Pantai Teleng Ria Pacitan - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Pacitan adalah salah satu destinasi terbaik bagi para traveler pantai yang ingin berkunjung ke Jawa Timur. Selain wisata Goa yang menjadi ciri khasnya, julukan Kota Pacitan juga diperkuat oleh jajaran pantai di pesisir selatannya. Dan, Pantai Teleng Ria adalah satu di antara wisata pantai populer di sana.

Pantai Teleng Ria Pacitan
credit: isawasi, CC BY-NC-ND 2.0

Pantai ini menjadi sangat terkenal, salah satunya karena dekat dengan Kota Pacitan. Hanya berjarak sekitar 3,5 km dari pusat kota, atau kurang lebih 5 menit berkendara. Karena dekat, Pantai Teleng Ria tak pernah sepi pengunjung. Selain itu, pantai ini juga menawarkan banyak aktivitas di areanya yang luas.

Dalam hal keindahan, lanskap pantainya berlatar rangkaian Gunung Limo. Garis pantainya memanjang 2,4 km dengan dua pantai lain membatasinya. Pantai Pancer Door, salah satu spot surfing Pacitan membatasi sisi timurnya. Selanjutnya di sisi barat, ada Pantai Tamperan yang populer dengan hasil laut.

Aktivitas di Pantai Teleng Ria Pacitan

Dengan areanya yang mencapai kurang lebih 40 hektar, Pantai Teleng Ria di Pacitan menawarkan beragam aktivitas menarik untuk wisatawan yang mengunjunginya. Pantai ini bisa dinikmati oleh pengunjung dari segala usia, sehingga cocok bagi wisata keluarga yang mengajak serta anak-anak mereka.

Karena mengusung karakter ombak pantai selatan yang cenderung besar, sebenarnya pantai ini kurang cocok untuk bermain air atau berenang. Meski demikian, pengunjung tetap bisa melakukannya dengan tetap berhati-hati. Terutama ketika petugas telah meniupkan peluit agar pengunjung segera menepi.

Jika memang suka bermain air, Teleng Ria juga termasuk wahana waterpark dengan harga tiket terusan yang bersahabat. Selain itu, pantai ini juga memiliki area sejuk dan teduh oleh cemara udang. Hutan yang terkenal sebagai Kampung Cemara tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai tempat bersantai.

Selebihnya, bagi penggemar fotografi, banyak spot menarik untuk diabadikan. Termasuk bagi penyuka selfie, ada beberapa spot yang memang sengaja dibuat untuk berswafoto ria. Jika datang di hari Minggu atau hari-hari libur lainnya, biasanya suasana pantai ini juga dimeriahkan oleh acara hiburan.

Selebihnya, di hamparan pasirnya yang luas dan panjang, wisatawan bisa sepuasnya bermain permainan pantai, seperti bola volly atau sepak bola. Bisa juga susur pantai dengan berjalan kaki atau bersepeda. Menjelahlah hingga di sisi barat, naik ke atas bukit dan nikmati pemandangan di atas ketinggian.

Fasilitas Wisata Pantai Teleng Ria di Pacitan
credit: unsplash.com/@husniatisalma

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Pantai Teleng Ria adalah tempat wisata terkenal di Pacitan, sehingga fasilitasnya sangat memadai. Sebagai penunjang aktivitas, di areanya ada waterpark serta area teduh cemara udang sebagai tempat bersantai. Ada juga beberapa spot buatan untuk berswafoto, seperti ayunan dan lain sebagainya.

Untuk konsumsi, banyak tersedia warung penjual makanan dan minuman, ragam jenis restoran dan masih banyak lagi. Banyak juga kios oleh-oleh khas Pacitan. Untuk akomodasi, beragam penginapan dengan mudah Anda temukan. Lahan parkirnya pun luas dan memiliki beberapa toilet atau kamar mandi.

KeteranganHarga
Tiket MasukIDR 10K
Parkir Roda 2IDR 3K
Parkir Roda 4IDR 5K
Parkir BusIDR 10K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Harga Tiket Masuk Teleng Ria Beach
credit: isawasi, CC BY-NC-ND 2.0

Rute Lokasi Pantai Teleng Ria Pacitan

Menuju lokasi pantainya sangatlah mudah dan bisa ditempuh dari beberapa jalur, bergantung dari arah kedatangan Anda. Apabila datang dari arah Solo-Pacitan, ketika sampai di Polsek Pacitan, Anda bisa belok kanan atau ikuti saja petunjuk yang mengarah ke Pantai Teleng Ria Pacitan.

Jika berangkat dari Trenggalek, Anda bisa menggunakan Jalur Lintas Selatan (JLS), tinggal ikuti saja petunjuk yang mengarah ke pantai ini. Jika dari Ponorogo, ambil jalan utama Pacitan-Solo hingga di depan Dinas Pariwisata, belok ke kiri. Gunakan peta lokasi, di sini untuk mempermudah.

0 Comments

Posting Komentar