Beranda
Bali
Budaya
Destinasi Wisata
Tabanan
Jatiluwih Rice Terraces Bali - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket

Jatiluwih Rice Terraces. Wilayah Kabupaten Tabanan menawarkan eksotika pantai yang indah dan pegunungan bagi Pulau Bali. Meski wisata pantai di Tabanan kalah pamor dengan jajaran Pantai di Kuta, namun Tabanan memiliki Tanah Lot, salah satu ikon wisata dan budaya di Pulau Dewata yang mempesona.

Dalam nuansa hijau alamnya, Tabanan juga mempersembahkan Pura Ulun Danu Bratan. Selain itu, ada juga sejumlah desa wisata di Tabanan. Tersebutlah satu desa wisata yang populer mendunia, Jatiluwih namanya. Desa inilah yang pada tahun 2019 lalu menjadi destinasi spesial mantan Presiden AS, Barrack Obama.

Sebagai traveler pecinta keindahan, Anda perlu mengunjunginya. Jatiluwih Rice Terraces adalah nama populernya di kalangan turis mancanegara. Desa nan indah ini bisa Anda kunjungi di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Artikel ini adalah menu pembuka sebagai gambaran Anda untuk mulai mengaguminya.

Daya Tarik Desa Wisata Jatiluwih Tabanan

Daya tarik Desa Wisata Jatiluwih Tabanan Bali adalah hamparan persawahan yang subur menghijau. Desain terasering persawahan dengan pemandangan dramatis eksotis seketika memanjakan setiap mata yang memandang. Teras sawah demikian baik tertata seolah dipahat di lembah-lembah Bukit Batukaru.

Jatiluwih Rice Terraces adalah contoh terbaik dari sekian banyak perladangan di Pulau Bali. Panoramanya luar biasa indah, sementara juga mewakili kebermanfaatan budaya Subak. Bersama Pura Taman Ayun, Jatiluwih adalah lanskap budaya Bali yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 2012.

Jatiluwih dalam bahasa Bali berarti Jati yang Indah. Tempat di mana sisi estetis seseorang semestinya mencapai titik klimaks. Suasana yang menenangkan, alam pedesaan tradisional yang menakjubkan telah menempatkan desa wisata Jatiluwih sebagai satu di antara 10 tempat wisata teratas di Pulau Bali.

Liburan ke Bali, adalah ide yang sempurna menjelajahi tempat wisata di Tabanan. Terkhusus, kunjungilah desa eksotik pada ketinggian sekitar 700 mdpl ini. Membentang dan terbagi menjadi 303 hektare sawah, 697 hektare perkebunan, serta 24 hektar hutan lindung. Setiap bagiannya mencipta harmoni, indah menenangkan.

Lebih dari itu, di sekitar Jatiluwih Rice Terraces juga ada Air Terjun Yeh Ho yang tersembunyi dan Pura Taksu Agung, tempat memohon segala taksu. Juga, Pura Luhur Sri Rambut Sedana yang diyakini sebagai situs purbakala. Pura ini berfungsi sebagai tempat memohon kesejahteraan, kemakmuran dan kesuburan.

{next}

Fasilitas Wisata di Jatiluwih Rice Terraces

Sejak tahun 2000, Jatiluwih Rice Terraces telah menjadi tujuan wisata yang diminati. Terlebih sejak menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, meningkat setiap tahunnya. Seiring dengan itu, fasilitas wisata di Jatiluwih pun semakin lengkap.

Anda bisa dengan mudah menemukan tempat bersantap yang nyaman dengan pemandangan hijaunya persawahan. Untuk menunjang aktivitas, di beberapa spot juga menyediakan penyewaan sepeda. Ada juga operator yang menyediakan fasilitas berkuda. Aman, karena ditemani tour guide selama perjalanan.

HTM dan Rute Lokasi Jatiluwih Rice Terrace

Desa Wisata Jatiluwih berada di sisi utara Kabupaten Tabanan, tepatnya berada di wilayah Kecamatan Penebel. Dengan perjalanan berkendara, Anda bisa mencapainya dari Denpasar sekitar 1,5 jam. Atau, jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai Bali, sekitar 2 jam. Berikut daftar harga tiket masuk. Untuk peta lokasi, lihat di sini.

KeteranganHarga
Tiket Masuk WISNUSRp 15.000
Tiket Masuk WISMANRp 40.000
Note: harga tiket Jatiluwih Rice Terraces di atas tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.