Beranda
Destinasi Wisata
Gunung Kidul
Pantai
Yogyakarta
Pantai Drini Yogyakarta - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, & Rute

Pantai Drini. Sejauh ini pantai tetap menjadi tujuan bagi kebanyakan wisatawan. Alam pantai memang cukup menjawab kebutuhan wisata sebagian besar dari mereka. Sebagai salah satu primadona pariwisata di Indonesia, Yogyakarta juga kaya pesona pantai di sepanjang pesisir selatannya.

Di antara yang istimewa, tersebutlah nama Pantai Drini yang dengan segala daya tariknya memang layak wisatawan kunjungi. Jadilah beruntung dengan sejenak menjadi bagian keindahannya. Bersegeralah mengunjunginya di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Daya Tarik Pantai Drini Jogja

Keistimewaan pantai ini terutama terwakili oleh keberadaan pulau karang yang terletak di tengahnya. Pulau tersebut kemudian membagi permukaan pantai menjadi dua bagian, timur dan barat. Uniknya, kedua bagian tersebut mengusung karakter yang sangat bertolak-belakang.

Di sisi timur lebih menonjolkan kemaskulinan alam yang khas dengan karakter keras tebing karang. Sementara itu, di sisi barat lebih menggambarkan suasana yang menenangkan. Kedua sisi yang berbeda itulah yang mampu menjawab uniknya selera alam para wisatawan yang datang.

Perihal penamaan pantai ini masih ada hubungannya dengan pulau kecil yang berada di tengah pantai. Konon, pulau karang tersebut banyak ditumbuhi tumbuhan santigi (pemphis acidula) atau yang dalam bahasa masyarakat setempat disebut Drini.

Selain itu pantai ini bukanlah pantai yang landai, karena lerengnya cukup curam mencapai hingga 10 derajat dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Karena berlokasi di pesisir selatan, gelombang air pun tetap mengusung ombak yang cenderung besar.

Selebihnya, pemandangan di Pantai Drini Jogja tercipta apik melalui komposisi alamnya. Memadukan dominasi keragaman batuan karst Gunungsewu yang berselimutkan hijaunya tetumbuhan dengan hamparan pasir putih dan tebing-tebing karang nan elegan.

Sementara itu, permukaan berkarang dengan bentuknya yang artistik berulangkali berhasil menjebak air asin yang dihempas oleh gelombang ombak. Kolam alami mirip laguna pun tercipta, sebagai tempat ternyaman bermandi air laut dalam kehangatan siang hari.

Pantai Drini di Gunungkidul Yogyakarta semakin menawan dengan pesona yang disempurnakan oleh kebermanfaatannya bagi masyarakat nelayan yang hidup di sekitarnya. Hal ini ditandai dengan banyaknya perahu bercadik yang berjajar dan tertambat di bagian baratnya.

Aktivitas Wisata di Pantai Drini

Bersiaplah bahagia! pantai ini memiliki banyak cara untuk memungkinkan hal itu. Jika Anda benar-benar mencintai alam, persiapkan banyak energi untuk berpetualang. Jelajahi setiap sudut pantai ini untuk kemudian bersyukur karena diberi kesempatan berada di tempat seindah ini.

Manfaatkan gadget di setiap kali menemukan salah satu bagian yang layak untuk sementara abadi. Apabila ingin lebih dekat dengan air, sebelah timur adalah tempat ideal. Di sana bisa ditemukan semacam kolam alami sebagai tempat ternyaman untuk berendam di hangatnya air laut.

Sejalan dengan itu, manjakan diri dengan menikmati aktivitas para ikan. Goby Pasir, Sergant Major, juga Jambrong yang bermain berkejaran di sela-sela karang. Jangan lupa, hayati pulau kecil di tengah pantai. Lihatlah, betapa ketika air telah mencukupi, pulau itu seolah terapung di atas air.

Sementara itu, apabila air surut, naiklah dan jelajahi pulau tersebut. Kunjungi juga mercusuar dan capailah menaranya hingga Anda benar-benar jujur mengagumi. Pemandangan dari sudut ini benar-benar mempesona. Juga, jangan lupa juga melebar ke sisi barat.

Di sana, Anda bisa bermalas-malasan di atas pasir atau berteduh di gazebo-gazebo yang tersedia. Fokuskan pandangan ke laut lepas sembari menanti kepulangan matahari ke peraduan. Bersyukurlah karena warna alam menjelang senja tetap mampu menciptakan bahagia.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meski belum terlalu populer, fasilitas di Pantai Drini Gunung Kidul terbilang mencukupi. Di sana, telah tersedia tempat ibadah, warung, kamar mandi serta lahan parkir yang luas. Di dukung pula dengan fasilitas penunjang seperti permainan anak-anak, penyewaan kano, dan gazebo.

Karena banyak nelayan, ini berarti ada kemungkinan membeli ikan dengan harga terjangkau atau menikmati menu laut di pantai ini. Jika ingin menginap, ada beberapa penginapan. Yang terdekat adalah Wisma Kampoeng Pulau Drini. Ada juga aula atau pendopo yang bisa untuk bermalam.

Harga tiket masuk ke Pantai Drini Jogja sangatlah murah dan sudah termasuk tiket ke beberapa pantai wisata terdekat. Jadi dengan sekali bayar, Anda sudah bisa menikmati beberapa pantai sekaligus. Berikut ini adalah daftar perkiraan biaya yang mungkin perlu Anda keluarkan:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 3.000
Parkir MobilRp 5.000
Kano Kecil (2 org)Rp 50.000
Kano Besar (4 org)Rp 100.000
Note: harga tiket masuk Pantai Drini di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Drini Yogyakarta

Jarak pantai ini dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebih 60 km. Butuh durasi perjalanan kurang lebih 2,5 jam berkendara. Sebenarnya ada beberapa rute, namun di sini penulis akan memilih rute yang terdekat dan termudah melalui Imogiri-Panggang-Jl. Pantai Selatan Jawa.

Pergi ke selatan menuju Imogiri dan Panggang. Terus ikuti jalan Panggang-Wonosari dan bersambung ke jalan Pantai Selatan Jawa. Lewati pertigaan Pantai Baron lanjut hingga tiba di pertigaan lagi. Belok kanan ke Jalan Drini Tim dan lokasi pantai sudah dekat. Peta Lokasi.