Beranda
Destinasi Wisata
Jakarta
Jakarta Utara
Pantai
Pantai Ancol Jakarta - Sejarah, Fasilitas, Aktivitas, Harga Tiket

Selain Kepulauan Seribu, Ancol Taman Impian merupakan tujuan wisata favorit bagi masyarakat perkotaan di Ibukota Jakarta dan sekitarnya. Kawasan wisata di pesisir utara Jakarta ini termasuk pantai-pantai yang indah. Di Pantai Ancol inilah umumnya warga ibukota melepaskan penat dari hiruk-pikuk rutinitas harian mereka.

Berbicara mengenai pantai di Ancol, setidaknya kita akan membahas wisata taman dengan beberapa pantai. Ada Pantai Festival, Pantai Indah, Pantai Elok, Pantai Ria, dan Carnival Beach Club dll. Tidak hanya itu, kawasan wisata terpadu ini mencakup sebuah danau dan beragam tempat wisata modern yang semuanya menarik.

Jika Anda adalah warga Jakarta, pasti tidak asing lagi dengan Pantai Ancol, atau mungkin sudah sering mengunjunginya. Sementara itu, bagi sobat traveler dari daerah lain, sekali waktu menyiapkan liburan ke Taman Impian Jaya Ancol Jakarta adalah ide bagus. Informasi berikut ini bisa menjadi menu pembuka wisata Anda.

Sejarah Taman Impian Jaya Ancol

Kawasan wisata terpadu yang kini menjadi destinasi wisata terbesar di Indonesia ini dulunya adalah rawa-rawa. Sebenarnya, potensi Ancol sebagai destinasi wisata sudah menarik perhatian pemerintah sejak abad ke-17, di masa Hindia Belanda. Oleh karena terjadi Perang Kemerdekaan, potensi besar itupun seolah terabaikan.

Selanjutnya, melalui insiatif Presiden RI Ir. Soekarno, ditunjuklah Gubernur DKI Jakarta dr. H. Soemarno Sosroatmodjo sebagai pelaksana pembangunan kawasan Ancol di akhir 1965. Lalu, proyek tersebut dilanjutkan Gubernur Ali Sadikin dengan PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Wisata Ancol.

Seiring dengan meningkatnya perkembangan perusahaan, tahun 1992 BPP Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol. Proyek Ancol akhirnya "go public" pada 2 Juli 2004 dengan status baru PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Kawasan wisata Ancol mencakup belasan spot wisata, Taman dan Pantai Ancol termasuk di dalamnya.

Selain mencakup beberapa pantai, wisata Taman Pantai Ancol termasuk Danau Impian, sepanjang kurang lebih 6.5 km, dengan promenade di sepanjang pantainya. Di sini juga ada Beach Park di Pantai Lagoon yang berisi aneka wahana watersport seperti Banana dan Donut Boat, Swan Pedal Boat, Kayak, dan Permainan Aqua Fun.

{next}

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pantai-pantai Ancol. Ideal bagi keserbajenisan wisatawan, tidak terkecuali jika wisata kali ini adalah liburan keluarga. Di pasir putihnya yang cukup panjang, para pengunjung bisa bersantai, bermain bola pasir, bermain air, berenang dan masih banyak lagi.

Di sini ada promenade (pedestrian) selebar 8 meter, Anda bisa menjelajahi sekitar. Ada penyewaan sepeda yang bisa dimanfaatkan untuk berkeliling menikmati suasana pantai, baik pagi maupun sore hari. Jika lelah tiba, istirahat dan menikmati kuliner adalah ide bagus, banyak pilihannya, mulai ringan hingga berat.

Jika liburan di Ancol kali ini melibatkan anak-anak, rekomendasi terbaiknya adalah ke Pantai Ria Ancol. Mereka pasti betah bermain di hamparan pasir putih yang bersih. Di pantai ini juga ada wahana bermain anak yang bentuknya menyerupai kapal. Sayangnya, Pantai Ria tidak ideal untuk berenang karena dasarnya curam.

Bagaimana dengan selfie? semua sudut pantai-pantai di Ancol bisa menjadi spot terbaik untuk mengabadikan diri. Di sini ada kawasan Pantai Bende yang populer karena jembatan dengan sebuah pendopo di ujungnya. Puaskan berswafoto ria di sana, khususnya di sore hari ketika suasananya berubah menjadi lebih romantis.

Pantai Ancol juga termasuk pantai Karnaval sebagai tempat populer digelarnya acara atau event besar nasional. Di hari-hari biasa, pantai ini lebih hidup di malam hari. Tempat terbaik menikmati suasana malam diterangi gemerlap cahaya. Banyak tempat wisata kuliner berpusat di pantai ini, harganya pun bersahabat.

Jangan lupa ke Pantai Marina dengan dermaga yang menjadi pintu awal menuju Pulau Seribu. Di Pantai Ancol, wisatawan dijamin sibuk berbahagia. Aktivitas di atas belum mencakup bermain Swan Pedal Boat di Danau Monumen Ancol dan Aquafun. Ketika weekend, Anda bisa bergabung dalam aktivitas yoga, fun dance dan aerobik.

Jika menghendaki sesuatu yang lain, bisa meluncur ke Outbondholic Ancol Adventure Park yang masih berada di kawasan Pantai dan Taman Ancol. Wahana khusus untuk para pecinta alam dari segala usia. Sesuai namanya, Outbondholic berupa lahan hijau dengan beragam fasilitas untuk aktivitas uji adrenaline di alam terbuka.

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol

KeteranganHarga
Tiket Masuk
  • Weekday: Rp 25.000
  • Weekend: Rp 25.000
Paket berempat dengan 1 kendaraanRp 115.000
Annual Pass AncolRp 1.000.000
Parkir Sepeda MotorRp 20.000
Parkir MobilRp 30.000
Note: Update info tiket 22 November 2023. Harga tiket masuk Pantai Ancol dalam daftar di atas tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk update harga, booking online, syarat dan ketentuan, kunjungi situs resminya, DI SINI
{next}

Lokasi dan Jam Buka Wisata Ancol

Jam Buka: 24 Jam
Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta

Lokasi Kawasan Wisata Ancol Jakarta sangat strategis sehingga tersedia berbagai opsi transportasi umum bagi wisatawan yang ingin mencapainya. Untuk kereta, Anda bisa memakai rute Tangerang, Serpong, Depok, Bekasi dan Bogor. Selanjutnya, Anda bisa juga naik bus TransJakarta ke Ancol melalui Koridor 1 dan Koridor 5.

Opsi lain, naik bus umum atau Kopaja. Cari jurusan Grogol-Ancol, Grogol Tanjung Priok, Blok M-Ancol, atau Kampung Melayu-Tanjung Priok. Untuk mikrolet atau angkot, bisa naik M 15 A dan M 15. Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute tercepat ke kawasan Pantai Ancol di Jakarta Utara adalah dengan melewati jalan tol.

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Selain indah dan menawarkan beragam aktivitas menarik, pantai-pantai di Ancol didukung fasilitas yang sangat lengkap. Seperti yang telah disebutkan di awal, di sepanjang pantai terdapat promenade. Di sekitar kawasan pedestrian ini terdapat beragam pilihan fasilitas kuliner yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada juga fasilitas transportasi, yakni Kereta Wisata Sato-Sato. Dengan naik kereta tersebut, wisatawan bisa dengan mudah menjelajah hingga ke berbagai spot. Selain juga sebagai wahana rekreasi, kereta bisa mengantar ke Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana dengan akomodasi? jika butuh tempat menginap, banyak sekali penginapan, homestay, guest house, dan hotel di daerah Ancol dan sekitarnya. Tarif permalam pun bervariasi, mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 500 ribuan ke atas. Berikut beberapa rekomendasi hotel yang bisa Anda pertimbangkan salah satunya: