Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Probolinggo
Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Fasilitas dan Harga Tiket

Air Terjun Madakaripura Probolinggo. Memang benar catatan sejarah mengenai Gajahmada sangatlah sedikit, perihal wajahnya pun masih banyak mengandung kontroversi. Namun, tidak bisa kita pungkiri nama itu sedemikian melekat dalam ingatan masyarakat di seantero Nusantara.

Selain Sumpah Palapa yang begitu fenomenal, ada beberapa tempat yang selalu mengingatkan kita pada kebesaran nama Mahapatih Majapahit tersebut. Satu di antaranya adalah Air Terjun Madakaripura di lereng Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

"mada" mewakili Gajahmada, "kari" berarti peninggalan, dan "pura" adalah tempat sembahyang atau semedi. Jadi, Madakaripura adalah tempat dimana Patih Gajahmada biasa bersemedi. Sebagian orang mengatakan di sinilah tempat beliau menjalani sisa hidupnya.

Terlepas dari benar tidaknya mitos-mitos yang berkembang, nama Gajahmada benar-benar tersimpan di tempat yang sangat strategis. Di masa lalu, Madakaripura merupakan tanah perdikan hadiah dari Majapahit untuk Gajahmada karena beliau berhasil menyatukan Nusantara.

Saat ini, nama kawasan tersebut lebih mengerucut sebagai nama dari air terjun abadi yang selalu basah melimpah, tak pernah kurang debit airnya. Tidak hanya abadi, dengan ketinggian mencapai 200 meter, otomatis menjadi yang tertinggi di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.

Bahkan, tidak hanya abadi dan tertinggi, wisata alam bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini benar-benar mendefinisikan keindahan secara sempurna. Seiring semua orang mengagumi betapa eksotisnya air terjun ini, saat itu pula mereka ingat nama Gajahmada.

Rute Lokasi Air Terjun Madakaripura

Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 5 kilometer dari lintas jalan raya menuju Bromo. Adapun jika dari pusat kota Probolinggo berjarak sekitar 30 kilometer. Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa. Perjalanan akan melalui jalanan berkelok-kelok beraspal mulus tapi sempit.

Apabila berangkat dari arah Probolinggo, ketika sampai di Desa Sukapura temukanlah pertigaan yang ditandai plang besar. Pilih arah kanan, kalau ke kiri ke Gunung Bromo. Dari sini masih sekitar 4 kilometer lagi untuk mencapai lokasi dan ada pertigaan lagi, pilih ke kanan hingga tiba di pintu masuk.

Lokasi: Dusun Sapih, Desa Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Peta Lokasi

{next}

Aktivitas di Madakaripura Waterfall

Sudah pasti, sebagai bagian dari kawasan wisata Bromo yang telah mendunia, Air Terjun Madakaripura merupakan sudut alam yang pasti mampu memanjakan sisi estetis siapa saja. Jadi jangan bingung menentukan kegiatan, rasa kekaguman bisa jadi sudah membuat Anda betah bertahan.

Tidak hanya di lokasi air terjunnya saja, di perjalanan pun setiap traveler akan kagum dengan pemandangan yang ada. Selama kurang lebih satu jam berjalan kaki berteman teduhnya pohon-pohon besar, juga melalui sungai-sungai dengan didominasi sejuknya udara pegunungan.

Pastikan saja menggunakan perlengkapan badan yang sesuai untuk perjalanan di daerah pegunungan, seperti sepatu atau sandal yang kuat dan tahan air. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan pakaian ganti, jas hujau atau bawalah payung untuk meminimalisir kemungkinan basah.

Ketika jarak semakin dekat, seiring dengan udara yang semakin dingin, Anda tidak akan bisa terbebas dari percikan air. Air terjun ini berada di ujung lembah sempit berbentuk ceruk. Benteng tebing-tebing curamnya senantiasa meneteskan air pada seluruh bidang hingga seolah hujan.

Pastikan semangat tetap terjaga. Berjalan lebih jauh dan dengan penuh kehati-hatian menaiki tebing sempit dan licin itu, sampailah di air terjun utama berdinding tebing melingkar. Nikmat Tuhan manalagi yang hendak Anda dustakan? bersyukurlah mendapat kesempatan seindah ini.

Rekomendasi terbaik, datanglah di pagi hari saat pengunjung masih sepi. Memang sejauh ini telah tersedia tempat untuk memantau aliran sungainya selama 24 jam. Meskipun begitu, usahakan kunjungan bukan di musim penghujan untuk menghindari hal-hal yang buruk.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Meski tidak seperti air terjun yang bertebaran di sekitar Kota Batu, seperti Coban Rondo, Coban Talun dan Coban Rais yang lengkap dengan beragam wahana. Fasilitas yang ada di Air Terjun Madakaripura sudah cukup memadai.

Di sekitar objek wisata alam ini telah ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Ada juga kamar mandi yang cukup bersih, ada lahan parkir dan juga masjid, serta persewaan payung. Demi keamanan wisatawan, bila perlu, ada juga jasa pemandu wisata berompi khusus.

Untuk mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap, termasuk beragam penginapan. Ide terbaiknya adalah menjadikan obyek wisata air terjun ini menjadi satu paket dengan wisata Bromo. Pastikan saja durasi liburan kali ini panjang dan nikmati pengalaman wisata yang lebih maksimal.

KeteranganHarga
Tiket Masuk WisnusRp 22.000
Tiket Masuk WismanRp 45.000
Jasa Ojek PP± Rp 50.000
Biaya ParkirRp 5.000-10.000
Sewa Jas Hujan± Rp 5.000
Sewa Payung± Rp 5.000
Tour GuideRp 150.000-250.000
Note: harga tiket masuk Air Terjun Madakaripura yang tersebut di atas belum tentu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rekomendasi Hotel di Probolinggo