Beranda
Badung
Bali
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Balangan Bali - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, Harga Tiket

Indonesia kaya pantai yang indah. Terlebih di destinasi wisata terbaiknya, Bali, surga pantai yang popularitasnya mendunia. Kuta menjadi sudut paling mencolok dalam hal ini. Tak hanya Pantai Kuta tapi juga pantai di Kuta Selatan, semuanya menawan, termasuk Pantai Balangan.

Jika tujuan liburan Anda adalah Bali, jangan lupa melebar ke pantai ini. Sekira 14 kilometer di selatan Kawasan Wisata Jimbaran. Lokasi persisnya berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali. Lanjutkan membaca agar tahu ragam aktivitas, fasilitas dan HTM-nya.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Sepertinya tidak ada pantai tersembunyi di Bali. Popularitas pariwisatanya telah mengabarkan keindahan Balangan yang dulunya bersembunyi. Desa tempatnya berada, Ungasan, benar-benar dianugerahi keindahan alam menakjubkan. Salah satu citra keindahan pesisirnya ada di pantai ini.

Hamparan pasir putihnya indah terbentang sejauh 1 km. Tidak ada yang membatasi melainkan dua tebing karang kokoh yang senantiasa mengapitnya. Tebing nan khas berselimut kehijauan memanjang mengikuti alur pasir putih bersihnya. Komposisi alamnya begitu memanjakan mata.

Jika definisi "sembunyi" didasarkan pada kunjungan. Dibanding pantai lain di Bali, Pantai Balangan lebih sepi. Sejenak, anggaplah pantai ini milik pribadi. Gradasi biru laut membentang luas sejauh mata memandang. Garis-garis putih ombak menandakan stabil gelombang airnya.

Pantai Balangan menghadirkan ombak yang tinggi, panjang dan besar sehingga menjadi salah satu pantai terbaik untuk surfing di Bali. Jika Anda adalah penggemar aktivitas tersebut, ini adalah pantai Anda. Tidak sedikit peselancar kelas dunia yang mencoba menaklukkan ombaknya.

Para surfer dunia, khususnya dari Australia, sangat betah di sini. Karena ombaknya cenderung menggila, Balangan tidak cocok bagi surfer pemula. Kegiatan wisata lain yang bisa dilakukan adalah bersantai berjemur menikmati pantai. Ada penyewaan kursi pantai sebagai penunjangnya.

Menjelajah pantai juga ide sempurna. Menyusuri pesisir, atau naik ke bukit, nikmati lanskap alam dari ketinggian. Dari kejauhan, terlihat perahu nelayan menepi di Kedonganan. Sekilas Bandara Ngurah Rai juga terlihat, nikmati juga lanskap pantai tetangga, Dreamland Beach.

Jika ingin lebih dekat dengan air, berenang juga bisa. Namun hati-hati, terutama jika ini adalah wisata keluarga yang melibatkan anak-anak. Bermain air dan berenang harus tetap dalam pengawasan. Pantai ini pun ideal bagi penggemar fotografi, termasuk jika Anda suka selfie.

Karena Pantai Balangan menghadap ke barat, matahari terbenam sangat indah di sini. Ini adalah salah satu pantai dengan sunset terbaik di Bali. Jadi, apapun aktivitasnya, pastikan bertahan hingga menjelang senja. Nikmatilah pemandangan sunset untuk memaksimalkan wisata Anda.

{next}

Harga Tiket Pantai Balangan Bali

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Roda 2Rp 5.000
Parkir Roda 4Rp 15.000
Note: harga tiket Pantai Balangan dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Meski tak sepopuler Nusa Dua, Pantai Kuta, dan Jimbaran, Pantai Balangan Bali dilengkapi fasilitas yang memadai. Akses jalan ke lokasi beraspal mulus, namun cukup sempit. Warung makanan dan minuman tersedia, serta sebuah kafe yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Fasilitas lain meliputi toilet, area parkir yang luas, serta penyewaan kursi pantai dan payung. Di sepanjang jalan menuju lokasi sudah banyak penginapan, villa, hotel, dll. Mudah mendapatkan akomodasi untuk menginap, berikut daftar beberapa rekomendasi hotel di Ungasan Bali:

Rute Lokasi Pantai Balangan Bali

Lokasi Pantai Balangan di Ungasan mudah ditemukan, dekat Pantai Dreamland yang terkenal. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai kurang lebih 17 kilometer atau 45 menit berkendara. Dari Pantai Jimbaran, sekitar 13 kilometer saja melalui Jl. Uluwatu menuju ke arah selatan.

Untuk transportasi, rekomendasi terbaik adalah menyewa mobil atau sepeda motor di Bali. Banyak opsi rental mobil Bali. Harganya bervariasi, ada yang menggunakan supir atau tanpa supir. Jika tanpa supir, harganya sekitar 200 ribuan. Untuk motor sewanya sekitar 75-100 ribu. Lihat Peta.