Beranda
Air Terjun
Bali
Buleleng
Destinasi Wisata
Air Terjun Sekumpul Bali - Daya Tarik, Fasilitas dan Harga Tiket

Kawasan Buleleng terkenal sebagai destinasi wisata alam pegunungan Bali. Selain Danau Tamblingan dan Danau Buyan dalam kawasan objek wisata Bedugul, kabupaten di Bali Utara ini juga menawarkan sejumlah air terjun. Salah satunya adalah air terjun Sekumpul.

Meski tidak sepopuler wisata Air Terjun Gitgit, Sekumpul Waterfalls Bali tidaklah kalah dalam hal keindahan alamnya. Bahkan bagi sebagian traveler petualang alam, air terjun ini bisa jadi lebih menjawab gairah petualangan mengingat lokasinya yang tersembunyi.

Jika sebelumnya sobat traveler lebih mengenal Pulau Bali karena Pantai Kuta atau pantai-pantai lain di selatan Bali. Kini, cobalah menjelajahi Bali Utara. Sekumpul Waterfall sendiri bisa Anda kunjungi di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali.

Daya Tarik Air Terjun Sekumpul

Dinamakan Sekumpul bukan hanya karena berada di sekitar Desa Sekumpul, nama itu juga mewakili pesona alamnya yang menghadirkan sekumpulan air terjun. Setidaknya ada 7 air terjun dengan lokasi berbeda. Ketinggian dan debit airnya juga berbeda.

7 air terjun yang ada memiliki nama. Sekumpul Waterfall mewakili 2 di antaranya. 3 air terjun lainnya dinamakan Fiji, sementara ada 2 lagi yang belum diberi nama oleh warga. Turis-turis mancanegara menyebut sekumpulan air terjun ini "Seven Point Waterfall".

2 air terjun yang disebut Sekumpul sebenarnya masuk wilayah Desa Lemukih. Nama Air Terjun Sekumpul lebih dikenal karena pintu masuknya berada di Desa Sekumpul. Warga Lemukih sendiri menyebutnya Air Terjun Grombong atau Twin Waterfall.

Dari ketinggian, kita bisa melihat lanskap alam yang menawan. Di antara rimbun tetumbuhan tropis yang hijau berbukit-bukit, terlihat beberapa air terjun memberi garis-garis putih tipis namun tegas. Kesejukan demikian kentara, menenangkan suasananya.

2 air terjun utama yang umum dikunjungi, memiliki ketinggian dan sumber air yang berbeda. Sebelah kiri bersumber dari mata air yang selalu jernih airnya. Sebelah kanan cenderung keruh di musim penghujan karena bersumber dari sungai di Desa Sekumpul.

Nuansa alam yang asri mengisyaratkan perjuangan yang harus dilalui. Hanya dua air terjun saja yang dekat dengan jalan utama, air terjun lain terpisah. Jika ingin puas, kunjungi semua air terjun yang ada. Sekitar 5 menit trekking untuk masing-masingnya.

{next}

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun

KeteranganHarga
HTM DomestikRp 10.000
HTM Turis AsingRp 15.000
Parkir Roda 2Rp 2.000
Parkir Roda 4Rp 5.000
Note: harga tiket Air Terjun Sekumpul dalam daftar tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Sekumpul Waterfalls

Lokasi objek wisata Buleleng ini terletak di Desa Sekumpul atau Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai berjarak sekitar 86 km atau sekitar 3 jam. Dari Denpasar 75 km atau sekitar 2 jam berkendara.

Baik dari Bandara Ngurah Rai maupun Denpasar, sobat traveler akan melalui Jl. Denpasar-Singaraja. Termasuk juga melewati kawasan objek wisata Buleleng dengan kontur jalan naik turun. Pemandangan sekitar sangat bagus, lembah-lembah dengan kebun sayur.

Adapun jika berangkat dari arah Singaraja. Air Terjun ini berjarak kurang lebih 20 km atau 40 menit perjalanan berkendara. Waktu kunjungan terbaik adalah di pagi hari pukul 07.00-08.00. Jika beruntung, pelangi biasanya muncul di siang hari. Peta Lokasi.