Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Bantol Malang - Fasilitas, Harga Tiket Masuk, dan Rute

Pembaca yang budiman yang berencana liburan, tentunya Anda setuju bahwa wisata pantai sungguh menyenangkan. Kalau setuju, datanglah ke Malang Selatan. Salah satu ide terbaik adalah ke Pantai Bantol di Dusun Sumberceleng, Banjarejo, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Wisata Pantai Bantol

Bantol adalah salah satu pantai tersembunyi di Kabupaten Malang. Ini berarti sesaat Anda bisa merasa bahwa pantai ini milik sendiri. Sebuah pantai kecil yang indah dengan pemandangan gugusan karang, air yang jernih, sementara tetap asri tanpa adanya kotoran atau sampah di sekitar pantainya.

Pantai Bantol berupa teluk sehingga gelombang laut tidak terlalu besar. Hanya saja, gelombang bisa berubah menjadi bahaya di saat musim pasang, ombak bisa menyapu pantai dengan derasnya. Ketika surut, pantai terlihat cantik, gugusan karang menawan ketika pantulan air yang jernih terkena sinar matahari.

Selain panorama alam pantai, Pantai Bantul juga menawarkan obyek wisata religi. Di sini terdapat karang Pesanggrahan menjorok ke laut yang sering dikunjungi peziarah. Pesanggrahan tersebut berbentuk semi permanen, berlantai semen dengan tangga yang terbuat dari batu kapur.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Satu hal yang menarik dari Pantai Bantol Malang adalah keberadaan beragam jenis udang lobster. Jika Pembaca adalah salah satu penggemar udang, pantai ini benar- benar akan menyibukkan Anda.

Berbagai jenis lobster bisa Anda temukan di sini, mulai dari lobster warna, lobster kembang dan juga lobster macan yang harganya terbilang paling mahal, berkisar 80-110 ribu rupiah perkilo.

Pantai Bantol adalah salah satu pantai Malang yang menawarkan hijaunya hutan mangrove. Lebarkanlah penjelajahan dan segera meluncur ke danau air payau yang memang khas dengan hutan mangrove. Tentu menyenangkan menikmati suasana menenangkan di sekitar danau tersebut.

Jangan hanya berhenti di situ. Masuklah ke hutan jati, jelajahi dan kagumi desain artistiknya gua-gua batu kapur di sana. Pegunungan kapur yang ada di Malang Selatan termasuk salah satu sebaran karst terbaik di Pulau Jawa, kaya akan kandungan geologis dan keindahan goa.

Kunjungi juga karang Pesanggrahan karena merupakan spot terbaik untuk melihat betapa cantiknya pantai ini. Anda bisa memandang laut lepas dan batas-batas garis pantai dari ufuk timur hingga ke arah matahari tenggelam. Di bulan- bulan tertentu, sunset terlihat sangat menawan dari karang tersebut.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu pantai yang baru dan masih perawan di Malang Selatan, Pantai Bantol belum didukung fasilitas wisata yang memadai. Hanya tersedia beberapa warung penjual makanan dan minuman, kamar mandi serta tempat parkir yang cukup luas.

Menginap adalah ide yang bagus karena di sinilah tempat terbaik menikmati keindahan matahari tenggelam. Hanya saja belum tersedia penginapan, jadi satu- satunya cara adalah berkemah dengan mendirikan tenda. Tentu saja harus dipersiapkan dulu segala yang dibutuhkan untuk itu.

Satu hal yang patut disayangkan dari Pantai Bantol adalah akses jalan yang kurang bagus. Namun sebulan yang lalu terdapat kabar tentang perbaikan jalannya dan pantai ini sempat ditutup untuk beberapa waktu. Update: menurut kabar, kini sudah tersedia penyewaan ATV.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000
Note: harga tiket masuk Pantai Bantol dalam daftar di atas belum tentu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Bantol Malang

Rute perjalanan ke pantai ini sebenarnya mudah, hanya saja akses jalan ketika mendekati lokasi pantai yang kurang bagus. Pantai ini berada satu jalur dengan rute ke Pantai Ngliyep, salah satu wisata pantai populer di Malang.

Dari Malang, lanjutkan perjalanan Anda ke selatan menuju ke Kepanjen hingga daerah Pagak. Ketika sampai di perempatan Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, belok ke selatan. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan menembus hutan kurang lebih 10 km. Peta Rute.