Pantai Kelang - Daya Tarik Wisata, Harga Tiket, Fasilitas, Rute Lokasi

Pantai adalah salah satu tujuan wisata favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Pun demikian dengan masyarakat di Serdang Bedagai, kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Beruntungnya, Serdang Bedagai punya banyak pantai indah. Pantai Kelang termasuk yang populer di sana

Pantai Kelang Serdang Bedagai
credit: instagram.com/karlina.siregar

Bila punya rencana atau sedang berada di sekitar Serdang Bedagai, jangan lupa mampir ke Pantai Kelang (Klang). Lokasinya berada di Sei Naga Lawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara. Mengenai daya tarik, fasilitas wisata, harga tiket masuk, dan rute lokasinya, teruskan membaca ulasan wisata di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Kelang

Pantai Klang merupakan tempat wisata alam terkenal di Sergai (Serdang Bedagai). Spot favorit, terutama bagi masyarakat kabupaten tersebut. Pantai ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk sekedar melepas penat atau menghabiskan akhir pekan. Tidak jarang juga wisatawan luar daerah mengunjungi pantai ini

Suasana pantainya nyaman dengan panorama perairan Selat Malaka yang membentang luas. Pasir pantai yang putih terhampar landai memanjang. Barisan pohon cemara tepi pantai dan hembusan semilir angin juga turut menawarkan kedamaian. Cocok sebagai tempat bersantai bersama sahabat ataupun keluarga.

Menggelar tikar di bawah rindang cemara dan bercengkerama adalah ide yang bagus sambil menikmati suasana dan pemandangan. Bisa juga menyusuri tepi pantai demi menemukan spot keindahan dari sudut pandang berbeda. Di Pantai Kelang, pastikan juga datang ke sumur tua yang unik tapi terkesan keramat.

Meski terletak di tepi laut, air sumurnya tawar tidak asin. Sumur ini juga kental dengan mitos, ada yang mengatakan sumur itu peninggalan Raja Sisingamangaraja. Ada lagi kisah tentang ibu yang melahirkan hingga 11 kali yang di saat melahirkan kembali, anak yang sudah terlahir sebelumnya meninggal dunia.

Begitu seterusnya hingga 11 kali. Saat lahir anak yang ke-11, suaminya yang meninggal. Karena dianggap membawa sial, ibu dan anak itu diusir warga hingga bertemu seorang kakek yang memberinya tongkat dan bibit. Kakek itu berpesan, sang ibu disuruh menebar bibit dan menancap tongkat jika dalam bahaya.

Singkat cerita, sang ibu pun menebar bibit dan menancapkan tongkat saat mengalami kesulitan. Tongkat yang ia tancapkan menjadi sumur dan bibit menjadi pohon pandan di dekat sumur. Di sekitarnya juga ada dua hamparan tanah berpasir putih yang konon adalah tempat berdirinya dua orang sakti yang berkelahi.

Fasilitas Wisata di Pantai Klang Sergai
credit: instagram.com/rio_revaldo

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meskipun bukan merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di Sumatra Utara, Pantai Kelang Serdang Bedagai memiliki fasilitas wisata yang terbilang lengkap. Akses jalan untuk mencapainya pun cukup bagus dan bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Area parkir kendaraannya pun memadai.

Fasilitas umum meliputi ruang istirahat, toilet atau kamar mandi, banyak warung makanan dan minuman, serta beberapa pondokan. Karena termasuk objek wisata bahari, menu makanan di sini lebih didominasi oleh seafood. Sayangnya, fasilitas di Pantai Kelang cenderung seadanya dan kondisi pantai kurang bersih.

Lalu, bagaimana dengan harga tiket masuk Pantai Kelang? biaya masuk ke Pantai Klang sejauh ini sebesar IDR 15K. Biaya lainnya mencakup membayar parkir kendaraan kurang lebih sebesar IDR 5K. Selebihnya, apabila pengunjung ingin menikmati fasilitas pondokan, perlu membayar biaya sewanya sekitar IDR 40K.

Harga Tiket Masuk Pantai Kelang Sergai
credit: instagram.com/rio_revaldo

Lokasi dan Rute ke Pantai Klang

Secara administratif, Pantai Kelang berlokasi di Sialang Buah, Teluk Mengkudu, Sei Naga Lawan, Serdang Bedagai, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Lokasinya mudah ditemukan dan bisa Anda capai, baik dari arah Desa Simpang Buluh atau Simpang Mata Pao. Untuk mempermudah, gunakan Peta Lokasi.