Beranda
Air Terjun
Daftar Menarik
Malang
Malang Raya
Air Terjun Indah di Malang, 13 Coban Tercantik dan Instagenik

Sebagai destinasi liburan terpopuler di Jawa Timur, Malang Raya menawarkan beragam pilihan tempat wisata yang menarik dikunjungi. Khususnya jika kamu suka wisata air terjun, puluhan air terjun indah di Malang senantiasa siap menyambut kedatangan siapa saja.

Wisata air terjun di Malang Raya jumlahnya sangat banyak dan tersebar merata di daerah pegunungan, baik di Kota Batu maupun di Kabupaten Malang. Oleh karena itu, kamu perlu memfilter air terjun mana saja yang wajib didahulukan. Berikut rekomendasi terbaiknya.

Wisata Sumber Pitu Pujon

Sumber Pitu Pujon merupakan salah satu air terjun terindah di Malang. Keberadaannya menghiasi alam pegunungan di daerah Pujon. Airnya terjun berbaris indah melalui tebing hijau, lapang, dan megah. Ada juga Coban Tunggal yang akan menyambut kedatanganmu.

Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Rp 10.000
Alamat: Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Coban Srengenge Malang

Di kawasan wisata alam ini terdapat tiga air terjun dengan daya tarik yang berbeda. Semuanya menawan, namun sejauh ini yang menjadi ikon wisatanya adalah air terjun kedua. Dalam debit yang besar aliran airnya melebar bak tirai alam yang menawan.

Jam Buka: Setiap hari, 07.00–18.00
Harga Tiket: Rp 10.000
Alamat: Tirtomarto, Kec. Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Coban Sewu

Tumpak Sewu yang terkenal keindahannya hingga di kalangan turis mancanegara, ternyata punya sudut pandang lain dari wilayah Malang. Coban Sewu namanya. Air terjun ini berlokasi di perbatasan Malang-Lumajang, sehingga punya dua spot untuk menikmatinya.

Jam Buka: Setiap hari, 07.00–05.00
Harga Tiket: Rp 10.000
Alamat: Wonokerto, Sidorenggo, Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Coban Jodo

Coban Jodo merupakan ujung dari serangkaian air terjun yang berada di Desa Ngadirejo, Kabupaten Malang. Pemandangan alamnya benar-benar eksotis menakjubkan. Jika kamu suka berkemah, terdapat camping ground di sekitar kawasan air terjun ini.

Jam Buka: Setiap hari, 08.00-15.00
Harga Tiket: Rp 10.000
Alamat: Bendolawang, Ngadirejo, Kec. Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

{next}

Air Terjun Coban Talun

Dengan akses mudah dan beragam opsi wisata lain di sekitarnya, Coban Talun menjadi begitu populer di kalangan wisatawan Kota Batu. Air terjunnya cantik berketinggian 75 meter dengan debit air yang besar. Hawa dingin demikian mendominasi kawasan ini.

Jam Buka: Setiap hari, 07.00–17.00
Harga Tiket: Rp 15.000
Alamat: Dusun wonorejo, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Coban Ciblungan Malang

Selanjutnya, ada Coban Ciblungan yang meski tidak terlalu tinggi namun desain alamnya sangat menawan. Komposisi air terjun berjajar rapi dengan satu air terjun yang utama di bagian tengah. Tatanan batu-batu di sekitar pun turut menyempurnakan eksotikanya.

Jam Buka: -
Harga Tiket: Rp 5.000 - Rp 10.000
Alamat: Sumberpitu, Sidorenggo, Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Coban Pelangi

Air terjun di Malang yang wajib dikunjungi juga termasuk Coban Pelangi yang berada di jalur pendakian Bromo-Semeru. Sesuai namanya, di waktu-waktu tertentu, Coban Pelangi sering berhiaskan warna-warni pelangi. Biasanya terjadi di siang hari sekitar pukul 10.00-13.00.

Jam Buka: Setiap hari, 08.00–16.00
Harga Tiket: Rp 10.000
Alamat: Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Coban Siuk

Air terjun indah di Malang yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah Coban Siuk di Desa Taji. Meskipun tebingnya tidak terlalu tinggi, komposisi alamnya demikian indah dan terjaga. Tidak jauh dari lokasi Coban Siuk juga terdapat air terjun indah lainnya.

Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Rp 15.000 (tiket + parkir)
Alamat: Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo bisa dikatakan sebagai salah satu objek wisata alam tertua di Malang. Tetap menjadi yang terfavorit hingga kini karena selain tinggi dan indah, kawasan wisata alam ini menawarkan banyak pilihan wisata lain, termasuk Labirin Coban Rondo yang terkenal.

Jam Buka: Setiap hari, 07.30–17.00
Harga Tiket: Rp 35.000 - Rp 40.000
Alamat: Krajan, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

{next}

Air Terjun Coban Jahe

Coban Jahe merupakan objek wisata alam terkenal di Malang. Kawasannya mencakup sejumlah air terjun yang sejuk dan indah. Selain itu, di sini terdapat banyak opsi fasilitas dan aktivitas wisata yang menarik. Salah satu yang wajib dicoba adalah river tubing.

Jam Buka: Setiap hari, 08.00–16.00
Harga Tiket: Rp 10.000 - Rp 15.000
Alamat: Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Coban Glotak

Coban Glotak merupakan salah satu air terjun tersembunyi di Malang sehingga suasananya terkesan lebih alami. Menariknya, air terjun berketinggian sekitar 100 meter ini merupakan bagian terbawah dari tujuh rangkaian air terjun yang menghiasi lereng Gunung Kawi.

Jam Buka: Setiap hari, 07.00–17.00
Harga Tiket: Rp 5.000 - Rp 10.000
Alamat: Jalan Raya Coban Glothak, Dalisodo, Wagir, Kab. Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Coban Rais

Sebenarnya, air terjun ini tersembunyi. Namun, pintu masuknya kini menjadi lebih meriah dengan adanya Batu Flower Garden, objek wisata selfie yang populer di Batu. Butuh trekking menyeberangi sungai serta mengitari perbukitan agar bisa menikmati air terjunnya.

Jam Buka: Setiap hari, 07.00–15.00
Harga Tiket: Rp 15.000
Alamat: Lingkar Barat, Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Sumber Pitu Tumpang

Di Malang, air terjun yang bernama Sumber Pitu tidak hanya satu. Selain di Pujon, ada juga Sumber Pitu di daerah Tumpang. Air terjun yang rimbun dan asri ini unik dengan tujuh aliran meski bersumber dari mata air yang sama. Berenang adalah aktivitas utama di sana.

Jam Buka: Setiap hari, 08.00-17.00
Harga Tiket: Rp 5.000 - Rp 10.000
Alamat: Krajan, Duwet Krajan, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bagaimana? kamu tertarik mengunjungi salah satu air terjun di atas? Tentu, daftar ini hanya mencakup sebagian kecil dari kumpulan air terjun indah di daerah Malang. Jadi, persiapkan dengan matang petualanganmu!