ke Pantai Clungup dan menikmati ketenangan suasana di sana.

Gunakan sepenuh energi untuk menjelajahi pantai-pantai di kawasan konservasi ini. Bertahanlah hingga sore hari tiba kemudian kembali ke Pantai Gatra, bersantai sambil menunggu datangnya keindahan senja. Jangan lupa, dirikanlah tenda di camping ground yang tersedia. Pastikan untuk membawa bekal secukupnya.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Karena menjadi bagian dari Clungup Mangrove Conservation, Pantai Gatra bersih dari potensi sampah. Jadi, tidak ada fasilitas seperti warung di sekitar pantai ini. Beberapa penjual, mungkin bisa Anda temukan di area ruas jalan utama sebelum memasuki wilayah konservasi, termasuk beberapa penginapan atau homestay.

Meskipun aturan tidak seketat di Pantai Tiga Warna, pihak pengelola sangat menekankan kebersihan. Sebelum masuk pantai akan ada pengecekan semua barang bawaan yang berpotensi menyisakan sampah. Semuanya dihitung, agar ketika pulang bisa dicek lagi untuk disesuaikan. Intinya dilarang buang sampah di sini!

Jika Anda tertarik untuk camping, pastikan mendirikan tenda di area yang telah tersedia dan jangan melebihi pembatas yang ada. Apabila tidak membawa peralatan tenda, di pos penjagaan ada persewaan peralatannya namun dalam jumlah terbatas. Selain itu, ada juga persewaan peralatan untuk berkano di pantai ini.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Sewa KanoRp 25.000 (1 org) - Rp 50.000 (3 org)
Sewa Tenda-
Pemandu WisataRp 50.000 - 100.000
ParkirRp 5.000 - 15.000
Note: harga tiket Pantai Gatra yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi dan Rute ke Pantai Gatra

Pintu masuk pantai ini menjadi satu dengan pintu masuk ke Pantai Clungup. Sehingga, rute kedua pantai ini dari Malang sama saja, yakni berjarak kurang lebih 72 kilometer dari pusat Kota Malang. Setidaknya Anda butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari Malang ke arah selatan menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Malang, lanjutkan berkendara ke arah turen hingga bertemu papan petunjuk arah pantai di sebuah pertigaan. Gunakan rute Pantai Sendangbiru yang ke arah kiri. Berjalan terus hingga menemukan petunjuk ke Pantai Clungup. Ikuti petunjuk sampai di desa tempat kantor Clungup Mangrove Conservation berada.

Rute alternatif juga bisa melalui Pantai Balekambang. Dari Kota Malang menuju ke Gondanglegi, kemudian melanjutkan perjalanan ke Bantur hingga di perempatan sebelum masuk Balekambang. Belok ke kiri kemudian tinggal ikuti terus Jalan Lintas Selatan hingga tiba di depan Clungup Mangrove Conservation. Peta Lokasi.