Beranda
Budaya
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Pacitan
Goa Gong Pacitan - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, & Harga Tiket

Goa Gong Pacitan. Julukan Kota Seribu Goa telah lama disandang Pacitan untuk mengukuhkan eksotika alam kabupaten di ujung barat daya Jawa Timur ini. Lengkap sudah anugerah alam yang terbentuk, melengkapi pesona pantai-pantai indah di pesisir selatannya.

Pegunungan Karst yang mendominasi wilayahnya, menyimpan ragam goa yang unik dan menarik. Ada yang merupakan kompleks goa terluas di Asia Tenggara, ada yang bisa mengeluarkan alunan gamelan Jawa. Dan, ada juga Goa Gong sebagai yang terindah se-Asia Tenggara.

Adalah ide yang menarik jika menetapkan Kabupaten Pacitan sebagai destinasi liburan. Jika Anda setuju, Gua Gong adalah salah satu obyek wisata yang wajib dituju. Sebagai bekal informasi, Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk, lanjutkan dulu membaca artikel ini.

Daya Tarik Wisata Goa Gong

Objek wisata goa ini menawarkan keindahan melalui komposisi stalagmit (kumpulan kalsit) dan stalagtit (batu tetes menggantung) berwarna-warni. Keduanya tertata sedemikian rupa menghiasi lantai dan langit-langit gua yang memiliki kedalaman hingga 256 meter ini.

Meski telah berumur ratusan tahun, masih terlihat tetesan air yang menandakan proses pembentukan stalagmit dan stalagtitnya masih berlangsung. Adapun warna-warna yang ada, berasal dari lampu hias yang terpasang sebagai penerang, sekaligus mempercantik ruangan goa.

Daya tarik lain Goa Gong di Pacitan ini adalah batu marmer tembus cahaya yang katanya terbesar dan terindah di Asia Tenggara. Goa ini sendiri memiliki beberapa ruang dengan fasilitas berupa tangga berpegangan besi. Terdapat juga kipas angin untuk sirkulasi udara.

Perihal namanya, berkaitan dengan salah satu batu yang jika dipukul akan mengeluarkan suara seperti suara Gong (salah satu perangkat Gamelan). Ada juga kisah yang menyebutkan bahwa di masa lalu masyarakat sering mendengar suara mirip suara gong dari dalam goa.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu objek wisata alam budaya terkenal di Pacitan, wisata Goa Gong telah memiliki fasilitas wisata yang cukup memadai. Di sekitar tempat parkirnya yang cukup luas atau kurang lebih 100 meter dari pintu masuk, telah berjajar aneka pedagang.

Selain penjual makanan dan minuman, di sini banyak juga pedagang yang menjajakan beragam souvenir untuk oleh, seperti batu akik, baju khas Pacitan, serta masih banyak lagi. Fasilitas ibadah juga tersedia berupa mushola, serta ada juga kamar mandi bersih.

KeteranganHarga
Tiket MasukDewasaRp 10.000
 Anak-AnakRp 5.000
ParkirSepeda MotorRp 2.000
 MobilRp 5.000
 Bus / Mini BusRp 10.000
Pemandu WisataRp 30.000
Note: harga tiket masuk Goa Gong Pacitan dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Goa Gong Pacitan

Secara administratif, obyek wisata ini berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan, goa ini berjarak sekitar 40 kilometer ke arah barat dengan akses jalan yang sangat mudah.

Apabila berangkat menggunakan alat transportasi umum, sobat traveler bisa naik bus dan turun di Pasar Punung. Lanjutkan dengan naik angkot atau menggunakan jasa ojek. Untuk mempermudah perjalanan Anda, bisa memanfaatkan peta lokasi, Di sini.