Atlantis Ancol - Wahana, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, dan Jam Buka

Saat liburan tiba, salah satu destinasi wisata utama warga Jakarta dan sekitarnya adalah Ancol. Kawasan wisata legendaris, tak lekang oleh waktu, dan selalu diminati karena punya banyak pilihan tempat wisata. Atlantis Water Adventures Ancol atau Atlantis Ancol adalah salah satunya. Anda wajib berkunjung ke sana

Atlantis Ancol Jakarta
credit: instagram.com/atlantiswateradventures

Jadi, tak perlu jauh-jauh. Taman Impian Jaya Ancol Jakarta tetap menjadi destinasi liburan yang menarik bagi siapapun. Bahkan, apabila sebelumnya pernah ke Dufan atau Faunaland Ancol, saat ini Anda perlu melebar ke Atlantis Ancol. Kunjungi tempat wisata Ancol ini, dan ketahui semua informasi lengkapnya di artikel ini.

Daya Tarik Atlantis Ancol di Jakarta

Gelanggang Renang Ancol merupakan nama awal dari Atlantis Water Adventures di Ancol. Objek wisata ini telah resmi beroperasi sejak 28 Juni 1974. Hadir sebagai tempat rekreasi tematik yang mengusung konsep peradaban kuno Mediterania. Peradaban tersebut lenyap akibat letusan gunung api dan gempa bumi.

Itulah mengapa nama taman rekreasi Ancol ini berubah, sesuai dengan peradaban Yunani yang hilang tersebut, yakni Atlantis. Berada di area seluas 7 hektare, Atlantis Ancol meliputi 9 jenis kolam permainan air. Sesuai temanya, taman rekreasi Atlantis mengajak wisatawan bergembira berpetualang ke dunia yang hilang

Daya Tarik Atlantis Water Adventures
credit: instagram.com/atlantiswateradventures

Wahana Atlantis Water Adventures

Dari sembilan kolam permainan air di Atlantis Water Adventure Ancol, delapan di antaranya merupakan kolam utama. Menariknya, setiap kolam punya nama unik menyesuaikan tokoh-tokoh di dalam legenda Yunani. Tidak hanya itu, terdapat juga beraneka jenis atraksi dan wahana wisata menarik dan juga menantang.

Salah satu yang terpopuler adalah Poseidon Wave yang memungkinkan Anda merasakan sensasi terombang-ambing di kolam ombak,seolah di lautan. Lalu ada Antila River, kolam arus untuk menjelajah di air sambil bersantai. Uniknya, kolam itu mengandung garam. Anda tak akan tenggelam meski tanpa pelampung.

Khususnya jika Anda berlibur bersama teman atau keluarga, asah kemampuan berenang di Apollo Pool. Ini berupa kolam tanding dengan garis lintasan dan pijakan lompat mirip kolam untuk lomba renang. Ada juga Elephant Pool, kolam khusus anak-anak dengan fasilitas air mancur unik berbentuk belalai gajah nan lucu.

Tidak hanya itu, wahana air di Atlantis Ancol juga termasuk Rainbow Splash Pool dengan seluncuran menarik warna-warni. Atau, bisa mencoba wahana terbaru dari Atlantis Water Adventures, namanya Asthatirta yang diklaim sebagai wahana air terbesar di Indonesia. Di sini terdapat 8 seluncuran yang berbeda-beda.

Slide atau seluncuran di Atlantis Ancol tidak hanya ada di Asthatirta, ada lagi Dragon Slide. Di wahana ini, pengunjung bisa merasakan 3 sensasi di AquaSphere, Constrictor, dan The Rattler. Coba juga Dragon Race, atraksi untuk balapan di seluncuran. Dragon Race memiliki 4 jalur slides yang panjang, yakni 116,6 meter.

Mau menguji nyali dan menantang adrenalin? berarti Anda wajib coba Crazy Slide. Wahana Atlantis Ancol ini punya 2 slides di ketinggian 18,6 dan 22,8 meter. Atau, rasakanlah sensasi jatuh bebas dari ketinggian 14,8 meter dalam kecepatan 56 km/jam di Skybox. Anda hanya perlu 5 detik meluncur di slide 78,6 meter ini.

Wahana di Atlantis Waterpark Jakarta
credit: instagram.com/atlantiswateradventures

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Berlokasi di area wisata Ancol Jakarta yang terkenal, fasilitas di Atlantis Waterpark tentunya lengkap memadai. Fasilitas dasar umumnya tersedia, seperti toilet, area istirahat, tempat ibadah berupa mushola, loker, kamar bilas, dll. Ada ruang khusus ibu menyusui, persewaan baju renang/ban, dan banyak tempat makan.

KeteranganHarga Tiket
Tiket Masuk WeekdayIDR 80K-110K
Tiket Masuk WeekendIDR 130K
Tiket Masuk 6 BulanIDR 200K
Tiket Masuk 1 TahunIDR 340K
Tiket Kendaraan MobilIDR 25K
Tiket Kendaraan MotorIDR 15K
Harga tiket di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk harga tiket Sabtu-Minggu dan hari libur nasional umumnya lebih tinggi. Untuk update harga tiket terbaru, syarat & ketentuan, serta pembelian tiket secara online, kunjungi situs resmi Ancol, DI SINI.
Harga Tiket Masuk Atlantis Ancol
credit: instagram.com/atlantiswateradventures

Jam Buka dan Lokasi Atlantis Ancol

Jam Buka: Setiap hari, pukul 09.00 - 17.00
(pintu gerbang tutup 1 jam sebelum jam operasional berakhir)
Lokasi: Jl. Lodan Timur, No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Peta

Lokasi Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta sangat strategis sehingga tersedia berbagai opsi transportasi umum untuk mencapainya. Untuk kereta, Anda bisa menggunakan rute Tangerang, Serpong, Depok, Bekasi, dan Bogor. Selanjutnya, bisa juga naik bus TransJakarta ke Ancol melalui Koridor 1 dan Koridor 5.

Pilihan lain, bisa naik bus umum atau Kopaja. Cari jurusan Grogol-Ancol, Grogol Tanjung Priok, Blok M-Ancol, atau Kampung Melayu-Tanjung Priok. Untuk mikrolet / angkot, Anda bisa naik M 15 A dan M 15. Untuk kendaraan pribadi, rute tercepat ke kawasan Pantai Ancol Jakarta adalah dengan melewati jalan tol.