Air Terjun di Malang - 10 Coban Terindah Yang Wajib Anda Kunjungi

Air Terjun di Malang, Jawa Timur. Bagi traveler petualang, bukanlah objek wisata modern yang mereka cari. Mereka lebih menghendaki sudut-sudut alam nan molek, sejenak meresapi dan mengagumi keindahan untuk selebihnya bersenang-senang di dalamnya. Andakah salah satunya?

Air Terjun di Malang
credit: flickr.com/trugiaz, CC BY-NC-ND 2.0

Jika sedang berada atau punya rencana ke Jawa Timur, cobalah mempertimbangkan menjelajahi Malang Raya. Sebagai kawasan metropolitan dengan kunjungan wisata, salah satu yang terbesar di Indonesia, Malang kaya objek wisata alam. Mulai dari pantai hingga alam pegunungan.

Selain menyajikan panorama nan indah, pegunungan di Malang juga menyimpan ragam wisata air terjun nan menawan. Artikel ini akan mengajak Anda berpetualang maya, menjelajahi ragam air terjun di Malang. Tidak mencakup semuanya, hanya 10 air terjun Malang yang terlanjur mengagumkan.

Daftar 10 Air Terjun di Malang Raya

Coban Sumber Pitu Tumpang

Sumber Pitu Tumpang Malang
credit: instagram.com/yusuferoll

Sumber Pitu Tumpang adalah nama dari wanawisata air terjun yang terletak di sebelah barat Gunung Semeru. Sering kali juga disebut Coban Sumber Pitu, karena “coban” mewakili air terjun dalam bahasa Indonesia. Lokasi berada di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur.

Ini merupakan salah satu air terjun terindah di Malang, sehingga Anda perlu mengunjunginya. Unik karena memiliki 7 aliran meski bersumber dari mata air sama. Dengan debit air mencapai 1600 liter perdetik, aliran airnya sangat deras menerobos tebing yang rimbun oleh kehijauan.

Air Terjun Coban Ciblungan

Air Terjun Coban Ciblungan di Malang
credit: instagram.com/indraiswanto84

Coban Ciblungan sangatlah elok dan menawan, cenderung basah menyejukkan. Komposisi alamnya benar-benar tertata rapih dengan jajaran air terjun rendah dan satu air terjun utama. Selain berselimut rimbun kehijauan, tatanan batu-batu nan elegan turut menyempurnakan kemolekan alamnya.

Bagi pengagum keindahan, wajib hukumnya mengunjungi air terjun di Malang ini. Karena lokasinya yang mudah dijangkau, tidak dibutuhkan banyak energi untuk mencapainya. Secara administratif coban ini berada di Purwoharjo, Ampelgading, Sumberpitu, Sidorenggo, Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Coban Glotak

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Glothak Malang
credit: instagram.com/inedjem

Dikatakan bahwa, Coban Glotak adalah tingkatan terendah dari 7 air terjun yang ada di atasnya. Mengingat letaknya yang masih tersembunyi, memungkinkan keadaan alam di sekitarnya masih sangat alami. Lokasinya berada di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Air yang terjun dari ketinggian sekitar 100 meter ini mendarat bersama dengan batu-batu kecil sehingga menimbulkan bunyi yang khas “glotak-glotak”. Itulah awal penamaannya. Sebuah air terjun molek berseri menghias alam di lereng Gunung Kawi. Butuh usaha untuk menikmatinya.

Air Terjun Coban Rondo

Wisata Coban Rondo Malang
credit: flickr.com/johanwieland, CC BY-ND 2.0

Coban Rondo bisa dikatakan sebagai air terjun yang menjadi salah satu primadona wisata alam Malang Raya. Selain kecantikan alamnya, wanawisata Coban Rondo juga diperkaya oleh beragam wahana yang juga bertemakan alam, termasuk Cafe Daun Coklat dan Taman Labirin yang sedang naik daun.

Air terjun yang sejarahnya diselimuti oleh legenda Dewi Anjarwati ini sangat kaya aktivitas dan fasilitas. Selain itu, lokasinya dekat dengan Kota Wisata Batu. Sehingga banyak varian objek wisata alam lain di sekitarnya. Satu tempat wisata yang terdekat adalah wisata Paralayang Gunung Banyak Batu .

Coban Sumber Pitu Pujon

Rute Lokasi Coban Sumber Pitu Pujon
credit: instagram.com/sumberpitupujon

Air terjun di Malang yang bernama Sumber Pitu tidak hanya satu. Selain Sumber Pitu Tumpang, ada juga Sumber Pitu Pujon yang berjajar indah menghias tebing hijau yang gagah. Ketika tiba, jujurlah bahwa sobat mengaguminya. Hanya saja Anda butuh banyak energi untuk mencapainya.

Air terjun ini menyempurnakan alam pengunungan di wilayah Pujon. Anda bisa mendapatinya di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebelum sampai di air terjun utama, ada Air Terjun Coban Tunggal sebagai menu pembuka ketakjuban Anda. Jadi, datanglah!

Air Terjun Coban Tundo

Fasilitas Harga Tiket Masuk Coban Tundo
credit: instagram.com/yusuferoll

Wilayah Sumbermanjing Wetan di Malang Selatan sejauh ini memang dikenal karena koleksi pantainya yang menawan. Namun, bukan berarti tidak memiliki objek wisata alam lain. Di kecamatan ini, ada desa bernama Sidoasri yang memiliki air terjun, Coban Tundo nama air terjunnya.

Perihal kecantikannya, Coban Tundo adalah hasil perpaduan unik tiga tingkatan air terjun. Penamaan "Coban Tundo" lebih populer di kalangan wisatawan. Namun warga setempat lebih menyebutnya secara spesifik yakni “Coban Tundo 3” untuk menggambarkan ke tiga tingkatan air terjun ini.

Coban Supit Urang Pujon

Air Terjun Coban Supit Urang Malang
credit: instagram.com/andrian.lybot

Coban Supit Urang merupakan salah satu air terjun di Malang yang eksotis. Lokasinya tersembunyi sehingga butuh perjuangan mencapainya. Sobat traveler bisa menemukannya di area Taman Hutan Raya R Soeryo, tepatnya di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur.

Jika tertarik mengunjungi air terjun ini, bersiaplah untuk dimanja oleh tiga air terjun sekaligus. Pertama, adalah Coban Supit Urang. Di atasnya ada Coban Undak dan Coban Watu Talang. Yang pasti, jika ingin menikmatinya setiap traveler membutuhkan nyali dan energi yang mencukupi.

Air Terjun Coban Rais

Air Terjun Coban Rais Batu
credit: plus.google.com

Coban Rais adalah salah satu air terjun di Kota Batu yang pada gilirannya di permak dengan penambahan beberapa obyek wisata pendukung di sekitarnya. Sempat terkenal dengan nama Coban Sabrangan karena untuk mencapainya harus menyeberangi aliran sungai dan mengitari sebuah bukit.

Coban Rais adalah sudut yang melengkapi keindahan Gunung Panderman yang menjadi bagian dari Pegunungan Putri, pemisah antara kawasan Malang Raya dengan Kabupaten Blitar. Di sekitar pintu masuknya, di Bukit Bulu ada Batu Flower Garden yang memiliki banyak spot berswafoto.

Air Terjun Coban Talun

Wana Wisata Coban Talun Kota Batu

Sama halnya dengan Coban Rais, Coban Talun adalah air terjun yang ada di Kota Wisata Batu yang juga diperkaya oleh beragam wahana pendukung di wilayahnya. Air terjun berketinggian 75 meter di ketinggian 1000an mdpl ini, berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Coban Talun merupakan hulu dari sungai Brantas dengan memiliki debit air cukup besar sehingga menciptakan kabut uap air yang cukup luas. Air yang jatuh bak kapas itu senantiasa membatasi rimbun hijau yang menyelimuti tebing berwarna basah nan elegan. Udaranya sejuk menenangkan

Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi Malang
credit: flickr.com/trugiaz, CC BY-NC-ND 2.0

Jika punya rencana wisata ke Gunung Bromo atau mendaki Gunung Semeru melalui Malang, cobalah mampir sejenak untuk menikmati molekya air terjun Coban Pelangi. Lokasinya berada di sekitar jalur pendakian Semeru. Di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Diberi nama Coban Pelangi, karena air terjun ini sering mengeluarkan warna-warni pelangi. Tentu saja, pelangi biasa terjadi di jam-jam tertentu, yakni sekitar jam 10.00-13.00 siang. Apabila sobat traveler tiba di atas jam 2 siang biasanya kabut mulai turun sehingga menghalangi sinar matahari.

0 Comments

Posting Komentar