Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Coban Nirwana Malang - Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Rute

Coban Nirwana Malang. Wisata Alam sudah pasti dan akan selalu digemari oleh sebagian besar wisatawan. Dalam hal ini, kawasan Malang Raya merupakan salah satu destinasi unggulan karena anugerah alam sudah sedemikian tersebar di setiap bagiannya.

Jenis wisata alam apa saja yang semua orang inginkan, hampir semua tersedia di Malang Raya. Tidak terkecuali air terjun. Jika sebelumnya ditulis mengenai Coban Rondo, artikel ini akan mengulas "coban" yang terbilang masih baru populer, yakni Coban Nirwana.

Daya Tarik Air Terjun Coban Nirwana

Sebelum banyak yang tahu, sebenarnya nama air terjun ini adalah Coban Mbok Karimah. Nama tersebut berkaitan dengan nama sesepuh yang tinggal di sekitar air terjun. Seiring banyak yang terpikat oleh keindahannya, namanya pun berganti menjadi Coban Nirwana.

Istilah nirwana merupakan gambaran tentang desain alam dari wanawisata ini yang memang menakjubkan. Selebihnya, ada juga yang menyebutnya Coban Gedangan karena air terjun ini berlokasi di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Coban Nirwana menawarkan suguhan pemandangan yang luar biasa. Terutama melalui desain tebing bebatuan bertingkat. Keadaan ini memungkinkan air yang terjun tersebar di beberapa bagian mengikuti alur tebing batuan hingga tergenang membentuk sebuah kolam.

Kokohnya tebing beserta batu-batu yang tertata acak itu selalu basah. Warnanya mengkilap elegan. Dari jarak yang termaklumi, pemandangan benar-benar eksotik. Warna tebing yang kecoklatan cukup mendominasi, sementara air yang terjun tersebar bagaikan tirai putih yang cantik.

Semua itu kemudian disempurnakan oleh kehijauan tetumbuhan yang seolah berharap melindungi setiap bagian keindahan yang tersaji. Peralihan namanya menjadi air terjun Coban Nirwana tidaklah berlebihan, sebab pesona alamnya membuat bahagia setiap yang datang.

Ketika berkunjung ke air terjun ini, tentunya persiapkan banyak rasa kagum dan bahagia. Meskipun setiap traveler memiliki cara unik menikmati wisata mereka, yang pasti bermain air dan berenang adalah aktivitas bagi sebagian besar orang.

Berfoto ria? itu bukanlah aktivitas yang menunggu dipinta, semua orang pasti melakukannya. Jadilah sedikit berenergi dan jelajahilah setiap bagian air terjun ini. Mencoba berjalan lebih jauh, naik ke atas tebing dan menikmati keindahan dari atas ketinggian.

Bisa juga menelusuri dan mencoba turun sedikit lebih jauh. Lihatlah, betapa batu-batu yang tertata acak itu seolah memberi petunjuk bagi aliran air kemana harus mengalir. Jangan lupa, di setiap aktivitas di air terjun ini, cobalah lebih teliti pada spot-spot terbaik untuk diabadikan.

{next}

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Sebagai obyek wisata yang masih terbilang baru, sejauh ini air terjun ini hanya dikelola sebisanya oleh warga setempat. Belum tersedia fasilitas yang memadai. Sehingga menuntut setiap yang datang untuk membawa perbekalan sendiri.

Harga Tiket Masuk: Sejauh ini belum ada biaya masuk yang dibebankan kepada pengunjung. Jadi, nikmatilah wisata alam ini dengan gratis, namun mohon dengan sangat jagalah kebersihan. Biaya mungkin hanya untuk parkir kendaraan.

Rute ke Lokasi Coban Nirwana Malang

Wisata air terjun ini beralamatkan di Desa Sumberbende, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari Kota Malang lokasinya berjarak kurang lebih 50 kilometer dengan durasi perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Malang, lanjutkan perjalanan ke arah Gadang dan Turen hingga ke Gedangan. Obyek wisata ini cukup dekat dengan Pasar Gedangan. Jika masih bingung, cobalah bertanya kepada warga setempat ketika sudah semakin dekat dengan Pasar Gedangan. Peta Lokasi.